terkini

Iklan Film

Bupati Taput Narasumber Webinar Peringatan Bulan Bung Karno "Politik Kesehatan Berdikari"

Lidinews
Selasa, 6/30/2020 04:08:00 PM WIB Last Updated 2023-02-11T03:43:38Z


Tapanuli Utara, LidiNews.com - Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Ketua DPRD Taput Poltak Pakpahan, Kajari Taput Tatang Darmi, SH, MH, anggota DPRD Taput Poltak Pakpahan dari Fraksi PDI Perjuangan dan Asisten I Parsaoran Hutagalung dan beberapa Pimpinan OPD terkait sebagai narasumber dalam acara Webiner melalui zoom dalam rangka peringatan Bulan Bung Karno dengan tema Politik Kesehatan Berdikari bersama DR (HC) Puan Maharani Ketua DPR RI sebagai Keynote Speaker, Hasto Kristiyanto, Sekjend DPP Perjuangan, Terawan Agus. P Menteri Kesehatan dan Hasto Wardoyo Kepala BKKBN selaku narasumber yang dimoderatori Nico Siahaan Anggota DPR RI  selaku Politik kesehatan berdikari perlu diatur langsung oleh Pemerintah Pusat dan mengatur pemerintahan daerah. Kebijakan untuk politikdikesehatan berdikari perlu sistematika dari hulu ke hilir, di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput, Selasa (30/06).

Sebagai narasumber, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan pada kesempatan itu menjelaskan kebijakan kesehatan di Kabupaten Tapanuli Utara yang memprioritaskan rakyat miskin,  pola gotong royong di Tapanuli Utara dalam menanggulangi Covid-19 melalui bantuan bantuan masyarakat dan kelompik, serta bagaimana pemda memberikan akses bagi pengobatan ataubahan obat-obatan lokal.

Dalam paparannya, Bupati menyampaikan beberapa kebijakan Kesehatan Di Kabupaten Tapanuli Utara Yang Memprioritaskan Rakyat Miskin seperta Puskesmas 24 Jam bagi 21 Puskesmas di 15 kecamatan melayani 24 jam dan 8 Puskesmas menyediakan Rawat Inap. - Dokter Umum melayani  24 jam, Ambulance melayani 24 jam secara Gratis. Rumah Sehat Jiwa / Rumah Singgah melayani pasien gangguan jiwa (Bebas Pasung) dilayani oleh Dokter Spesialis.

Penempatan Dokter Spesialis di RSU dengan pemberian insentif dokter spesialis fulltimer sebanyak 14 orang Rp. 29.900.000/bln/org. Subsidi biaya rawatan di RSU bagi Masyarakat Miskin yang Tidak Mendapat Kepesertaan JKN sebesar Rp. 300.000.000,- / tahun. Program Pembinaan Pelayanan Kesehatan bagi  Usia Lanjut. Senam bagi Usia Lanjut Pemberian Makanan Tambahan Kontrol Kesehatan  Mengalokasikan dana untuk Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang  terintegrasi  dengan JKN KIS. - Mengalokasikan dana sebesar Rp. 15.277.752 untuk pembayaran Premi Jamkesda dengan target Tahun 2020 sebanyak 36.500 orang. Penambahan fasilitas penunjang medis seperti Medical Check Up -CT Scan, PONEK, Haemodialisis. Tenaga Kesehatan di Puskesmas dan Bidan Desa, memastikan masyarakat miskin mendapat pelayanan dan fasilitas kesehatan. Pemberian Insentif Tenaga Kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kawasan Terpencil dan Sangat Terpencil.

Bupati Taput juga paparkan dukungan APBD Kabupaten Tapanuli Utara  tentang Pembangunan ruang isolasi bagi kasus PDP Berat 7 Ruang dengan Tekanan Udara Negatif. Pembangunan Ruang Isolasi Tekanan Negatif. Pembangunan Ruang Operasi tekanan negatif. Menyiapkan laboratorium TCM Covid-19. Menyiapkan ruangan tambahan untuk kasus Covid-19 sebanyak 60 bed. Juga Bantuan juga  diterima sebagai wujud Gotong rotong masyarakat di Kabupaten Tapanuli Utara.


Reporter : Paulus
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Taput Narasumber Webinar Peringatan Bulan Bung Karno "Politik Kesehatan Berdikari"

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo