terkini

Iklan Podcast

Menguatkan Program BTQ Metode Tilawati dan Kelas Tahfidz Sebagai Salah Satu Program Unggulan Sekolah

Lidinews
Minggu, 9/10/2023 01:30:00 PM WIB Last Updated 2023-09-10T06:30:43Z

Gambar : Menguatkan Program BTQ Metode Tilawati dan Kelas Tahfidz Sebagai Salah Satu Program Unggulan Sekolah. Lidinews.id


Kolaborasi Mahasiswa PPLK PGMI-FAI Unisma dan MI Bustanul Ulum: Menguatkan Program BTQ Metode Tilawati dan Kelas Tahfidz Sebagai Salah Satu Program Unggulan Sekolah


Lidinews.id - Fakultas Agama Islam Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Malang terus berupaya melakukan kolaborasi dengan Steakholder untuk mengembangkan visi misi  yang ada di Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Malang.


Agar menjadi program studi yang menghasilkan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang profesional, unggul, dan kompetitif di bidang IPTEKS, beriman, bertaqwa, dan berakhlakul karimah berdasarkan ajaran Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah serta menyelenggarakan pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang dinamis, efektif, dan efisien berdasarkan teknologi sesuai standar nasional pendidikan tinggi.

PPLK Universitas Islam Malang berkolaborasi dengan Steakholder tujuanya untuk memberikan pengalaman kependidikan kepada mahasiswa secara nyata dilpangan dan sebagai wahana untuk mempersiapkan tenaga kependidikan yang profesional yang memiliki kompetensi dasar pedagogik, sosial, dan kepribadian.


Sehingga kegiatan ini dinilai penting dalam rangka mengawal karakter unggul Fakultas Agama Islam yaitu Berpikir kritis, Komunikasi, dan Tasamuh.


MI Bustanul Ulum memiliki salah satu program unggulan sekolah yang menarik, yaitu  adanya program BTQ dan kelas tahfidz metode tilawati yang dilaksanakan sejak tahun 2003 untuk kelas 1,2,3 dan tahun 2023 untuk semua jenjang kelas dan juga berkolaborasi dengan team Tilawati Cabang Kota Batu.


Melalui penerapan BTQ Metode Tilawati dan kelas tahfidz ini siswa diharapkan mampu untuk membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an dengan baik serta menciptakan generasi anak bangsa yang mencintai Al-Qur’an sejak dini

Metode Tilawati memiliki keunikan dan ciri khas lagu rost. Sehingga metode tilawati tidak hanya mementingkan aturan-aturan makhorijul huruf, hukum tajwid, Qhorib, tetapi pada metode tilawati ini juga mementingkan keindahan lagu dalam membaca Al-Qur’an.


MI Bustanul Ulum secara khusus memberikan porsi pembelajaran BTQ dan kelas tahfidz selama 70 menit setiap hari selasa, rabu dan kamis. Siswa dibagi dalam kelompok sesuai dengan capaian dan kemampuan masing-masing.


"Kegiatan ini merupakan salah satu progam utama Madrsah untuk mencapai tujuanya, yakni memberikan pengetahuan agama kepada siswa yang lengkap dan mantap sesuai yang di inginkan oleh wali murid," terang Bapak Fauzi, Kepala Sekolah MI Bustanul Ulum, Rabu (06/09/2023).


Pelaksanaan kegiatan BTQ dan kelas tahfidz diampu kolaborasi antara mahasiswa PPLK dari prodi PGMI Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang dengan pengajar khusus yang berkompeten dari tim tilawati cabang Kota Batu.


Kolaborasi ini dilakukan guna menguatkan program unggulan sekolah ini. Pengajar hanya akan mengajar satu jilid saja sehingga pembelajaran BTQ dan kelas tahfidz akan lebih fokus dan efektif.


Untuk mensukseskan salah satu program unggulan ini tentunya perlu ada kerja sama antar guru MI Bustanul Ulum dan tim tilawati cabang Kota Batu agar memberikan upaya yang maksimal dalam penerapanya.




Editor : Arjuna H T M



Menguatkan Program BTQ Metode Tilawati dan Kelas Tahfidz Sebagai Salah Satu Program Unggulan Sekolah

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Menguatkan Program BTQ Metode Tilawati dan Kelas Tahfidz Sebagai Salah Satu Program Unggulan Sekolah

Iklan