terkini

Iklan Film

GMNI BAUBAU ANGKAT BICARA SOAL PENGRUSAKAN KIOS WA ABE DI LABUNGKARI BUTENG

Lidinews
Senin, 2/17/2020 12:44:00 AM WIB Last Updated 2023-02-11T03:56:57Z
Lidinews, Baubau - GMNI Baubau angkat bicara persoalan pengrusakan Kios Wa Abe oleh orang tak dikenal diduga bermula dari persoalan Konflik Agraria (sengketa lahan) yang hampir setiap daerah di Indonesia mengalami persoalan seperti ini sehingga harus ditanggapi serius oleh pemerintah Daerah dan Kepolisian dalam menciptakan Kamtibnas.

Mengacu pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria mengenal asas pemisahan horizontal (horizontale scheiding) terhadap hak atas tanah, yakni hak atas tanah tidak secara otomatis juga meliputi pemilikan bangunan ataupun tanaman di atasnya Hal ini juga sesuai dengan asas pemisahan horizontal sebagaimana yang terkandung di dalamUndang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung (“UU No. 28/2002”), yakni bangunan gedung dapat dimiliki secara terpisah dari tanah dengan syarat ada izin kesepakatan pemanfaatan dari pihak yang punya tanah.

Dalam persoalan pengrusakan Kios Wa Abe diharapkan agar publik jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan dan terprovokasi oleh pihak lain sebelum ada fakta bahwa lahan tempat berdirinya kios itu adalah milik Wa Abe pribadi jika lahan itu milik orang lain setidaknya ada izin kesepakatan pemanfaatan lahan tersebut, namun jika tidak ada keduanya maka Wa Abe melawan Hukum.

Sebaliknya jika Benar Wa Abe secara legalitas tanah tersebut milik Wa Abe atau jika milik orang lain, ada izin kesepakatan pemanfaatan lahan tersebut maka Pelaku pengrusakan itu harus ditangkap karena melakukan perbuatan melawan hukum.

Kami meminta agar Pemda dan kepolisian harus telitih dan cermat dalam menyelesaikan kasus ini utamakan pendekatan kekeluargaan agar tidak terjadi konflik berkepanjangan.


Kontributor : Ramadan (Ketua GMNI Baubau)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • GMNI BAUBAU ANGKAT BICARA SOAL PENGRUSAKAN KIOS WA ABE DI LABUNGKARI BUTENG

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo