terkini

Iklan Film

Lestarikan Cagar Budaya Situs Nangasia, Karang Taruna Kecamatan Hu'u Gelar Bersih

Lidinews
Jumat, 6/19/2020 02:58:00 PM WIB Last Updated 2023-02-11T03:43:59Z

Dompu, LidiNews.com - Dalam rangka mewujudkan kepedulian serta rasa cinta terhadap cagar budaya warisan leluhur. Karang Taruna kecamatan Hu'u menyambangi dan melakukan kebersihan di areal situs Nangasia, di Desa Hu'u, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Jumat, (19/06/2020) pagi.

Berada di dekat pantai dan jalan raya, situs Nangasia menjadi tempat yang cukup sering dikunjungi oleh anak muda setempat untuk menikmati sunset di sore hari. Namun, keberadaan sampah serta semak belukar membuat pemandangan pengunjung cukup terganggu. Bahkan jika areal situs dirawat serta ditata dengan baik, maka akan menjadi salah satu destinasi wisata domestik.

Sebagai inisiatif yang mendorong kegiatan kebersihan ini, Wahdin, S. Sos, selaku ketua Karang Taruna menjelaskan bahwa, kegiatan kebersihan situs ini, merupakan bentuk kepedulian karang Taruna Kecamatan Hu'u terhadap cagar budaya situs Nangasia. Sebab, menurutnya, jika bukan masyarakat setempat nampaknya sulit mengharapkan pihak lain untuk berbuat.


"Ini merupakan upaya kita untuk menjaga dan melestarikan cagar budaya yang ada di kampung halaman kita. Sebab siapa lagi kalau bukan kita," ungkap Sekretaris Camat ini.

Lebih lanjut, kedepannya dia menghimbau agar semua lapisan masyarakat bisa merawat dan menjaga, serta perduli kemudian melestarikan cagar budaya yang merupakan peninggalan leluhur ini.

Di kesempatan yang sama Suradin, selaku pemuda menuturkan bahwa, situs Nangasia yang merupakan cagar budaya warisan  leluhur, mesti harus dijaga, dirawat dan dilestarikan. Karena keterlibatan semua elemen sangat diharapkan untuk memberikan  kontribusi dan sumbangsih dalam rangka melestarikan cagar budaya Situs Nangasia.

"Semua pihak harus terlibat dan mengambil bagian, jangan hanya menunggu tindakan dan kebijakan pemerintah. Karena semua pihak ikut bertanggung jawab terhadap warisan leluhur ini" ujarnya saat membersihkannya areal situs. (Raden't)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lestarikan Cagar Budaya Situs Nangasia, Karang Taruna Kecamatan Hu'u Gelar Bersih

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo