terkini

Iklan Film

Opini-BUMDES Harapan Masyarakat Desa

Lidinews
Rabu, 6/24/2020 08:00:00 PM WIB Last Updated 2023-02-11T03:43:50Z
Foto: Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Sangkulirang, Yudha Satria.

Kutai Timur, Lidinews.com - Sangkulirang memiliki 15 desa yang berdekatan langsung dengan perusahaan. Adapun 15 desa tersebut masih dikatakan desa tertinggal dan berkembang belum ada desa mandiri berdasarkan data IDM web DPMD Kutim.

 

Desa-desa tersebut memiliki cirinya masing-masing serta berpotensi menjadi unggulan dalam hal pendapatan desa jika dikelola dan mendapat dukungan dari pihak perusahaan maupun pemerintah setempat. 

 

Bumdes merupakan usaha desa yang dikelola oleh pemerintah desa dan berbadan hukum demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa setempat. Bumdes ini juga bisa masuk kesegala sektor baik pariwisata, perkebunan, perikanan maupun perekonomian. Dilihat dari background sangkulirang sudah jelas dari 4 sektor itu menjadi ciri khas dan kekuatan tersendiri ketika ingin meningkatkan pendapatan asli desa.

 

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Sangkulirang Yudha Satria mengatakan Untuk mencapai desa mandiri diperlukan sinergitas serta komitmen bersama antar pemerintah, perusahaan serta masyarakat dalam pengembangan ekonomi desa demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Salah satunya dengan membangun dan meningkatkan inovasi bumdes.

 

Saat ini hanya beberapa desa saja yang memiliki bumdes dan itupun masih dalam tahap berkembang. Kendala bumdes saat ini kurangnya dukungan dari berbagai pihak, tidak adanya kesadaran maupun kepedulian perusahaan sekitar dalam menggandeng serta ketegasan dari pemerintah setempat untuk mendorong atau membesarkan bumdes.

 

Disamping itu, jika bumdes mendapatkan dukungan dari pihak perusahaan maka sudah dipastikan ekonomi masyarakat sekitar pasti akan meningkat. Disisi lain, masyarakat juga tidak perlu khawatir atau takut jikalau produk nya tidak laku dijual karena bumdes merupakan wadah bagi usaha kecil menengah serta siap membeli semua produk umkm yang ada atau dengan kata lain bumdes itu sama dengan pengepul yang nantinya bisa menjadi alternatif masyarakat.

 

Melihat kondisi seperti ini, seharusnya perusahaan sekitar berlomba-lomba dalam membantu desa sekitar sehingga kebermanfaatan perusahaan dapat dirasakan oleh berbagai kalangan terkhusus warga yang memiliki ekonomi menengah kebawah.

 

Jangan sampai sebaliknya yakni perusahaan yang beroperasi di wilayah sangkulirang saat ini malah acuh tak acuh terhadap perkembangan desa. Hal seperti ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, menurut saya harus ada penekanan serta ketegasan terhadap perusahaan sekitar sehingga kedepannya ada angin segar bagi kecamatan sangkulirang sendiri.



Kontributor: Yudha
Editor: Mayldo

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Opini-BUMDES Harapan Masyarakat Desa

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo