terkini

Iklan Film

Telah Diluncurkan Layanan Domain .ID Untuk Web3 Yang Sekaligus Juga Untuk Web2

Lidinews
Minggu, 11/19/2023 10:44:00 AM WIB Last Updated 2023-11-19T03:44:45Z

Gambar : Telah Diluncurkan Layanan Domain .ID Untuk Web3 Yang Sekaligus Juga Untuk Web2. Lidinews.id

Jakarta, Lidinews.id - Perusahaan Internet Service Provider generasi awal di Indonesia asal Bandung, Melsa ISP, melalui salah satu unit usahanya bidang pengelolaan nama domain internet (Name Management) bekerja sama dengan All Domains, meluncurkan layanan baru yang memungkinkan pengguna internet melakukan pendaftaran domain .ID untuk Web3 dan Web2 secara bersamaan. 


Sebagaimana sıfat dasarnya selama ini, bahwa alamat domain internet berekstensi .ID digunakan sebagai salah satu alternatif alamat internet generasi web2.


Maka tujuan dibangunnya layanan ini, salah satunya adalah untuk mempermudah pengguna demi menggunakannya sebagai alamat wallet blockchain alfanumerik dengan nama yang mudah dibaca dan diingat, mengurangi risiko mengirim dana ke alamat yang salah dan membuat Web3 lebih mudah diakses oleh semua orang.


Layanan yang tersedia di https://alldomains.id, adalah portal kolaboratif antara Melsa ISP dan pengembang blockchain, diluncurkan pada platform blockchain Solana karena kemampuannya memproses ribuan transaksi per detik dan gas fee yang sangat murah dibandingkan dengan platform blockchain lainya.


Heru Nugroho, Chief Commercial Officer (CCO) Melsa ISP, menyatakan bahwa layanan ini merupakan komitmen dari Melsa Group dalam upayanya untuk ikut serta mengembangkan industri internet di Indonesia dan mendukung pertumbuhan nama domain internet berekstensi .ID, serta selalu berupaya untuk mengadopsi teknologi baru. Dengan domain .id yang terdaftar melalui https://alldomains.id, pengguna tidak hanya dapat mengirim dan menerima kripto secepat mengirim email tetapi juga menetapkan identitas mereka di Web3.


Heru menambahkan, Pengembangan teknologi blockchain, khususnya dalam industri nama domain, telah berlangsung selama beberapa tahun. Name Management selaku salah satu Registrar terakreditasi PANDI (Registri .ID), merasa perlu untuk merealisasikan layanan ini untuk domain .ID karena keterkaitan erat teknologi blockchain dengan identitas digital. Ekstensi domain .ID diyakini akan menjadi favorit dalam industri domain Web3.


Claudiu Dorobantu, salah satu pendiri AllDomains, menyoroti pentingnya kolaborasi dengan Melsa, menandai upaya perintis untuk menjembatani kesenjangan antara nama domain tradisional dan ekosistem Web3. Kemitraan strategis ini merupakan langkah penting untuk membentuk masa depan domain, memperkenalkan peningkatan penting untuk memenuhi tuntutan lanskap digital yang terus berkembang.


Selanjutnya, diteruskan Claudiu, penggunaan blockchain Solana merupakan pilihan terbaik untuk mentokenisasi Aset Dunia Nyata atau Real World Asset (RWA), seperti domain, karena atribut luar biasanya berupa biaya rendah dan kecepatan transaksi yang unggul. Keputusan untuk bermitra dengan Melsa didorong oleh keterbukaan dan kegesitan tim mereka dalam mengadopsi teknologi baru, mencerminkan komitmen bersama terhadap inovasi. AllDomains menyatakan kepuasan besar dalam bersekutu dengan mitra yang memiliki nilai-nilai ini dan menantikan perjalanan kolaboratif yang mendorong industri domain ke era baru.


Apa itu Web3?

Web3 adalah generasi internet terbaru yang sedang dikembangkan menggunakan teknologi blockchain.

Web3 memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan berbisnis dengan pengguna lain secara langsung tanpa perantaraan pihak ketiga seperti bank atau social media. Hal ini disebabkan karena Web3 memiliki program dan tools yang tidak dikendalikan oleh satu perusahaan sehingga menjadikannya lebih demokratis dan dapat diakses oleh semua orang. 


Apa itu Solana?

Solana adalah platform blockchain yang dirancang untuk menampung aplikasi yang terdesentralisasi dan terukur. Didirikan pada tahun 2017, ini adalah proyek sumber terbuka yang saat ini dijalankan oleh Solana Foundation yang berbasis di Jenewa, sedangkan blockchainnya dibangun oleh Solana Labs yang berbasis di San Francisco

Salah satu tujuan Web3 adalah untuk menciptakan internet yang lebih adil dan berfungsi untuk semua orang, tidak hanya untuk kepentingan pihak tertentu.





Telah Diluncurkan Layanan Domain .ID Untuk Web3 Yang Sekaligus Juga Untuk Web2

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Telah Diluncurkan Layanan Domain .ID Untuk Web3 Yang Sekaligus Juga Untuk Web2

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo