terkini

Iklan Film

Cipayung Plus Pekanbaru Gelar Aksi di Kantor DPRD Provinsi Riau. GMNI Pekanbaru: DPRD Wakil Rakyat Kami Penyambung Lidah Rakyat

Lidinews
Selasa, 7/19/2022 08:24:00 PM WIB Last Updated 2022-07-19T13:25:36Z

Lidinews.id - Senin, 18 Juli 2022 Organisasi Mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus Kota Pekanbaru melaksanakan aksi demonstrasi di Kantor DPRD Provinsi Riau.

Aksi gabungan Cipayung Plus Kota Pekanbaru ini dibersamai oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) DIPO, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) tingkat Kota Pekanbaru, Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (HIMA PERSIS) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) MPO. Aksi unjuk rasa demonstrasi ini merupakan wujud peran mahasiswa sebagai kelompok penekan (pressure group) dan pengawal kebijakan dari pemerintah baik di daerah maupun di pusat.

Aksi demonstrasi ini dimotori oleh beberapa kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat bahkan terkesan menindas rakyat secara ekonomi terkhusus masyarakat Riau. 

Poin-poin tuntutan aksi Cipayung Plus Pekanbaru yakni menuntut:
  1. Kepada Presiden RI untuk mencabut kebijakan Kenaikan Tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 11%. 
  2. Mendesak Presiden RI untuk Menstabilkan Harga Bahan Pokok agar Berpihak kepada Masyarakat.
  3. Kepada Presiden RI dan DPR RI untuk segera Menstabilkan Harga Pupuk agar Berpihak kepada Masyarakat Terkhusus Petani.
  4. Kepada Presiden RI untuk Mengkaji Ulang Penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit sehingga Tidak Menimbulkan Kesengsaraan bagi Petani Kelapa Sawit.
  5. Kepada Gubernur Riau untuk Mengkaji Ulang Penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit dan Melakukan Penegakan Hukum Apabila terjadi Perbuatan Melawan Hukum dalam Penetapan Harga TBS di Provinsi Riau.
  6. Meminta Kepada DPRD Provinsi Riau untuk Melaksanakan Pengawasan kepada Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit  sesuai Peraturan Gubernur Provinsi Riau Nomor 5 Tahun 2021 juncto Peraturan Gubernur Provinsi Riau Nomor 77 Tahun 2020 Tentang Tata Cara Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Pekebun di Provinsi Riau. 

Dalam orasinya Ketua DPC GMNI Pekanbaru menyampaikan bahwa mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus Pekanbaru menyatakan perlawanan terhadap penindasan rakyat bukan perlawanan terhadap Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau. “Kita hadir di sini ialah untuk melawan penindasan, penindasan rakyat lewat kebijakan pemerintah bukan melawan DPRD Provinsi Riau. Kita adalah Penyambung Lidah Rakyat, DPRD adalah Wakil Rakyat, maka dengan itu kami memanggil Ketua DPRD Provinsi Riau untuk hadir di sini, untuk berdiskusi dengan kami agar pemerintah belajar mengenai kebijakan yang pro rakyat. Kami memanggil Ketua DPRD Provinsi Riau dari singgasana dan kursi empuknya” Ujar Rahmat mengumandangkan orasi.

Ia juga menyampaikan bahwa Mahasiswa berada pada garis keberpihakan terhadap rakyat bukan berada pada garis netral, sehingga mahasiswa akan menyampaikan problem dan jeritan masyarakat Riau ke DPRD Provinsi Riau sebagai bagian dari pemerintahan yang pada tupoksinya ialah mandataris rakyat dalam sistem demokrasi.
Pada Aksi ini anggota DPRD Provinsi Riau Mardianto Manan dan Zulkipli Indra datang menemui massa aksi dan melakukan dialog dengan mahasiswa. Cipayung Plus Pekanbaru akan terus mengawal setiap kebijakan pemerintah terkhusus di wilayah Riau maupun Pekanbaru.

Aksi ini akan menjadi aksi berkelanjutan apabila tidak direspon secara tanggap melalui kebijakan pro rakyat oleh pemerintah. Setelah menyampaikan tuntutan dan dialog dengan anggota DPRD Provinsi Riau, Cipayung Plus Pekanbaru mengatakan akan kembali menggelar parlemen jalanan untuk menagih tindak lanjut dari tuntutan yang telah disampaikan.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cipayung Plus Pekanbaru Gelar Aksi di Kantor DPRD Provinsi Riau. GMNI Pekanbaru: DPRD Wakil Rakyat Kami Penyambung Lidah Rakyat

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo