terkini

Iklan Film

Tips Aman Menggunakan WhatsApp Web

Lidinews
Selasa, 5/24/2022 09:19:00 AM WIB Last Updated 2023-04-20T11:46:35Z
Gambar : Whatsapp Web. Grid. id

Lidinews.id - Kamu wajib memperhatikan tips aman menggunakan WhatsApp Web. Tips ini berguna sebagai antisipasi dari para penjahat siber. Begini tips aman menggunakan WhatsApp Web seperti dilansir dari India TV News:

Jangan Bagikan Informasi Kredensial

Aplikasi pesan milik Facebook atau Meta ini mengeluarkan kebijakan baru yang mengizinkan perusahaan untuk mengakses informasi lebih detail dibandingkan sebelumnya. Meski pihak WhatsApp mengaku mereka tidak akan membaca pesan pengguna, ada baiknya pengguna tidak membagikan informasi kredensial penting di WhatsApp.

Gunakan Verifikasi 2 Langkah

Banyak pengguna WhatsApp yang mengeluh menjadi korban peretasan. Maka untuk menghindari akun WhatsApp diambil alih pihak lain, pengguna bisa mengaktifkan autentikasi 2 langkah pada WhatsApp. Ada pemakaian fitur ini, pengguna tidak hanya dipersyaratkan untuk mengisi OTP (kode berisi 6 angka yang dipakai ketika mau masuk pertama kali ke WhatsApp, biasanya dikirim lewat SMS) tetapi juga akan diminta memasukkan PIN berisi 6 digit.

Pengguna bisa mengaktifkan verifikasi dua langkah dengan cara masuk ke WhatsApp Setting > Account > Two-Step Authentication.

Aktifkan Kunci WhatsApp

Pengguna WhatsApp dapat meningkatkan keamanan atas aplikasi pesan mereka dengan mengaktifkan fitur penguncian WhatsApp. Untuk melakukan hal tersebut, pengguna hanya perlu masuk ke WhatsApp Setting > Account > Privacy > Screen Lock.

Aktifkan Keamanan Biometrik di WhatsApp Web

Baru-baru ini, WhatsApp mengeluarkan sebuah update yang memungkinkan penggguna mengatur keamanan WhatsApp Web saat login komputer baru. Adanya fitur keamanan ini, upaya untuk login ke WhatsApp Web di komputer baru jadi lebih ketat.

Ketika pengguna mengaktifkan fitur keamanan ini, pengguna akan diminta untuk memverifikasi identitas mereka menggunakan autentikasi biometrik, ketika ingin login WhatsApp Web di komputer atau laptop baru.

Cek Pengaturan Privasi

Para pengguna WhatsApp disarankan untuk mengecek pengaturan privasi. Pada halaman pengaturan Privasi, pengguna bisa memilih siapa saja yang bisa melihat profile picture, status, hingga last seen (terakhir terlihat online). Kalau mau lebih privat, pengguna bisa mengatur agar tidak ada yang bisa melihat status atau last seen, bahkan tidak menampilkan profile picture.



 

Tips Aman Menggunakan WhatsApp Web

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tips Aman Menggunakan WhatsApp Web

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo