terkini

Iklan Podcast

PT. Pama Persada Nusantara Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan, Sasar Ratusan Generasi Z dari 7 Sekolah

Lidinews
Rabu, 11/15/2023 12:49:00 AM WIB Last Updated 2023-11-14T17:49:07Z

Gambar : PT. Pama Persada Nusantara Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan, Sasar Ratusan Generasi Z dari 7 Sekolah. Lidinews.id

Kalimantan Timur, Kutai Timur, Lidinews.id - Sebanyak 105 generasi Z dari 7 sekolah setingkat SLTA di Kutim menjadi peserta dalam kegiatan seminar wawasan kebangsaan yang digelar oleh PT. Pama Persada Nusantara Site KPC.


Dalam kegiatan yang dilangsungkan di Kantor BPU Kecamatan Sangatta Selatan tersebut, ratusan peserta yang hadir tak hanya mendapatkan materi namun juga diberi kesempatan untuk berdiskusi, tanya jawab hingga presentasi atas tema yang diberikan. 


Dikonfirmasi terkait kegiatan yang melibatkan Kesbangpol Kutim, Kodim 0909/Kutai Timur dan Kecamatan Sangatta Selatan tersebut, management PT. Pama Persada Nusantara melalui media menyampaikan, bahwa kegiatan seminar yang diikuti oleh 7 sekolah selain dilaksanakan guna memperingati Hari Pahlawan yang diperingati kemarin.


Juga untuk meningkatkan pemahaman generasi muda akan pentingnya wawasan kebangsaan yang diantara tujuan utamanya adalah meningkatkan rasa cinta tanah air, semangat bela negara. 


Melalui wawasan kebangsaan ini juga, lanjutnya, diharapkan dapat memperkuat paham kebangsaan para generasi muda yang saat ini tengah diterpa dengan tekhnologi dan informasi yang deras.


Serta dibarengi dengan berbagai kebudayaan dari luar yang belum tentu sesuai dengan kebudayaan bangsa Indonesia. 


"Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan generasi muda terkait wawasan kebangsaan. Penanaman wawasan kebangsaan semenjak dini perlu untuk ditingkatkan. Ideologi Pancasila juga harus terus didengungkan sebagai filter atas keterbukaan informasi saat ini. Terutama bagi generasi muda yang merupakan generasi penerus dan tulang punggung bangsa kedepannya. Sehingga nilai luhur Pancasila serta patriotisme tetap terjaga," ucapnya.


Dalam kegiatan itu juga, imbuhnya, peserta selain diberi materi terkait wawasan kebangsaan yang menjadi tema utama dengan narasumber dari Kodim 0909/Kutai Timur Letda Bagus Aji.


Para peserta juga didorong untuk meningkatkan dan mengembangkan karakter dengan edukasi yang efisien melalui diskusi kelompok yang digagas oleh Tim Pama Persada. 


"Selain materi utama wawasan kebangsaan yang meliputi idiologi Pancasila, pemahaman tentang NKRI dan patriotisme serta beberapa materi lainnya, peserta juga didorong untuk melakukan presentasi pasca diskusi kelompok yang dilakukan untuk melatih komunikasi, mental dan keberanian peserta," katanya.


Sebelumnya, baik Letda Bagus sebagai pemateri maupun Kaban Kesbangpol, M. Basuni serta Camat Sangatta Utara Hasdiah, mengapresiasi gelaran seminar wawasan kebangsaan yang dilaksanakan oleh PT. Pama Persada Nusantara. Mereka berharap kegiatan edukasi yang memberikan manfaat bagi generasi muda ini dapat terus dilaksanakan secara kontinue.


Sehingga para generasi muda mendapatkan edukasi yang optimal terkait wawasan kebangsaan yang menurut mereka harus ditanamkan sejak dini kepada generasi millenial. 


"Terimakasih atas kepedulian dan edukasi yang diberikan oleh PT. Pama Persada Nusantara kepada para peserta dari berbagai sekolah. Semoga hal seperti ini dapat dilaksanakan dengan kontinue kedepannya," kata Hasdiah. 


Untuk diketahui, terdapat 7 sekolah yang mengikuti seminar wawasan kebangsaan besutan PT. Pama Persada Nusantara, yaitu SMK 2 Sangatta Utara, SMK Muhammadiyah Sangatta, SMK 1 Sangatta Utara, SMK Hasanuddin, SMK Islam Nurul Hikmah, SMK Keperawatan Singa Geweh, SMAN Sangatta Selatan. Masing masing sekolah mengirimkan 15 peserta dan 1 guru pendamping.




Editor : Arjuna H T M




PT. Pama Persada Nusantara Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan, Sasar Ratusan Generasi Z dari 7 Sekolah

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PT. Pama Persada Nusantara Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan, Sasar Ratusan Generasi Z dari 7 Sekolah

Iklan