terkini

Iklan Film

Beberapa Amalan Istimewa di Bulan Romadhon

Lidinews
Jumat, 4/29/2022 06:30:00 AM WIB Last Updated 2022-04-28T23:30:00Z

Penulis : Ayoeb


Romadhon adalah bulan yang sangat istimewa dibandingkan dengan bulan yang lain. Untuk itu wajib kita mengisinya dengan banyak ibadah dan amalan dzikir yang lain. 

Lidinews.id - Kalau diibaratkan romadhon adalah sebuah latihan, maka pertandingan sesungguhnya adalah bulan setelahnya.apakh kita bisa mengisinya dengan amalan yang baik. Sehingga apa yang menjadi amalan di bulan yang istimewa ini harusnya bisa diaplikasikan pada bulan setelah romadhon.


Untuk itu mari kita simak beberapa amalan yang sangat bagus dibaca dalam bulan Ramadhan dan bisa diIstiqomahkan pada bulan setelah Romadhon.


1. Membaca Salam Tahiyyat (Penghormatan). Imam Turmuzi telah meriwayatkannya dengan tambahan ini.

Mengenai ucapan para sahabat yang mengatakan, "Adapun mengucapkan salam penghormatan kepadamu(Nabi SAW), maka hal itu telah kami ketahui."


Salam tersebut adalah salam yang terdapat di dalam tasyahhud, yang pernah diajarkan oleh Nabi Saw. kepada mereka.

السلام عليك أيها النبي ورحمة الله وبركاته السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين.

Assalaamualaika Ayyuhan Nabiyyu Warahmatullahi Wabarokaatuh, Assalaamualainaa Wa 'Alaa 'Ibaadillaahisshoolihiin.


Artinya:

Semoga keselamatan terlimpahkan kepadamu, wahai Nabi, dan juga rahmat serta berkah dari Allah. Dan Semoga Salam sejahtera atas kami dan hamba-hamba Allah yang sholih. 


Dari Abu Huroiroh Berkata: Bersabda Rosulullah SAW. "Pada setiap orang yang memberikan Salam kepada saya (Rosulullah). Niscaya Allah Mengembalikan kepada saya, Ruh saya Sehingga Aku menjawab salamnya'.

(HR. ABU DAWUD dlm KiTAB ABI DAWUD juz II Hal 218).


Untuk itu marilah kita perbanyak membaca Salam Tahiyyat, dengan membacanya setiap selesai sholat agar kita mendapatkan Rohmat dan keberkahan Nabi Muhammad. Dan juga supaya kita semua dapat berkumpul dengan Rosulullah SAW dan Hamba Allah yang Sholih baik dunia maupun Akhirat. Amin.


2. Membaca Sholawat Nuruz Zaman.

اللهم صل على محمد و آل محمد وسلم على المؤمنين 

Allaahumma Sholli 'Alaa Muhammad Wa Aali Muhammad WaSallim ' Alal Mu'miniin . )


Artinya. Yaa Allah Semoga Rohmat Ta'dhim Tuan tercurahkan Keharibaan Baginda Nabi Muhammad dan Keluarga Baginda Nabi Muhammad, Dan Semoga ketentraman / keRidhoan Tuan menyertai seluruh mukmin. Amin.


Sholawat ini bisa dibaca setiap saat dan merupakan Doa untuk keselamatan seluruh orang mukmin.  Dengan memperbanyak shalawat ini harapan kita adalah tergolong orang orang yg dapat dipercaya menjadi lintasan keselamatan. Dan keberkahan yang senantiasa disemaikan oleh Baginda agung Rasulullah Saw untuk semua umat nya Amin.... 


Untuk itu dengan memperbanyak Ibadah dan mengamalkan amalan diatas, semoga Romadhon tahun ini lebih baik dan kita semua dapat kembali ke fitrah. Dan semoga kita semua juga bisa meneruskan apa yang menjadi amalan kita di bulan Ramadhan, terutama Salam dan Sholawat bisa Istiqomah pada bulan setelahnya. Amin.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Beberapa Amalan Istimewa di Bulan Romadhon

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo