terkini

Iklan Film

film

Istilah-Istilah Yang Harus Dipahami Seorang Mahasiswa Baru

Lidinews
Sabtu, 2/08/2020 12:20:00 AM WIB Last Updated 2023-02-11T03:57:06Z



Beberapa istilah ini merupakan istilah-isitlah yang digunakan di kampus. Sehingga kamu tidak kebingungan dengan istilah yang familiar digunakan ketika memulai perkuliahan nantinya.

1. SKS
SKS adalah singkatan dari Satuan Kredit Semester. Ketika memulai perkuliahan, kamu bisa memilih mata kuliah dalam jurusan yang diinginkan untuk tiap semesternya. Akan tetapi, biasanya pengisian KRS dilakukan ketika kamu masuk semester 3. Untuk semester awal, biasanya kampus memberikan paket mata kuliah untuk 1 semester. Banyaknya SKS yang akan kamu isi di KRS tergantung dari indeks prestasi kamu.

2. KRS
KRS adalah singkatan dari Kartu Rencana Studi. Kartu Rencana Studi ini biasa diisi pada saat memasuki semester baru dan dilakukan pada saat mahasiswa memasuki semester 3.

Namun tidak menutup kemungkinan, tergantung pada kampus. Untuk pengisiannya biasanya bisa dilakukan secara online, tetapi ada juga yang manual. Sebelum mengisi KRS, sebaiknya kamu konsultasi terlebih dahulu dengan dosen Pembimbing Akademik atau dosen wali yang sudah di tentukan.

3. IP
Kepanjangannya adalah Indeks Prestasi. Indeks Prestasi Ini merupakan nilai rata-rata mahasiswa dalam 1 semester. Kemudian, Indeks Prestasi ini akan memengaruhi berapa banyak SKS yang bisa kamu ambil di semester selanjutnya.

4. IPK
IPK Atau Indeks Prestasi Kumulatif maksimal yang bisa didapatkan seseorang adalah 4,00 dan paling rendahnya 1,00. Apabila dari awal sampai akhir kuliah seorang mahasiswa lulus tepat waktu dan berhasil mempertahankan IPK 3,50 terus, mahasiswa tersebut bisa mendapatkan predikat cum laude. IPK itu merupakan rata-rata dari IP tiap semester.

5. UKM
UKM ini bukan usaha kecil menengah, ya! dalam ranah kampus, UKM adalah Unit Kegiatan Mahasiswa. Sama seperti saat sekolah, kita mungkin mengenal istilah ekstrakurikuler. Kegiatan UKM biasanya beragam jenis, ada UKM musik, volly, futsal, sepak bola, tari jurnalis, bahkan sampai yang menyentuh budaya populer seperti K-Pop, dan masih banyak lagi. Tiap kampus tentu punya UKM yang variatif.



Penulis : Arjun Munthe
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Istilah-Istilah Yang Harus Dipahami Seorang Mahasiswa Baru

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo