terkini

Iklan Film

film

5+ Mencegah Terjadinya Arus Pendek

Lidinews
Selasa, 8/15/2023 07:18:00 AM WIB Last Updated 2023-08-15T00:21:51Z
Gambar : 5+ Mencegah Terjadinya Arus Pendek. Lidinews.id


Lidinews.id - Kebakaran yang terjadi akibat korsleting listrik atau arus pendek dapat menjadi ancaman bagi keselamatan kita dan keluarga.


kita perlu tahu korsleting listrik dapat terjadi karena kabel atau kawat listrik secara mendadak terputus atau tergesek, sehingga terjadi lonjakan arus yang berpotensi memicu kebakaran. 


Berikut ini beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya korsleting listrik di rumah dalam versi Tim Lidinews ;



1. Instalasi Listrik secara Baik dan Benar


Perhatikan kondisi instalasi listrik di rumah yang diperiksa oleh tenaga ahli yang berpengalaman. Kita harus menggunakan kabel yang sesuai dengan kapasitas daya dan tidak menggunakan kabel yang sudah rusak. Pemasangan stop kontak dan saklar juga perlu dilakukan dan diperhatikan dengan baik dan benar.


2. Mengunakan Peralatan Listrik dengan kualitas yang baik


Peralatan elektronik dan listrik yang berkualitas baik akan lebih aman dan dapat dipemakai dalam jangka waktu yang panjang. Jangan mengunakan peralatan yang tidak memiliki kualitas keamanan. Kita harus tahu semua peralatan memiliki label (Standar Nasional Indonesia) SNI  atau kualitas keselamatan.


3. Menjaga Kebersihan dan Kesesuaian 


Memastikan kabel listrik tidak tergulung atau terjepit, sebab hal ini dapat mengakibatkan tekanan pada kabel dan berpotensi menyebabkan korsleting listrik. Menjaga kebersihan peralatan listrik dan tidak menarik kabel secara paksa. Kita juga perlu memperhatikan kabel-kabel tidak tertindih di bawah barang yang berat atau disela pintu.


4. Periksalah Kabel Secara Berkala


Memeriksakan kondisi kabel dan soket listrik merupakan langkah yang sangat penting. Bila kita melihat kabel yang sudah terkelupas, rusak, atau aus maka segeralah perbaiki atau diganti dengan yang baru. Jangan mencoba mengganti kabel yang sudah rusak dengan cara yang tidak benar dan aman.


5. Jangan Mnggunakan Listrik Secara Berlebihan (Overload Listrik)


Menghindari pemakainan secara berlebihan yang dapat membebani stop kontak dengan menggunakan banyak peralatan atau alat elektronik. Overload dapat menyebabkan lonjakan arus listrik dan tingkat korsleting makin tinggi. Kita harus bijak dalam memakai peralatan listrik dan menghindari pemakaian sekop multi-outlet secara berlebihan.


6. Menggnakan Proteksi Tambahan


Memakai alat pelindung tambahan seperti stabilizer dan pelindung arus dapat bermanfaat untuk menjaga peralatan dari lonjakan arus listrik yang dapat menyebabkan korsleting listrik.


7. Perawatan Rutin


Pemeriksaan kabel dengan teratur, juga harus dijadwalkan pemeriksaan dan perawatan listrik dilakukan oleh tenaga ahli. Pemeriksaan secara teratur dapat mendeteksi masalah yang berpotensial sebelum menjadi masalah yang serius.


8. Pengetahuan Keselamatan


Mengajarkan kepada keluarga dan anak-anak, tentang cara keselamatan listrik. Mengedukasi tentang bahaya korsleting dan bagaimana cara bijak menggunakan listrik.


Mencegah korsleting listrik adalah awal yang sangat penting untuk menjaga keselamatan di dalam rumah. Memakai instalasi yang baik, menggunakan peralatan berkualitas, perawatan yang rutin, dan edukasi tentang keselamatan listrik, kita dapat mengurangi ancaman korsleting listrik dan potensi kebakaran.




Editor : Mastika Br Ginting

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 5+ Mencegah Terjadinya Arus Pendek

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo