terkini

Iklan Film

Wujudkan Green Campus, UM Mendidik Mahasiswa Sebagai Volunteer Lingkungan

Lidinews
Senin, 5/08/2023 10:43:00 PM WIB Last Updated 2023-05-08T15:43:44Z
Gambar : Wujudkan Green Campus, UM Mendidik Mahasiswa Sebagai Volunteer Lingkungan. Beberapa aktivis mahasiswa mengikuti kegiatan pendidikan volunteer lingkungan yang dilaksanakan oleh tim UM Green Campus. Lidinews.id


Kota Malang, Lidinews.id - Mendidik mahasiswa menjadi volunteer lingkungan merupakan salah satu upaya yang dilakukan UM dalam rangka menuju green campus atau kampus hijau.

Kampus hijau adalah kampus yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, yang tidak hanya memberikan manfaat bagi lingkungan tetapi juga bagi penghuninya. 

Gambar : Wujudkan Green Campus, UM Mendidik Mahasiswa Sebagai Volunteer Lingkungan. Lidinews.id


Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan menanam lebih banyak tumbuhan di kampus.

Menurut Anggota Kementerian Lingkungan Hidup BEM UM 2023, Annisa'ul Kusniyah dan Volunteer Lingkungan dari Prodi Pendidikan Geografi, Martha Abymanyu Ragil Atmaja, mendidik mahasiswa untuk menjadi volunteer lingkungan dapat dilakukan oleh berbagai pihak, baik oleh dosen maupun mahasiswa itu sendiri.

”Di sini saya mengajak seluruh mahasiswa maupun sivitas akademika Universitas Negeri Malang, agar menjadi volunteer lingkungan yang bermanfaat untuk kampus kita tercinta menuju kampus sehat yang mencerdaskan," ujar Annisa'ul Kusniyah 

Lebih lanjut, Abymanyu menjelaskan tentang manfaat dari volunteer lingkungan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian warga kampus dalam mencintai lingkungannya

"Memberikan manfaat lingkungan seperti membersihkan sampah, menanam pohon, menghemat penggunaan air dan listrik, meningkatkan kualitas udara, mengurangi suhu udara, dan mengurangi dampak dari polusi," terang Abymanyu 

Selain itu adanya volunteer lingkungan juga dapat memberikan manfaat bagi estetika kampus dan meningkatkan kesejahteraan bagi penghuni kampus.

"Beberapa hal yang dilakukan oleh volunteer lingkungan yang ada di UM yakni berbagai inisiatif gerakan lingkungan dalam rangka menuju green campus," ujar Ketua UM Green Campus, Sumarmi.

Gambar : Wujudkan Green Campus, UM Mendidik Mahasiswa Sebagai Volunteer Lingkungan. Lidinews.id


Sumarmi melanjutkan, ada beberapa inisiatif yang bisa dilakukan, seperti penggunaan energi terbarukan, pengelolaan sampah yang efektif dan efisien, serta program edukasi dan partisipasi aktif dari seluruh penghuni kampus.

"Semua inisiatif ini dapat membantu menciptakan kampus yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, serta memberikan manfaat bagi penghuni kampus dan lingkungan sekitarnya," tandasnya.




Editor : Arjuna Herianto Tri Mayldo Munthe
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wujudkan Green Campus, UM Mendidik Mahasiswa Sebagai Volunteer Lingkungan

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo