terkini

Iklan Film

Masalah Batas Wilayah, Bukan Salah Satu Barometer Dalam Mengatasi Pandemik Covid-19

Lidinews
Selasa, 5/19/2020 08:36:00 AM WIB Last Updated 2023-02-11T03:44:47Z


Oleh : Ian Hardi. Mahasiswa Universitas Pancasakti Makassar ( Pemuda Asal Kampung Wae Jare Mabar)

Sulsel, Makassar, Lidinews.com - Dalam Kehidupan manusia tentu banyak masalah yang kita hadapi saat ini, baik dari sisi ekonomi, kemanusiaan, kesehatan, agama, ras maupun budaya. Masuknya pandemik ini menjadi tambah sempitnya ruang gerak masyarakat, hingga kita di anjurkan untuk selalu stay di rumah karena mengikuti protokol dari pemerintah.

Melihat situasi yang  banyak kontroversial di kalangan masyarakat saat ini, lebih khususnya masalah yang di hadapi oleh masyarakat Manggarai Barat dan Manggarai Tengah tentang pembuatan posko penanganan Covid-19 di  wilayah Pa'ang Lembor daerah Kabupaten Manggarai Barat, yang di lakukan oleh pemerintah kabupaten Manggarai Tengah. Sementara wilayah ini bukan wilayah dari kabupaten Manggarai  Tengah, hingga persoalan ini menjadi buah bibir  kalangan masyarakat.

Saya sangat memprihatinkan melihat masyarakat masing-masing wilayah menjadi sensional dalam menghadapi masalah ini. Hingga tindakan Social distancing  mereka tidak dihiraukan karena masing-masing masing mempertahankan ego, dilihat melalui video youtabe tanggal 15/05/2020.

Apakah batas wilayah menjadi misi kita dalam mengatasi pandemik ? Ataukah tidak ada cara lain yang paling efektif dalam mengatasi masalah ini?

Tentu kadiran dari masalah ini akan menjadi resah di setiap kalangan masyarakat, karena sebagian warga tidak mengikuti protokol pemerintah,  seperti tidak menggunakan masker.

Maka dari itu, saya minta kepada pemerintah agar secepatnnya mengambil tindakan secara kritis untuk bisa diselesaikan masalah ini, Karna misi saat ini, bukan mempersalahkan batas wilayah, tapi bagimana kita bisa mengambil sikap untuk bisa secepatnya mengatasi penyebaran Covid-19 ini.

Teringat dengan ungkapan Bung karno di Timor Leste tahun 1987 tentang JASMERAH (Jangan sekali-kali lupa dengan sejarah). Dari ungkapan ini bisa kita simpulkan bahwa untuk bisa kita selesaikan masalah yang dihadapi masyarakat saat ini, harus menggunakan budaya,  supaya  bisa di realisai dan tidak ada lagi kontradiksi antara dua daerah ini, sehingga bisa menjalin kembali silahturahmi dengan baik seperti sebelumnya.

Persoalan ini harus di selesaikan secara tepat dan cepat. Tidak boleh berlarut -larut karna cukup memprihatinkan masyarakat saat ini, karena akan  berdampak pada perkonomian masyarakat menjadi menurun.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Masalah Batas Wilayah, Bukan Salah Satu Barometer Dalam Mengatasi Pandemik Covid-19

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo