terkini

Iklan Film

film

Mahasiswa Prodi PMG IAKN Tarutung Melayani Di HKBP Hutaraja

Lidinews
Selasa, 12/20/2022 01:34:00 AM WIB Last Updated 2022-12-20T00:14:00Z


Sumatera Utara, Tapanuli Utara, Hutaraja, Lidinews.id - Kehadiran para mahasiswa Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung  di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Hutaraja untuk melayani kidung pujian pada ibadah.

Mahasiswa yang hadir di gereja adalah mahasiswa dari prodi Pendidikan Musik Gerejawi (PMG) semester lima yang dimana mereka mengambil mata kuliah magang ke-2, dosen pengampu Ibu Lince R.T. Simamora, M.Pd. Mata kuliah magang ke-2 adalah mata kuliah yang dimana mahasiswa harus terjun kelapangan serta melakukan pratek mata kuliah yang di tempatkan di gereja. Mahasiswa semester lima yang mengambil mata kuliah magang ke-2 dibuat beberapa kelompok untuk melayani di gereja.


Ada 6 kelompok yang sudah di bagikan oleh dosen pengampu mata kuliah. Kelompok-kelompok tersebut sudah ditempatkan di gereja-gereja sekitaran kampus IAKN. Salah satu kelompok yang tempatakan, yaitu di HKBP Hutaraja untuk menjalankan tugas serta tanggung jawab mata kuliah magang ke-2.

Di dalam mata kuliah magang bukan hanya pelayanan di gereja saja, tetapi sebelum mahasiswa di terjunkan kelapangan untuk pratek lapangan atau magang. Para mahasiswa diberi pengajaran serta ilmu tentang teori musik dan cara cepat membaca not balok atau yang disebut oleh dosen pengampu (Cikok) cara cepat membaca not balok agar bisa membaca buku lagu.


Setiap hari kamis jam mata kuliah seluruh kelompok masuk untuk belajar teori dan cara membaca not balok dan diajarkan oleh dosen pengampu. Sesudah seluruh kelompok  paham membaca not balok, dosen pengampu membagikan kelompok diseimbangkan dalam pelayanan musik. Ada mahasiswa Mayor Biola, Saxophone, Gitar, Druma, Piano disetiap Kelompok magang yang ditempatkan di gereja.


Sebelum mengikuti pratek lapangan atau mata kuliah magang mahasiswa memberikan surat persetujuan kerja sama yang sudah ditanda tangani oleh Kepala Program Studi (Kaprodi) dan juga pendeta agar diberi persetujuan untuk melakukan magang di Gereja HKBP Hutaraja.

Pengantaran surat diikuti oleh mahasiswa kelompok yang ditempatkan dan dosen pengampu mata kuliah. Surat kerjasama yang sudah ditanda tangani oleh pendeta dan Kaprodi adalah bentuk persetujuan bahwa mahasiswa magang boleh melakukan kegiatan magang di gereja. Dalam melakukan mata kuliah magang atau pratek lapangan bukan hanya melayani di ibadah melainkan ikut serta dalam kegiatan di gereja seperti ibadah muda mudi setiap hari Sabtu dan langsung latihan musik dan pelayanan ibadah hari Minggu. 


Dalam kegiatan magang ada ibadah Pengelaan Alkitab (PA) di setiap hari Sabtu bersama muda mudi Gereja HKBP Hutaraja setelah ibadah muda mudi. Sesudah ibadah PA kami latihan lagu pujian untuk memberikan  persembahan lagu dalam ibadah minggu dari muda mudi gereja. Kelompok magang juga latihan di hari Sabtu dengan pelayan musik dan juga song leader di Gereja HKBP Hutaraja. Di setiap latihan banyak juga kesalahpahaman, seperti kecepatan bernyanyi oleh song leader, tetapi kesalahan membuat mahasiswa untuk belajar lebih giat.
 

Di hari Minggu saat melakukan pelayanan mahasiswa magang melakukan sepenuh hati, tetapi manusia terkadang tidak luput dari kesalahan dan banyak juga yang membuat pelayanan tergangu, seperti Microphone tidak hidup pemain Keybord salah lagu. Ada juga mahasiswa yang terkadang terlambat datang dalam pelayanan sehingga pemain yang lain mengambil alih contoh pemain Keyboard terlambat salah satu pemain Saxophone bisa memainkan Keyboard langsung mengambil alih memainkan Keyboard agar ibadah dapat terlaksana dengan baik.
 
Kelompok magang di setiap ibadah juga banyak melakukan yang sebenarnya melakukan kesalahan-kesalahan dalam pelayanan seperti datang terlambat, keluar saat khotbah, bermain Handphone saat ibadah. Setiap kelompok memang tidak semua mahasiswa punya ketulusan hati dalam melakukan pelayanan ibadah maka dari itu dosen pengampu sering di jam matakuliah magang di setiap hari Kamis memberikan nasehat dan arahan yang benar dalam melakukan pelayanan musik dalam gereja. Pendeta dari gereja HKBP Hutaraja, guru huria dan penatua gereja sering memberikan masukan nasehat dan arahan yang baik agar kami bisa memberikan yang terbaik dalam setiap pelayanan dalam ibadah.
 
Kelompok magang terdiri dari 2 orang, yaitu Yon Hartono Nahampun, Anggara Manalu. dosen yang mengampu matakuliah adalah Ibu Lince R.T Simamora dan dipimpin oleh Amang Pdt. Kamsor Manurung S.Th dan calon guru Unedo H Lumbantoruan S.Pd.


Editor : Arjuna H T M
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa Prodi PMG IAKN Tarutung Melayani Di HKBP Hutaraja

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo