terkini

Iklan Film

film

Diskusi Publik Unimerz Prodi Pendidikan Sosiologi Kumpas Tuntas Mengenai Demokratis Politik

Yoseva
Kamis, 11/23/2023 06:41:00 PM WIB Last Updated 2023-12-19T17:36:28Z
Gambar : Diskusi Publik Unimerz Prodi Pendidikan Sosiologi Kumpas Tuntas Mengenai Demokratis Politik. Lidinews.id


Sulawesi Selatan, Makassar, Lidinews.id - Diskusi Publik yang diadakan oleh, Universitas Mega Rezky, Prodi Pendidikan Sosiologi dengan tema realitas demokratis saat ini dalam prespektif sosiologi politik, terlaksana di Saoraja Cafe Baruga Antang, Selasa, 21 November 2023.

Kegiatan ini di support oleh persatuan mahasiswa pendidikan sosiologi (PMPS) Universitas MegaRezky.

"Mampu memberikan edukasi tentang politik bagi generasi muda khususnya di kalangan mahasiswa," ungkap Dr. Hasruddin Nur, S. Pd. M. Pd. 

Selain itu pula, kegiatan ini mampu memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa sebuah kebijakan yang akan terjadi kedepannya khususnya di sektor pendidikan," lanjutnya.

"Akan di tentukan oleh arah politik kedepannya. Maka dari itu, pemuda harus melek politik. kata Dr. Hasruddin Nur. S. Pd, M. Pd.

Dr. Hasruddin Nur, S. Pd., M. Pd beliau seorang Akademisi Universitas Sawerigading Makassar, Kajian keilmuan diruang lingkup Sosiologi Politik dan Meneliti Tentang Gerakan Sosial Kemenangan Kotak Kosong di Kota Makassar. 

Nilai-nilai positif dalam diskusi publik tentang demokrasi dapat mencakup partisipasi aktif warga, pluralisme, kesetaraan, kebebasan berekspresi, serta penghormatan terhadap hak asasi manusia. kata Hasanuddin Kasim, S. Pd, M. Pd (dosen S1 Pendidikan Sosiologi Unimerz.

Dalam perspektif sosiologi politik, pengamatan terhadap dinamika kekuasaan, distribusi sumber daya, serta keterlibatan masyarakat dalam pengambilan keputusan juga menjadi aspek penting yang tercermin dalam diskusi tersebut," lanjutnya. 

Selanjutnya dalam perspektif sosiologi politik juga mencakup pentingnya pengawasan terhadap kekuasaan, perlindungan terhadap minoritas, keadilan sosial.

Dan tanggung jawab kolektif dalam menciptakan masyarakat yang inklusif dan berkeadilan, serta dinamika sosial dalam membentuk, memengaruhi, atau bahkan mengganggu proses demokrasi dalam masyarakat.

Khususnya Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Megarezky, dari diskusi ini bisa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang struktur sosial.

Dinamika politik, dan keterkaitan antara kekuasaan dengan masyarakat melalui pembelajaran tentang demokrasi dalam perspektif sosiologi politik. Mereka juga dapat mengembangkan keterampilan analitis, kritis, serta kemampuan untuk mengkaji isu-isu sosial dan politik yang relevan dalam konteks demokrasi. 

Hal ini memberi mereka landasan yang kuat untuk terlibat aktif dalam proses pembentukan masyarakat yang lebih inklusif, adil, dan demokratis kedepannya," tutupnya.





Kontributor : Ibrahim
Editor : Arjuna H T M




Diskusi Publik Unimerz Prodi Pendidikan Sosiologi Kumpas Tuntas Mengenai Demokratis Politik
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Diskusi Publik Unimerz Prodi Pendidikan Sosiologi Kumpas Tuntas Mengenai Demokratis Politik

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo