terkini

Iklan Film

PT. Pamapersada Nusantara Area KPC Kutim Gelar Pelatihan Pemadaman Api Ringan

Lidinews
Sabtu, 5/20/2023 08:47:00 PM WIB Last Updated 2023-05-20T13:54:43Z

Gambar : PT. Pamapersada Nusantara Area KPC Kutim Gelar Pelatihan Pemadaman Api Ringan. Lidinews.id


Kutai Timur, Sangatta - Rawan Kebakaran, PT. Pamapersada Nusantara Area KPC Kutai Timur (Kutim) mengadakan pelatihan pemadaman api ringan skala rumah tangga, Jum'at 12/05/2023.


Bekerjasama dengan Emergency Rescue Team PT. Pamapersada Nusantara Area KPC Kutai Timur, Cahyo Suseno menyampaikan tips mencegah kebakaran yakni dengan memperhatikan batas jarak antara kompor dan gas LPG dan ketika terjadi percikan sumber api jangan panik untuk menghadapi dengan tetap mengikuti prosedur yang sesuai dengan pelatihan.

Gambar : PT. Pamapersada Nusantara Area KPC Kutim Gelar Pelatihan Pemadaman Api Ringan. Lidinews.id


Materi yang disampaikan adalah teori terbentuknya api, jenis-jenis kebakaran, jenis-jenis peralatan penanggulangan kebakaran, serta upaya yang dilakukan untuk mencegah kebakaran.


CSR Officer PT. Pamapersada Nusantara Area KPC Kutai Timur, Danang mengungkapkan bahwa perlunya antisipasi masyarakat agar terhindar dari kebakaran baik kebakaran hutan dan lahan maupun kebakaran pemukiman karena sebagian besar rumah yang ada di Sangatta terbuat dari kayu yang notabene mudah terbakar.


“Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan edukasi dan pengetahuan tentang api dan kebakaran, serta cara mengatasi dan mengendalikannya ketika terjadi peristiwa kebakaran. Kegiatan pelatihan ini juga merupakan bukti kontribusi perusahaan terhadap lingkungan sekitar, mengingat mayoritas peristiwa kebakaran yang terjadi di Kutai Timur salah satunya diakibatkan aktivitas rumah tangga. Dengan teredukasinya masyarakat sekitar, diharapkan potensi terjadinya bencana kebakaran dapat diminimalkan sehingga tercipta lingkungan yang aman dan terjaga di sekitar pemukiman warga,” imbuhnya.


Dirinya menambahkan, Sebagai bentuk keseriusan perusahaan dalam melaksanakan agenda pelatihan, PT Pamapersada Nusantara Area KPC Kutai Timur melakukan kerja sama dengan Dusun Gunung Teknik Desa Sangatta Selatan sebagai tempat Program Kampung Iklim, dengan harapan pemaparan materi yang disampaikan bisa lebih komprehensif dan informatif karena disampaikan oleh ekspertis di bidang pencegahan dan penanggulangan kebakaran.”


Dalam kegiatan ini tim Emergency Rescue Team PT Pamapersada Nusantara Area KPC Kutai Timur beserta warga sekitar mempraktikkan pemadaman api dalam skala kecil. Kegiatan praktik ini diisi dengan praktik penggunaan peralatan pemadaman tradisional, seperti dengan menggunakan karung goni dengan air dan juga peralatan pemadaman yang lebih modern seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR).


Ketua Dusun Gunung Teknik, Khairudin yang ikut ambil bagian dalam pelatihan mengungkapkan rasa terima kasih kepada PT Pamapersada Nusantara Area KPC Kutai Timur.


"Semoga kedepan risiko kebakaran di lingkungan kami dapat diminimalkan," pungkasnya.




PT. Pamapersada Nusantara Area KPC Kutim Gelar Pelatihan Pemadaman Api Ringan

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PT. Pamapersada Nusantara Area KPC Kutim Gelar Pelatihan Pemadaman Api Ringan

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo