terkini

Iklan Film

film

KPBU PDAM Karo. Serial Diskusi Forum Pemikir Karo Belangsung Sukses

Lidinews
Kamis, 1/11/2024 10:54:00 PM WIB Last Updated 2024-01-11T16:53:51Z

Gambar : KPBU PDAM Karo. Serial Diskusi Forum Pemikir Karo Belangsung Sukses. Lidinews.id

Jakarta, Lidinews.id - Serial diskusi forum pemikir karo belangsung pada rabu, 10 Januari 2024 sejak pukul 19.00 WIB s.d Selesai. Diskusi ini bertemakan Kerjasama Pemerintahan dan Badan Usaha Sistem Penyediaan Air Minum (KPBU PDAM) Karo Menemukan Masalah dan Solusi. Diskusi via Zoom Meeting berlangsung lancar diikuti 74 orang pakar pakar orang karo seluruh dunia.


Pembukaan acara diskusi  ini dipimpin oleh Analgin Ginting, Master Trainer skaligus sebgai moderator, mengingatkan peserta diskusi untuk dapat bersatu di grup ini untuk menyumbangkan saran dan pemikiran untuk membangun Karo.


Gambar : KPBU PDAM Karo. Serial Diskusi Forum Pemikir Karo Belangsung Sukses. Lidinews.id


Setelah diskusi dibuka oleh Roy Fachrabi Ginting, selaku Inisiator Forum Pemikir Karo, diskusi ini disambut baik oleh Bupati Kabupaten Karo, Cory S Sebayang. Selain itu, Bupati Karo juga terus mengikuti zoom sampai selesai lebih kurang tiga jam.  Bupati berkomitmen untuk menuntaskan masalah air bersih 2030.


Jusup Sukatendel, selaku Dir. PDAM Tirtamalem mempresentasikan kemajuan yang sudah dia buat sejak 2022. Jusup menyatakan bahwa, “Masukan-masukan yang diberikan pada zoom meeting ini akan memperkaya informasi dalam peroses perancangan  KPBU SPAM (Kerjasama Pemerintahan dan Badan Usaha Sistem Penyediaan Air Minum) Karo yang sedang masuk pada tahap PDF. Masukan efisiensi energy, tanggap bencana dan memperhatikan keberlanjutan lingkungan, sejalan dengan prinsip menjalankan KPBU sesuai arahan Kemenkeu,” ucap Jusup Sukatendel kepada Tim Jurnalis Lidinews.

Gambar : KPBU PDAM Karo. Serial Diskusi Forum Pemikir Karo Belangsung Sukses. Lidinews.id

Anton Tarigan, Kementrian Keuangan RI Membawa program Kemenkeu ke Karo Program KPBU. Pada penyampaiannya, Anton menyatakan perlunya melihat peluang dan tantangan.

 

“Pengadaan air di Tanah Karo cukup baik dan mencukupi. Pemerintah pusat tetap mendukung yang dilaksanakan Pemda (Pemerintah Daerah). Maka koordinasi Pemda dan pemerintahan pusat harus dikawal ketat. Yang perlu dipikirkan kalau diserahkan ke pihak swasta jangan sempat ada yang tidak kebagian air. Kita juga harus melihat Sebagai peluang dan tantangannya,” ujarnya.

 

Gambar : KPBU PDAM Karo. Serial Diskusi Forum Pemikir Karo Belangsung Sukses. Lidinews.id


Ahli Struktur Air, Asman Sembiring juga memberi paparan dalam diskusi ini, Asman memaparkan urgensi dan potensi Air Bersih di Tanah Karo, bahwa, “masalah yang berhubungan dengan Air adalah Masalah Keuangan, Masalah Sosial, dan Masalah Sumber Air,” katanya.

 

“Harus ada master plan untuk mengelola hutan dan DAS supaya daya retensi air tetap bisa dipertahankan. Semua pemaparan dan pendapat kita bagus dan hal yang urgent air di Tanah Karo sudah mendesak, krisis air sudah lama, dan belum tertuntaskan apa yang menjadi permasalahanya,” sambungya dengan lebih menekankan kepada suluruh peserta diskusi.


Gambar : KPBU PDAM Karo. Serial Diskusi Forum Pemikir Karo Belangsung Sukses. Lidinews.id


Jonathan Tarigan seorang Geologist menyatakan, “Ketersediaan air di Tanah Karo, banyak mata air di tanah karo air di sekitar gunung vulkani juga dari deleng Sibuaten”.

 

Prof Sukaria Sinulingga seorang Cendikiawan Lebih mendukung konsep Embung. “Potensi air di Tanah Karo sangat bagus dan itu adalah perimer buktinya masyarakat membeli air dengan sangat mahal. Di Jakarta pernah kemarau 7 Bulan tetapi mereka tidak pernah kekurangan air, maka perlu sistem jaringan air di perbaiki, sehingga tidak ada lagi air yang hilang,”

 

Budi Derita Sinulingga, Mantan Bappeda Sumatera Utara menyatakan, bahwa "Perlu keberanian bupati untuk menuntaskan persoalan ini sebagai nande pasti bisa, dan bantuan dari pemerintah makanya kepada Anton Tariganselalu konsultasi dan lindungi Jusup Sukatendel dalam tugasnya dan bekerjalah secara maksimal," ujarnya pada diskusi tersebut.

 

Selain itu Motivator Level 5, Analgin Ginting ini juga menyatakan pandangannya terhadap pertemuan online Serial Diskusi Forum Pemikir Karo.


Gambar : KPBU PDAM Karo. Serial Diskusi Forum Pemikir Karo Belangsung Sukses. Lidinews.id


“Sebagai masyarakat saya juga sangat sangat mengharapakan agar masalah air bersih ini tertangani dengan baik, sehingga ada makna pemerintah bagi masyarakat Kabupaten Karo.  karena semua kita punya, sumber air kita berlimpah, pengurus tirta malem nya professional dan dedikasi, pakar pakar yang mengerti air dari kalangan orang karo begitu banyak.  Mereka sukdah sukses mengatasi masalah air di banyak tempat.  Jadi heran juga kalau di karo tetap ada masalah air,” ucapnya kepada Tim Lidinews.

 

Selain dari Jusup Sukatendel, Anton Tarigan, Asman Sembiring, Jonathan Tarigan, sebagai pemateri. Diskusi ini juga semakin serius dan berkualitas, sebab Notulen Pdt Peken Pardis Br Ginting dan Benson Kaban, derta dimoderatori oleh Master Trainer.

Benson Kaban menyatakan, "Group  Forum Pemikir Karo ini terus berkesinambugan dengan harapan satu pertemuan zoom meeting bisa menyelesaikan persoalan, minimal memberikan solusi. Ini merupakan runggu zaman now," singkat Benson Kaban.


Saat penutupan, Roy fachrabi, Pemrakarsa Serial Diskusi Forum Pemikir Karo yang berkecimpung dalam dunia pendidikan sebagai Dosen Ilmu Budaya dan Sosial USU mengatakan, “acara zoom malam ini harus dilanjutkan, supaya Bupati Karo segera membetuk Tim Ad Hoc untuk menindak lanjuti acara ini,” katanya.




Editor : Arjuna H T M


KPBU PDAM Karo. Serial Diskusi Forum Pemikir Karo Belangsung Sukses

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KPBU PDAM Karo. Serial Diskusi Forum Pemikir Karo Belangsung Sukses

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo