terkini

Iklan Film

CV. Ultra Outbound Adventure Bangkitkan Pariwisata Sumut

Lidinews
Selasa, 5/16/2023 09:29:00 PM WIB Last Updated 2023-05-16T14:29:27Z
Gambar : CV. Ultra Outbound Adventure Bangkitkan Pariwisata Sumut. Lidinews.id


Lidinews.id - Berbicara tentang Outbound, pastilah sudah tidak asing bagi kita. Dalam benak kita pasti sudah tergambar dengan games maupun permainan alam bebas lainnya.


Pada saat ini pula outbound sebagai salaha satu bentuk pariwisata yang amat diminati, baik itu sekolah, perusahaan, instansi pemerintah maupun kelompok masyarakat lainnya.


Namun outbound sebenarnya bukan hanya tentang sekedar hiburan atau membuat kita tertawa dan gembira saja, jauh dari pada itu outbound merupakan sebuah metode pendidikan yang luar biasa.

Gambar : CV. Ultra Outbound Adventure Bangkitkan Pariwisata Sumut. Lidinews.id


Karena Outbound merupakan salah satu metode pelatihan dan pengembangan SDM dalam rangka pengembangan diri (personal development) dan tim (team development) berbasis pembelajaran dari pengalaman (Experiential Learning) melalui kegiatan di alam terbuka maupun tertutup dengan menggunakan permainan-permainan edukatif dan petualangan sebagai sarana.


Experiential Learning merupakan theory pendidikan yang kemudian menjadi dasar pembelajaran holistik dengan menggunakan pengalaman sebagai proses pendidikan.

Gambar : CV. Ultra Outbound Adventure Bangkitkan Pariwisata Sumut. Lidinews.id


Salah satu tokohnya adalah David A. Kolb. Dia  mendefinisikan bahwa belajar sebagai proses dimana pengetahuan diciptakan melalui transformasi pengalaman.


Dalam hal ini, pengetahuan dianggap sebagai perpaduan antara memahami dan mentransformasi pengalaman.


Dari sini kita mengetahui, bahwa outbound yang lahir dari Experiental learning mampu membentuk serta bertujuan untuk melihat seseorang dalam wujud asli, sehingga terlihat berbagai potensi, kelebihan dan kelemahan pribadinya, serta peserta dapat mengambil berbagai hikmah dari berbagai permainan.


Setiap permainan, dibahas dari sudut pandang spiritual dan ilmu manajemen modern. 

Hampir dua tahun lamanya Indonesia menghadapi Pandemi Covid-19, selama itu pula dunia outbound diSumatera Utara tertidur, namun dengan semangat serta percaya diri para fasilitator outbound (experiential Learning) tetap mengasah diri dan kemampuan, awal tahun 2023 menjadi semnagat baru bagi dunia outbound, sudah mulai kedatangan tamu istilahnya.


Alexander Chrisse Ginting, M. S.Pd selaku Direktur CV. Ultra Outbound Adventure mengatakan saat ini, kita mulai kedatangan tamu kembali untuk outbound maupun TOT.


Sudah beberapa kampus yang kita kerjasama maupun MOU, hampir setiap minggu kita kedatang tamu, hal ini menjadi semangat baru juga buat kita dan tim, karena kami percaya dunia Experiential Learning ini harus digalakkan, karena memiliki banyak manfaat baik bagi diri sendiri maupun kelompok.


Ditempat yang sama Samsudin Tarigan S.Pd, M.Si yang menjabat sebagai Manager Program CV. Ultra Outbound Adventure menyampaikan, saat ini industri pariwisata bergerak cepat, kita dituntut untuk terus kreatif dan inovatif, begitu juga dengan dunia Experiential Learning maupun outbound sebagai turunannya.

Gambar : CV. Ultra Outbound Adventure Bangkitkan Pariwisata Sumut. Lidinews.id


Desain – desain game atau sarana outbound juga terus kita perbaharui, dan kita juga ikut dalam desain besar pemerintah saat ini untuk kemajuan pariwisata. Samsudin Tarigan juga menyatakan saat ini kita memiliki pembeda dari provider lainnya.


Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) menuntut kita untuk serius terhadap Sport Industri dan Sport Tourism, ini merupakan peluang besar bagi kita, atau bisa dibilang ada nuansa yang berbeda yang kita punya. Saat ini Seluruh fasilitator di CV. Ultra Outbound Adventure kita wajibkan untuk memiliki sertifikat kompetensi dari BNSP, ini merupakan bentuk kesiapan dan dukungan kita terhadap bangkitnya kembali dunia pariwisata terkhusus outbund maupun kegiatan xperiential Learning yang ada disumatera Utara.


Ini menjadi bentuk tanggung jawab kita sebagai Pelaku industri pariwisata, karena Sumatera Utara (Toba) merupakan salah satu destinasi wisata prioritas Indonesia.





Kontributor : Alexander Chrisse Ginting Munthe



CV. Ultra Outbound Adventure Bangkitkan Pariwisata Sumut

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • CV. Ultra Outbound Adventure Bangkitkan Pariwisata Sumut

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo