terkini

Iklan Film

Kuliah Daring Ditengah Pandemi Covid-19

Lidinews
Rabu, 5/20/2020 12:35:00 AM WIB Last Updated 2023-02-11T03:44:46Z
Oleh: Ayoeb Taufani Zaman (Mahasiswa Pasca Sarjana Semester 2 IAIN JEMBER)

Lidinews.com - Pada awalnya saya sempat kaget dengan pengumuman dari Kampus IAIN JEMBER, bahwa perkuliahan semester 2 yang sempat berjalan beberapa Minggu di Kampus, dengan menyikapi adanya pandemi Covid-19 akan diganti dengan perkuliahan sistem online. Kebingungan saya mulai muncul, karena ini pertama kali saya akan kuliah secara online. 

Maklum saja biasanya setiap Jumat dan Sabtu saya berangkat dari Lumajang  ke Kampus, dan bisa belajar langsung dengan Dosen Dan berdiskusi dengan teman-teman, sekarang harus melanjutkan kuliah semester 2 secara online di rumah saja.


Saya ingat pertama kali kuliah online menggunakan aplikasi Classroom, dan setelah itu berganti dengan Aplikasi Zoom.

Ada cerita menarik, karena masih belajar aplikasi Zoom, saya mengusulkan kepada Ketua Kelas untuk uji coba Zoom sebelum perkuliahan online dengan dosen dimulai. Dan dari situ kelucuan dimulai, ada yang bisa masuk tapi tidak keluar Video, ada yang suaranya tidak muncul, ada yang karena sinyal tidak bisa sama sekali.

Tapi dari pengalaman tersebut, alhamdulillah akhirnya menjadi pelajaran sehingga perkuliahan dengan Zoom berjalan dengan lancar. Terlepas dari ada beberapa teman yang tidak bisa ikut, karena kendala sinyal.

Setelah itu ada pengumuman dari kampus yang mewajibkan kuliah online memakai LMS, maka saya belajar melalui Tutorial Panduan LMS, dan teman-teman, alhamdulillah akhirnya bisa absensi dan upload tugas melalui LMS.

Secara umum walaupun ada pandemi, tidak menyurutkan semangat untuk kuliah, dan perkuliahan online bagi saya sangat bermanfaat di tengah kondisi pandemi Covid-19, karena proses belajar bisa tetap berjalan walaupun dari rumah masing-masing.Tinggal membiasakan memakai aplikasi online seperti Classroom, Zoom, dan LMS.

Bagi saya juga merupakan ilmu baru buat saya, seandainya tidak ada pandemi,  Mungkin saya belum bisa memakai aplikasi Online tersebut. Selain itu hikmah kita bisa tetap kuliah dan bertatap muka dengan Dosen dan teman-teman., Alhamdulillah akhirnya saya bisa ikut Webinar Seminar Nasional Pendidikan Karakter dan mendapatkan sertifikat. 



Kedepan semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir, dan perkuliahan berjalan normal. Saya juga berharap perKuliahan semester berikutnya bisa berjalan secara offline maupun online, karena keduanya sama-sama bermanfaat.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kuliah Daring Ditengah Pandemi Covid-19

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo