terkini

Iklan Film

Membuat Kopi Tubruk Dengan Sederhana

Lidinews
Sabtu, 8/12/2023 06:37:00 AM WIB Last Updated 2023-08-30T19:27:10Z
Gambar : Membuat Kopi Tubruk Dengan Sederhana. Lidinews.id


Lidinews.id - Kopi tubruk adalah minuman kopi khas Indonesia yang diseduh dengan cara paling tradisional. Untuk menjadi barista rumahan  yang mampu seduh kopi sendiri dengan cara yang mudah, cara menyeduh kopi tubruk sangat sederhana, sebab tidak memakai macam-macam alat. Cukup dengan menyeduh bubuk kopi dan air panas.

Kata tubruk berasal dari bahasa Jawa yang artinya “bertabrakan”. Dimana bubuk kopi yang sudah ada di dalam gelas “ditabrak” dengan air panas, ada yang juga sudah dicampur gula.

Gampangnya adalah ketika menyeduh secangkir kopi tubruk, air panas, bubuk kopi dan gula pasir saling bertabrakan.

Semua orang mungkin tahu menyeduh kopi tubruk dengan menuangkan air panas ke bubuk kopi didalam cangkir, tapi tidak semua mengetahui perhitungan yang tepat untuk meracik kopi tubruk.

Meskipun pembuatan kopi tubruk sebenarnya sederhana dalam tehnik menyeduhnya, termasuk yang sulit untuk mensajiankan kopi tubruk yang nikmat.

Saat kita bikin kopi tubruk rasanya mantap, namun saat membuatnya lagi rasa kopi tubruk tidak mantap seperti yang sebelumnya.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi rasa kopi, misalnya dari kualitas bubuk kopi, suhu air panas dan lain-lain.

Berikut ini beberapa tips, untuk kita mencoba membuat kopi tubruk sendiri di rumah.

Rasio Kopi Dan Air
Beberapa perbedaan tentang rasio tepat yang digunakan untuk menyeduh kopi tubruk, ada yang memakai 1:10 dan tidak sedikit yang memakai 1;12.

Bahkan banyak yang membuatnya dengan menakar menggunakan sendok makan, sesuai selera tidak ada yang salah dalam hal itu selagi membuat kita nyaman. Tapi baiknya menyajikan kopi tubruk dengan mengukur cangkir berapa ml, jadi kita dengan mudah bereksperimen dengan rasio kopi.

Umumnya  membuat kopi tubruk di rumah, kebanyakan orang menggunakan cangkir ukuran 140 ml, dengan takaran bubuk kopi 1 sendok makan setara sekitar 15 gram.

Jenis Gilingan Biji Kopi
Seberapa halus atau kasar gilingan kopi bubuk juga berpengaruh dengan rasa kopi tubruk, perbedaannya yang paling dilihat dari bubuk kopi yang kasar akan tertinggal dipermukaan cangkir sedangkan bubuk kopi yang halus akan mudah tenggelam ketika dituang air panas.

Untuk karakter rasa, berkaitan dengan ukuran bubuk kopi, gilingan kasar akan memiliki banyak ruang untuk dialiri air dan menciptakan rasa asam yang menarik sedangkan gilingan halus sedikit ruang untuk dialiri air sehingga ekstraksi melambat dan menciptakan rasa asam yang pahit.

Air Panas Yang Optimal
Bubuk kopi akan berekstraksi dengan air panas yang dituang ke cangkir, dapat dilihat menggunakan thermometer berapa suhu air panas yang digunakan. Suhu yang tepat air panas untuk menyeduh adalah titik 92 – 96 derajat celcius.

Cara Menyajikan Kopi Tubruk
Untuk menikmati kopi tubruk setiap orang punya caranya sendiri, ntah diaduk lalu dinikmati atau menunggu bubuk kopi tenggelam kemudian disrupput.

Bukan hanya itu, ada juga penikmat kopi yang menikmati kopi tubruk dengan cara menghentakkan cangkir kopi agar bubuk kopi turun dan tenggelam.

Hal ini terkaitan dengan melepaskan rasa khas yang masih tertahan dan terkumpul dipermukaan cangkirnya.




Editor : Mastika Br Ginting
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Membuat Kopi Tubruk Dengan Sederhana

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo