terkini

Iklan Film

Ali's Bar Terus Membangkitkan Geliat Wisatawan Bertandang ke Pantai Lakey

Lidinews
Selasa, 7/07/2020 08:33:00 AM WIB Last Updated 2024-02-20T09:46:38Z
Gambar : Ali's Bar Terus Membangkitkan Geliat Wisatawan Bertandang ke Pantai Lakey. Lidinews.id

Nusa Tenggara Barat, Dompu, Lidinews.id - Kabupaten Dompu merupakan salah satu kabupaten di pulau Sumbawa yang memiliki destinasi wisata yang tidak kalah familiar dengan daerah lain di Indonesia. Destinasi wisata yang cukup tersohor hingga ke mancanegara adalah Pantai Lakey yang berada di selatan Kabupaten Dompu. 

Dari kota Kabupaten Dompu, Pantai Lakey bisa dikunjungi dengan berkendaraan kurang lebih 30 menit perjalanan. Sedangkan dari dari Bandara Sultan Salahuddin, Kabupaten Bima bisa ditempuhnya dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan memakan waktu kurang lebih empat jam perjalanan. 

Pantai Lakey terkenal dengan ombaknya yang menjadi daya tarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Ombak di Pantai Lakey, memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan pantai lain di Indonesia. Sebab, ombaknya memiliki gelombang yang bisa memberikan sensasi tersendiri bagi pencinta olahraga surfing. 

Namun demikian, geliat wisata Pantai Lakey tidak bisa dilepaskan dari pelaku wisata yang menggantung hidup di tempat ini. Keberadaan Pantai Lakey memberikan  kesempatan dan ruang, bagi masyarakat sekitar untuk memiliki penghasilan, mulai dari menjadi tour guide sampai membuka jasa restoran untuk kebutuhan wisatawan. 

Di Pantai Lakey terdapat beberapa hotel yang dimiliki oleh orang lokal, salah satu diantaranya adalah Hotel Rock Pool atau juga familiar dengan sebutan Ali's Bar. Seperti namanya, hotel ini dikelolah oleh Muhammad Ali dan keluarganya. Pria kelahiran 1970 ini, sudah lama berkecimpung dalam dunia pariwisata.

Sepak terjangnya tidak perlu diragukan lagi, dengan pengalamannya pernah tinggal di Pulau Lombok dan bekerja di hotel Sheraton Senggigi, yakni sebagai tour guide bahasa Inggris dan Jepang. Kemudian pada tahun 1998, Muhammad Ali kemudian memutuskan migrasi ke Australia untuk ikut magang sebagai chef di Charles Darwin University yang disponsori oleh Novotel Atrium. 

Kemudian dengan pengalamannya melalang buana di tanah perantauan selama berkecimpung dalam dunia pariwisata, Muhammad Ali pun memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya. Dengan hotel Ali's Bar begitu ia disapa, bertekad membangun dan mengangkat industri pariwisata Pantai Lakey di pentas dunia internasional. 

Selain memiliki hotel sendiri, Muhammad Ali, juga memangku jabatan sebagai ketua persatuan selancar ombak Indonesia Kabupaten Dompu. Dimana sejauh ini, tetap berkomitmen membangkitkan citra Pantai Lakey di semua momen. Mulai melakukan kursus bahasa Inggris kepada anak pantai, hingga melakukan lomba surfing tingkat lokal, regional bahkan hingga ke level internasional. Bahkan yang terbaru sebagai upaya seriusnya untuk membangkitkan geliat wisatawan, baik domestik maupun mancanegara untuk mengunjungi dan menikmati indahnya Pantai Lakey  dengan mengadakan Live Music, Sabtu malam, 4 Juni 2020. Acara ini atas inisiatif Ali's Bar sendiri, setelah pemberlakuan  new normal oleh pemerintah kabupaten Dompu satu bulan sebelumnya. 

Demi meningkatkan dan membangkitkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Lakey. Ali's Bar membiayai sendiri penyelenggaraan Live Music, dengan dihadiri oleh kepala dinas Kebudayaan dan pariwisata kebupaten Dompu, wisatawan domestik, dan bahkan wisatawan mancanegara yang masih berada di Pantai Lakey, ikut pula memeriahkan acara di hotel Ali's Bar. 


Lesunya dunia pariwisata akhir-akhir ini karena Covid-19, yang berdampak pada kurangnya wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Lakey memberikan efek yang yang cukup signifikan terhadap pelaku wisata seperti Ali's Bar. Namun demikian, Ali's Bar tetap berusaha menyalakan lilin harapan untuk tetap terus membangkitkan geliat wisatawan untuk menikmati sunset, sunrise, pasir putih, gelombang yang menawan, serta menu makanan yang menggugah selera wisatawan yang tersaji di Ali's Bar dan hotel-hotel lain yang ada di Pantai Lakey. 

Ali's Bar menyediakan tempat yang nyaman bagi wisatawan, dengan menyediakan kamar, ayunan, tempat duduk dari kayu di atas pasir putih, live musik di malam hari, dan bahkan menu makanan yang disediakan cukup terjangkau, tidak hanya untuk wisatawan mancanegara, tetapi juga wisatawan domestik. 

Namun demikian, Ali's Bar memiliki harapan, baik kepada pemerintah, para pelaku wisata, dan siapa saja yang memiliki kecintaan untuk membangun wisata Pantai Lakey agar lebih familiar lagi di kancah internasional untuk sama-sama bersinergi dan saling menjaga serta memberikan yang terbaik buat kemajuan Pantai Lakey di masa mendatang. 

"Harapan semoga semua stakeholder bisa bekerja sama untuk menawarkan industri pariwisata yang berkualitas bagi semua level market, dan pemerintah kabupaten Dompu bisa mengeluarkan program yang konstruktif dan inovatif untuk mendukung industri ini" Ujarnya. 

Lebih lanjut Ali's Bar berpandangan bahwa, dengan adanya kontestasi politik di kabupaten Dompu dalam waktu dekat ini, dapat melahirkan pemimpin yang memiliki perhatian khusus dalam dunia pariwisata, terlebih Pantai Lakey. Karena memang Pantai Lakey, merupakan salah satu aset daerah dalam dunia pariwisata. Jika mendapat perhatian yang serius, tidak tutup kemungkinan Pantai Lakey akan mampu bersaing dengan industri pariwisata di daerah lain di Indonesia. 

"Siapapun yang menjadi bupati Dompu ke depan, supaya sektor pariwisata menjadi leading industri. Saya percaya dengan majunya industri ini, maka akan memberikan dampak yang sangat positif untuk daerah kita, baik secara ekonomi, sosial dan lingkungan hidup" Pungkasnya.


Penulis : Suradin
Editor : Arjuna H T Munthe



Ali's Bar Terus Membangkitkan Geliat Wisatawan Bertandang ke Pantai Lakey
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ali's Bar Terus Membangkitkan Geliat Wisatawan Bertandang ke Pantai Lakey

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo