terkini

Iklan Film

film

Penerapan Kegiatan Mengajar Langsung Lewat Program Minat Bakat HMP PGSD UNIKA Medan

Lidinews
Senin, 6/06/2022 03:28:00 PM WIB Last Updated 2022-06-06T08:39:06Z
Gambar : Penerapan Kegiatan Mengajar Langsung Lewat Program Minat Bakat HMP PGSD UNIKA Medan.

Himpunan Mahasiswa Prodi Penidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Katolik St. Thomas Medan melaksanakan penerapan mengajar langsung di Sekolah Dasar sebagai bidang baru dalam devisi minat bakat di kepengurusan HMP PGSD UNIKA Medan, Sabtu (04/06/2022).

Sumatera Utara, Medan, Lidinews.id - Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Katolik St. Thomas Medan merupakan wadah kemahasiswaan kelengkapan jurusan yang dimana tugas pokok HMP menyelenggarakan kegiatan ekstrakulikuler dan kokurikuler yang bersifat penalaran sesuai program study jurusan.

Didalam setiap kegiatan HMP tidak lepas dari visi HMP adalah “Mewujudkan prodi PGSD yang berkarakter, kreatif dan berkualitas serta menjunjung tinggi nilai kekeluargaan dan kebersamaan dengan menjalin komunikasi yang baik.” Maka dari itu pengurus HMP PGSD UNIKA Medan yang baru yakni Reno Francius Simanulang dan rekan-rekan tim merapatkan program-program apa saja yang akan dilaksanakan serta bidang apa saja yang akan dibentuk untuk mencapai visi HMP PGSD UNIKA Medan, salah satu bidang yang dibentuk ialah Devisi Minat Bakat yang dimana dibidang minat bakat ini ada yang baru dari sebelumnya yakni Kreativitas Mengajar (MBKM).

Program ini dicetuskan oleh Terbina Sigalingging selaku Sekretaris HMP PGSD UNIKA Medan dan bidang inipun disahkan dan sangat diterima oleh seluruh tim karena sangat berhubungan dengan jurusan serta konsep kegiatan yang akan dilaksanakanpun sangat menarik dan berpengaruh besar.

Dalam kegiatan kali ini devisi minat bakat kreativitas mengajar melaksanakan penerapan mengajar langsung kesekolah setelah beberapa kali pertemuan melalui Google Meet dan juga dikampus dengan pembahasan terkait RPP, Metode Pembelajaran dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pembelajaran di Sekolah Dasar sekaligus tindak lanjut dari konsep kegiatan minat bakat kreativitas mengajar. Kegiatan kali ini dilaksanakan dibeberapa Sekolah Dasar yang bearada di Kota Medan yakni :

  • SDN 101821, Pancur Batu
  • UPT SDN 06081
  • UPT SDN 066650
  • SDN 060936
  • SDN 064026 Medan Tuntungan
  • UPT SDN 060419

Gambar : Penerapan Kegiatan Mengajar Langsung Lewat Program Minat Bakat HMP PGSD UNIKA Medan.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan membentuk sebuah kelompok yakni satu kelompok terdiri atas 6 orang sesuai dengan kelas yang ada di Sekolah Dasar, metode ini bertujuan agar lebih kondusif dari segi perorangan dan juga dari segi waktu, ujar Lolo Ariana Simanjorang selaku Kordinator Devisi minat bakat HMP PGSD UNIKA Medan.

Adapun tujuan kegiatan ini, sambung Lolo Simanjorang yakni membantu aadik-adik tingkat mengembangkan kreativitas mengajar didalam dunia pendidikan terlebih lagi di Sekolah Dasar. Maka dari itu dilaksanakan langsung kesekolah agar lebih terbiasa nantinya.

Martha Silaban selaku anggota devisi minat bakat bidang kreativitas mengajar melihat perkembangan yang pesat dari Mahasiswa yang sudah mengikuti minat bakat kreativitas mengajar, mereka sudah lebih mengetahui beradaptasi dengan peserta didik dan Mahasiswa semester 2 dan 4 sudah lebih mengetahui cara membuat RPP dan menerapkan RPP daripada Mahasiswa yang tidak masuk dalam minat bakat kreativitas mengajar HMP PGSD UNIKA Medan, ujarnya.

Maria Ginting selaku anggota devisi minat bakat bidang kreativitas mengajar juga menegaskan bahwa selain untuk pengembangan dalam bidang pembelajaran dikelas, minat bakat kreativitas mengajar ini juga sebagai tempat tukar pikiran mengenai bekal menjadi tenaga pendidik yang sudah dipelajari diperkuliahan, ujarnya.

Firenta Gapana Sembiring selaku Wakil Ketua HMP PGSD UNIKA Medan berharap lewat kegiatan kreativitas mengajar ini Mahasiswa PGSD UNIKA Medan mampu menjadi Tenaga Pendidik yang berinovatif dan berkarakter, ujarnya

Ketua HMP PGSD UNIKA Medan Reno Francius Simanullang mengatakan Mahasiswa harus selalu bergerak untuk mengembangkan potensinya serta hadir untuk membantu persoalan-persoalan yang ada khususnya dibidang pendidikan.

Gambar : Penerapan Kegiatan Mengajar Langsung Lewat Program Minat Bakat HMP PGSD UNIKA Medan.

“HMP PGSD UNIKA Medan merasa belajar dikelas belum memberikan solusi. Maka dari itu kehadiran HMP PGSD UNIKA Medan melaksanakan kegiatan penerapan mengajar langsung kesekolah kami nilai sangat baik, sekaligus mengajarkan kerjasama, komunikasi serta kemampuan sebagai Tenaga Pendidik”, ujarnya

Reno Simanullang mengatakan kegiatan ini akan dilakukan setiap tahunnya, bahkan akan dioptimalkan sesering mungkin melihat antusias dari anggota minat bakat kreativitas mengajar serta presentasi pencapaian dari program minat bakat kreativitas mengajar.

Sambung Reno Simanullang, tidak lepas saya mengucapkan banyak terimakasih kepada stakeholder dalam kegiatan minat bakat kreativitas mengajar HMP PGSD UNIKA Medan, semoga kegiatan ini benar-benar memberikan dampak bagi dunia pendidikan.

“Kita juga berharap Mahasiswa PGSD UNIKA Medan lebih peduli dengan pengembangan potensi diri dan lebih peduli serta lebih kritis,” tutupnya.

 

 

Kontributor : Reno

Editor : Arjuna H T M

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Penerapan Kegiatan Mengajar Langsung Lewat Program Minat Bakat HMP PGSD UNIKA Medan

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo