terkini

Iklan Film

film

LBM PWNU Kalbar Selenggarakan Seminar Kebangsaan Dan Bahtsul Masail

Lidinews
Rabu, 12/20/2023 06:07:00 PM WIB Last Updated 2023-12-30T04:15:22Z
Gambar : LBM PWNU Kalbar Selenggarakan Seminar Kebangsaan Dan Bahtsul Masail. Lidinews.id


Kalimantan Barat, Lidinews.id - Pengurus Lembaga Bahtsul Masail (LBM) Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Barat akan menyelenggarakan dua agenda berskala nasional dan lokal.


Agenda pertama adalah Seminar Kebangsaan yang akan dihadiri oleh Dr. (C) KH. Afifuddin Muhajir dan Dr. Abd. Moqsith Ghazali. Seminar akan dilangsungkan pada Sabtu, 21 Oktober 2023 di Aula IAIN Pontianak. Peserta Seminar yang diundang berasal dari kalangan pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi, dan perwakilan Ormas.

 

LBM PWNU memandang bahwa tema kebangsaan bukan saja tetap penting dibicarakan, melainkan pula penting untuk terus menerus dibicarakan. Tema kebangsaan lebih-lebih menjadi urgen diketengahkan menjelang pilpres, pileg, dan pilkada, yang rentan terkontaminasi atau dikotori oleh isu-isu antikebangsaan. KH. Afifuddin Muhajir adalah ulama terkenal dan banyak menulis tentang kebangsaan dan relasinya dengan Islam. Salah satu karyanya berjudul Fikih Tata Negara.


Adapun Abd. Moqsith Ghazali, selain dikenal sebagai akademisi, dan mengajar di berbagai perguruan tinggi Islam, seperti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Uiversitas Paramadina Jakarta, pernah menakhodai LBM Pengurus Besar NU (PBNU). Kedua tokoh tersebut sangat layak dihadirkan dalam Seminar Kebangsaan yang bertempat di Aula IAIN Pontianak pada Sabtu nanti.

 

Agenda kedua adalah Bahtsul Masail yang juga akan dilaksanakan pada Sabtu, 21 Oktober 2023. Isu hukum Islam yang dibahas berkenaan dengan sertifikasi dan/atau labelisasi halal baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Para peserta Bahtsul Masail berasal dari Dewan Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Kalimantan Barat, perwakilan Pondok Pesantren, dan ulama. LBM PWNU memandang bahwa sertifikasi halal masih menyisakan persoalan penting, misalnya apakah sertifikasi yang dikeluarkan oleh suatu lembaga (dalam dan luar negeri) secara otomatis berlaku untuk semua atau tidak?

 

Kedua agenda tersebut juga dimaksudkan untuk me-launching LBM PWNU Kalbar. Selanjutnya, LBM PWNU akan memprogramkan sejumlah kegiatan berjangka panjang, menengah dan pendek. Tujuan utamanya ialah berkhidmat pada umat, masyarakat, bangsa dan NKRI.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • LBM PWNU Kalbar Selenggarakan Seminar Kebangsaan Dan Bahtsul Masail

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo