terkini

Iklan Film

Bentengi Diri Dari Corona Dengan Sosial Distancing Dan Sholawat Nariyah

Lidinews
Selasa, 3/24/2020 11:18:00 PM WIB Last Updated 2023-02-11T03:46:04Z

LidiNews.com, Sumenep - Munculnya wabah corona di dunia seharusnya tidak mengkendorkan gairah kita untuk beribadah terutama bagi umat islam. Karena sejatinya wabah ini bisa dicegah dengan ikhtiar dan doa.

Sosial distancing merupakan usaha untuk mencegah penularan yang terkait dengan kondisi fisik. Karena menurut medis dengan membatasi pergerakan diri bisa meningkatkan imunitas di musim segenting ini. 

Sekalipun demikian tetap harus diperhatikan asupan mental dan psikologi. Karena menurut medis, mental yang sakit juga berpotensi menurunkan imun yang artinya, juga bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik. 

Sholawat Nariyah adalah Benteng Diri Penenang Jiwa

Di dalam tradisi NU, perkumpulan sholawat memang hal yang sangat melekat. Salah satunya adalah sholawat nariyah. Bahkan ada beberapa ulama NU yang menganjurkan untuk membacanya saat terjadi kepanikan atau terjadi musibah. 

Sebagai sebuah harapan tidak masalah aktifitas ini dijalankan sebagai ikhtiar mental supaya ada ketenangan di dalam jiwa. Karena optimisme di jaman pandemi (wabah) seperti saat ini adalah hal penting selain sosial distancing yang dianggap ikhtiar jasad. 

Tidak dimungkiri telah ada anjuran untuk tidak melakukan kegiatan keagamaan secara massal. Bahkan ada asumsi parsial untuk melakukan penutupan masjid. Tetapi, sholawatan tetap harus dijalankan sekalipun hanya bersama keluarga di dalam rumah. 

Sosial Distancing adalah Ikhtiar Jasad

Berdoa tanpa usaha tentu bukan hal yang direkomendasikan begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, pembacaan sholawat nariyah dan sholawat lainnya terus menerus tanpa dibarengi  dengan ikhtiar jasad, juga tidak akan memberikan efek maksimal. 

Maka dari itu, tetap lakukan sosial distancing seperti yang sudah diinstruksikan oleh pemerintah dan pihak terkait. Seperti mengurangi pergerakan, rajin membersihkan diri termasuk tangan, menggunakan masker dan selainnya. 

Inilah sekelumit refleksi terkait munculnya wabah corona yang begitu luas menyebar tanpa bisa dicegah. Bahkan sudah masuk kategori pandemi yang oleh para medis dianggap tidak ada lagi penyakit di atasnya yang dari segi kurva penyebaran memang sangat luar biasa. 

Sekalipun demikian tetap lakukan ikhtiar-ikhtiar di atas. Karena hanya dengan usaha, segala kesulitan bisa dihilangkan. Semoga kita semua terselamatkan dan wabah ini cepat hilang amin.


Laporan: Ags

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bentengi Diri Dari Corona Dengan Sosial Distancing Dan Sholawat Nariyah

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo