terkini

Iklan Film

IBEMPI Tolak Impor Beras

Lidinews
Sabtu, 3/11/2023 04:30:00 PM WIB Last Updated 2023-03-12T11:29:30Z
Gambar : IBEMPI Tolak Impor Beras. Lidinews.id.


Lidinews.id - Dikenal sebagai negara agraris, Indonesia faktanya masih mengimpor beras untuk memenuhi kebutuhan beras nasional. Isu impor beras kerap kali menjadi topik hangat dan ramai dibicarakan.


Diawal tahun 2023, pemerintah telah mengimpor sebanyak 500.000 ton beras. Hal ini dilakukan Perum Bulog dengan dalih untuk memenuhi cadangan beras pemerintah hingga Januari-Februari 2023.


Impor beras yang dilakukan pemerintah guna menstabilkan harga pasar, mengimbangi produksi beras lokal, dan memenuhi kebutuhan nasional juga membawa beberapa permasalahan. Salah satunya adalah terancamnya kesejahteraan petani lokal.


Petani lokal harus bersaing harga dengan beras impor, yang mana para petani lokal ini harus rela menjual hasil panennya dengan harga yang lebih rendah.


Jika kegiatan impor beras ini terus dilakukan dapat mengancam keberlangsungan hidup petani lokal. Beras lokal tidak mampu lagi bersaing dengan beras impor yang membuat petani lokal harus mengurangi produksi beras.


Presiden Joko Widodo sempat berjanji takkan lagi melakukan impor bahan pangan pada awal kepemimpinannya, namun faktanya Indonesia masih membeli beras dari luar negeri.


M. Nadhim Ardiansyah selaku Presidium Nasional 1 Ikatan BEM Pertanian Indonesia saat ditemui salah satu jurnalis lidinews.id pada aksi tolak impor beras menyatakan bahwa ditemukan adanya perbedaan argumen antara Permentan dan Bulog.


“Permentan tidak mau adanya impor beras, namun pihak Bulog mengatakan cadangan beras pemerintah mengalami defisit” ucap Nadhim. Nadhim juga menuturkan adanya indikasi permainan mafia-mafia beras.


Ikatan Badan Eksekutif Mahasiswa Pertanian Indonesia (IBEMPI), menuntut pemerintah untuk lebih memperhatikan konflik impor beras yang selalu terjadi setiap tahunnya. Masalah ini sangat mencekik petani lokal.


Korlap aksi adestra:

Pada hari Jum'at 10 Maret 2023 kami dari ikatan BEM pertanian Indonesia menyatakan sikap kertepihakan kita sebagai akademisi pertanian yang dimana hari ini kita turun kejalan untuk menuntut sebuah bentuk catatan kritis kami sebagai kaum akademisi untuk menolak kebijakan impor yang dilakukan oleh pemerintah.

Nadhim, tujuan kami aksi disini untuk memberikan pengetahuan kepada publik yang dilakukan oleh pemerintah yaitu sebuah hal yang mengkhianati petani lokal. Panen raya yang dilakukan secara masih di beberapa daerah pada bulan ini malah dijadikan titik alih fokus yang dimana jelas jelas pemerintah mengimpor beras sebesar 500.000 ton melalui perum Bulog pada Desember 2022 sampai Maret 2023,jika keuntungan 1 ton 500 rupiah saja itu sudah meraup keuntungan 250jt bagaimana dengan keuntungan yang lebih? maka dengan itu kami ibempi menuntut sebagai berikut.


Tuntutan preslist;

  1. Meminta Presiden mengevaluasi terkait impor beras dari tahun ke tahun yang tidak pernah selesai.
  2. Menuntut dan mendesak Presiden untuk mencopot perum Bulog dan menteri perdagangan yang di nilai menindas petani.
  3. Menuntut kepada Presiden untuk mengusut tuntas para pemain mafia impor beras yang merugikan petani.
  4. Mengutuk tindakan yang merugikan dan membuat penurunan harga padi petani lokal.
  5. Menuntut untuk mencopot Menteri Perdagangan, Kepala Badan Pangan Nasional dan Kepala Perum Bulog.
Demikian, atas tuntutan Ikatan BEM Pertanian Indonesia ini, apabila tidak ditindak lanjut dalam waktu 3 x 24 jam kami akan turun kembali dengan massa aksi yang lebih banyak dari seluruh mahasiswa pertanian seIndonesia
dengan melakukan aksi besar-besaran.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • IBEMPI Tolak Impor Beras

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo