terkini

Iklan Film

Jembatan Lombe Di Kelurahan Bombonawulu, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah, Berpotensi Menjadi Sarang Penyakit

Lidinews
Selasa, 6/16/2020 06:57:00 PM WIB Last Updated 2023-02-11T03:44:03Z
Buton, LidiNews.com |Masalah sampah di Indonesia saat ini menjadi permasalahan lingkungan yang serius. Lantaran perkembangan sampah plastik di era ini semakin meningkat signifikan, agaknya pemerintah kecamatan khususnya segera mengambil langkah demi mempercepat perbaikan sistem pengelolaannya.

Seperti hal nya sampah yang berserakan di pinggir jempatan yang ada di lingkungan pemerintahan kabupaten Buton Tengah, Kecamatan Gu, Kelurahan Bombonawulu

Dalam lidik media ini pada selasa ,16 juni 2020, terlihat penumbukan sampah di pinggiran jembatan Kelurahan Bombonawulu.

Tumpukan sampah liar tersebut sangat perpotensi mendatangkan penyakit bagi warga sekitar. Apalagi di situasi pendemic Covid-19 yang saat ini melanda Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kebersihan merupakan hal utama dalam menjaga kesehatan dan mencegah wabah Virus Corona atau Covid-19.

Oleh sebab itu, sampah menjadi hal utama yang harus diselesaikan dimana petugas atau dinas terkait harus peka melihat persolan ini sebagai wujud menjaga keindahan dan tata ruang daerah yang bersih.














Hal ini tentunya menjadi harapan masyarakat sekitar, namun nampaknya setelah melihat kelalaian pemerintah daerah, yang mengabaikan persoalan sampah yang berkembang liar di beberapa titik. Kesehatan Jasmani warga Desa Bombonawulu perlu di pertanyakan.

Sementara itu sampah bukan hanya merusak kelestarian lingkungan saja, namun juga mengganggu kesehatan masyarakat. Pencemarannya melalui populasi udara, air laut, dan juga tanah, serta organisme lain bisa memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi.

Sementara dampak untuk lingkungan Kantong plastik juga dapat menyebabkan banjir, karenamenyumbat saluran-saluran air. serta sampah yang tidak terkelola dengan baik, akan menimbulkan bau tidak sedap dan mengganggu estetika, juga menjadi media perkembangbiakan vektor dan hewan pengerat.

Maka untuk mencegah atau menanggulanginya, khususnya di daerah jembatan yang terletak di Kelurahan Bombonawulu, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah, pemerintah desa khususnya perlu mengusulkan ke pihak kecamatan untuk menemukan jalan keluarnya. Demi masa depan warga desa bersih dan aman dari sarang penyakit.


Penulis: Rahim, Mahasiswa Unidayan. Saat ini menempuh S1 Fakultas Hukum


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jembatan Lombe Di Kelurahan Bombonawulu, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah, Berpotensi Menjadi Sarang Penyakit

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo