terkini

Iklan Podcast

Hasan Basri: Hari Pahlawan, Panggilan Untuk Memaknai Perjuangan Pahlawan

Lidinews
Jumat, 11/10/2023 10:31:00 PM WIB Last Updated 2023-11-10T15:31:06Z

Gambar : Hasan Basri: Hari Pahlawan, Panggilan Untuk Memaknai Perjuangan Pahlawan. Lidinews.id


Jawa Timur, Bangkalan, Lidinews.id - Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional. Peringatan ini untuk mengenang pahlawan-pahlawan yang telah berperan besar dalam merebut kemerdekaan dan membangun fondasi negara ini.


Ketua Bidang Politik dan Advokasi DPC GMNI Bangkalan, Hasan Basri mengatakan peringatan ini merupakan sebuah kebangkitan bagi masyarakat Indonesia, karena sejarah mencatat keberanian dan pengorbanan para pahlawan kita demi kemerdekaan negara.


“Ini bukan sekadar ritual, tapi tentu sesuatu yang lebih sakral. Negara yang besar ini tidak boleh melupakan sejarah perjuangannya,” ujarnya, jum’at (10/11/23).


Di samping itu, Hari Pahlawan merupakan puncak penghormatan dan rasa syukur kepada para pahlawan, yang telah berjuang dengan gigih dan mengorbankan nyawa demi kemerdekaan Indonesia.


“Momen ini tak hanya menjadi pengakuan atas pengorbanan mereka, namun juga memiliki beragam makna mendalam bagi bangsa Indonesia. Pentingnya menghormati pahlawan menjadi inti dalam memperingati Hari Pahlawan ini. Masyarakat Indonesia menyadari bahwa hal-hal tersebut merupakan tonggak sejarah yang telah membangun fondasi negara ini dengan darah dan keringat. Pengorbanan mereka yang tanpa pamrih melindungi hak atas kebebasan dan kedaulatan,” jelasnya.


Hasan Basri, juga menyampaikan Hari Pahlawan menjadi panggung untuk mengeksplorasi kisah pertempuran yang luar biasa dan memperkuat ikatan emosional generasi bangsa dengan sejarah bangsa yang heroik,” ungkapnya.


Selain itu, ia juga menambahkan Hari Pahlawan juga menyajikan pembelajaran berharga dari lembaran sejarah, tanggal 10 November dipilih untuk melambangkan perlawanan sengit yaitu tahun 1945. Pertempuran ini mencatat semangat perjuangan dan pengabdian yang mengakar dalam sejarah Indonesia.


“Dengan memperingati Hari Pahlawan, nilai-nilai keberanian, pengorbanan dan cinta tanah air menjadi warisan berharga bagi generasi muda. Semangat nasionalisme dan cinta tanah air, juga menjadi salah satu aspek penting dalam memperingati Hari Pahlawan,” ujarnya.


Lanjut itu, ia juga berharap momen ini mengajarkan untuk tidak pernah melupakan akar sejarah, menganut nilai-nilai keberanian, dan selalu berupaya mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia.


“Mari kita sambut Hari Pahlawan dengan penuh semangat, hargai prestasi para pahlawan kita, dan bersinergi membangun masa depan yang lebih baik bagi tanah air kita tercinta, Indonesia,” pungkasnya.




Editor : Arjuna H T M




Hasan Basri: Hari Pahlawan, Panggilan Untuk Memaknai Perjuangan Pahlawan

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hasan Basri: Hari Pahlawan, Panggilan Untuk Memaknai Perjuangan Pahlawan

Iklan