terkini

Iklan Film

film

Pentingnya Peran Orangtua Memberi Pengetahuan Gizi Pada Anak Sejak Dini

Lidinews
Senin, 7/18/2022 06:24:00 PM WIB Last Updated 2022-07-18T11:24:36Z
Penulis: Alexander Chrisse Ginting Munthe, S. Pd
Instruktur Kuliner Yayasan Mulki Vokasi Indonesia.
Praktisi Kuliner, Tenaga pengajar Kelas Nutrisi, Pengajar Kelas Memasak di Klinik Jiwa Bina Atma

Lidinews.id - Berbicara tentang gizi, sudah dapat dipastikan dalam benak kita yaitu tentang makanan-makanan yang sehat dan memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh kita.

Dalam sejarahnya istilah “Gizi” diambil dari bahasa Arab yaitu “Ghidza atau dibaca ghizi” yang artinya adalah makanan. Gizi merupakan asupan yang masuk dalam tubuh kita dan memberikan banyak manafaat yang luar biasa. Saat ini bila kita melihat fenomena yang terjadi dimasyarakat, pengetahuan tentang gizi pada anak sejak dini sangatlah kurang. Akhirnya hal yang kurang diperhatikan dan kurang dimengerti oleh anak ini cendrung menjadi hal yang biasa, padahal itu bisa berdampak buruk bagi mereka. Anak-anak sering jajan sembarangan dan memakan yang sesungguhnya tidak baik bagi mereka. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan anak terhadap pengetahuan akan gizi sejak dini. Padahal tidak ada hal yang lebih membahagiakan bagi orang tua selain melihat anak mereka  tumbuh dengan baik, sehat, cerdas, dan aktif.


Untuk mewujudkan hal baik tersebut, kita sebagai orang tua bisa  melakukan hal yang sederhana untuk anak kita. Kita sebagai orang tua bisa memberikan stimulasi yang tepat serta pengetahuan gizi sejak dini pada anak. Ada bebrapa hal yang dapat kita sampaikan langsung untuk anak kita, yang pertama, gizi sangat berperan untuk tumbuh kembang anak.
Kebutuhan gizi yang sesuai dengan usia anak akan membantu memaksimalkan pertumbuhan mereka. Semakin sempurna asupan gizi yang diberikan, semakin sempurna pula perkembangan otak dan fisik mereka. Tidak terlengkapinya asupan gizimyang diperlukan oleh tubuh dapat membuat tumbuh kembang anak menjadi terhambat. Bahkan pada beberapa kasus, kurangnya gizi tersebut dapat berakibat fatal bagi anak. 

Menurut Alexander Chrisse Ginting Munthe, S.Pd seorang Instruktur sekaligus praktisi kuliner di Yayasan Mulki Vokasi Indonesia, sebagai orang tua, selain memperhatikan pola makan anak, kita juga harus sampaikan kepada anak, apa manfaat terpenuhinya gizi yang baik bagi tubuh mereka.  Sejak dini anak harus tau tentang manfaat gizi bagi tubuh mereka, agar anak mampu memilih mana makanan yang baik dan tidak baik bagi tubuh mereka. Manfaat gizi seimbang pada anak tentu saja sangat banyak. 

Beberapa diantaranya adalah berikut ini: Pertama, Manfaat gizi seimbang pada anak dapat menjadikan tubuh, kecerdasan, dan kemampuannya pun akan berkembang dengan baik. Secara fisik, dengan gizi yang baik anak akan  menjadi lebih sehat serta tidak mudah sakit. Kedua, tercukupinya asupan gizi pada anak akan sangat berpengaruh pada pembentukan saraf mereka, termasuk juga saraf otak. Agar otak dapat berkembang sempurna, pastikan anak kita memperoleh banyak asupan vitamin dan mineral, termasuk DHA, zat besi, dan yodium, yang cukup. Ketiga, anak yang makan dengan cukup disertai asupan gizi yang baik cenderung memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik. Mereka juga tidak mudah terserang flu dan batuk seperti anak-anak pada umumnya. Keempat, anak dengan pemberian asupan gizi yang benar dan rendah gula, kesehatan gigi dan mulut dapat terjaga dengan baik. Kelima, anak yang mendapatkan asupan gizi dengan baik, mereka akan lebih konsentrasi dalam mengikuti pelajaran dan kegiatan lainnya. Keenam, tidak hanya membuat anak menjadi lebih berkosentrasi, asupan gizi yang baik juga menciptakan suasana hati anak menjadi lebih stabil dan memiliki semangat yang tinggi. 

Terakhir Alexander Chrisse Ginting yang juga merupakan tenaga pengajar kelas memasak di Klinik Jiwa Bina Atma, menegaskan Sungguh luar biasa ternyata manfaatnya bagi anak, jika asupan gizi mereka terpenuhi dengan baik dan memiliki pengetahuan gizi sejak dini. Memberikan pengetahuan tentang gizi ini merupakan tanggung jawab kita sebagai orang tua, karena aktifitas anak itu dimulai dari rumah.
Semakin mereka mengetahui mana makanan yang sehat dan tidak, maka kesehatan mereka juga akan semakin terjaga, dan dapat menurunkan resiko sakit atau keracunan makanan akibat jajan sembarangan di sekolah maupun ditempat lain. Semoga pengetahuan gizi sejak dini tersebut bisa menjadi hal yang serius untuk kita perhatikan sebagai orang tua. Untuk terciptanya generasi yang memiliki tumbuh kembang yang baik.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pentingnya Peran Orangtua Memberi Pengetahuan Gizi Pada Anak Sejak Dini

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo