terkini

Iklan Film

Capres Dari PDIP Beberkan Kriteria Cawapres

Lidinews
Sabtu, 4/22/2023 01:03:00 PM WIB Last Updated 2023-04-22T06:03:44Z
Gambar : Capres Dari PDIP Beberkan Kriteria Cawapres. Lidinews.id


Lidinews.id - Calon presiden (capres) dari PDIP, Ganjar Pranowo, membeberkan kriteria calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya maju Pilpres 2024 mendatang.

Ia menyebut cawapresnya harus sevisi dan berkomitmen meneruskan pembangunan yang sudah dimulai Presiden Joko Widodo.

"Tentu bisa bekerja sama, punya visi yang sama," katanya saat jumpa pers di Wedangan Padmosusastran, Solo usai Salat Idulfitri Sabtu (22/4).

Ganjar mengatakan ia membutuhkan sosok siap mewujudkan cita-cita yang dicanangkan dalam pembukaan UUD 1945. Menurutnya masih banyak yang harus dikerjakan untuk mencapai cita-cita tersebut. Cawapresnya juga harus mematuhi konstitusi.

"PR kita tidak mudah ya. Pembukaan UUD sebagai visi panjang negeri ini saya kira jauh yang mesti dibereskan," katanya.

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan cawapresnya harus mempunyai komitmen untuk melanjutkan pembangunan yang sudah dimulai oleh Jokowi.

Ganjar menilai Jokowi telah membangun pondasi yang cukup kuat selama menjabat sebagai Presiden.

"Ini mesti kita jaga dan kita lanjutkan," katanya.

Saat ini pembahasan cawapres belum mengerucut. Nama cawapres akan sangat dipengaruhi dinamika politik di antara partai politik. Terutama setelah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri mengumumkan Ganjar sebagai capres dari partai banteng.

"Sekarang kan pasarnya, kalau boleh dikatakan itu kan orang bisa lempar-lempar ke luar. Saya kira setelah kemarin diumumkan, partai-partai saya akan segera bicarakan lebih detail lagi," katanya.

PDIP sendiri sebenarnya bisa mencalonkan pasangan capres dan cawapres tanpa berkoalisi dengan partai lain. Namun Ganjar mengatakan partainya akan tetap membangun komunikasi politik dengan partai-partai lain.

"Dari PDIP pasti juga mempertimbangkan (capres dari partai lain) karena negara ini terlalu besar untuk diurus sendiri ya," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut Erick Thohir, Sandiaga Uno, Mahfud MD, Ridwan Kamil, Muhaimin Iskandar, Airlangga Hartarto, hingga Prabowo Subianto sebagai tokoh yang cocok mendampingi Ganjar. Nama-nama tersebut sudah lama beredar di bursa pencalonan capres dan cawapres.

Menanggapi hal itu, Ganjar mengaku siap dipasangkan dengan siapa pun selama memiliki kesamaan visi.

"Tadi Pak Jokowi kan sudah nyebut nama-nama ya. Siapa-siapa saja bisa, yang penting satu visi," katanya.



Capres Dari PDIP Beberkan Kriteria Cawapres
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Capres Dari PDIP Beberkan Kriteria Cawapres

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo