terkini

Iklan Film

film

Mahasiswa HI UMM Berhasil Menginspirasi Masyarakat Desa Beji dalam Pengelolaan Sampah

Lidinews
Jumat, 1/19/2024 03:21:00 PM WIB Last Updated 2024-01-19T08:21:23Z
Gambar : Mahasiswa HI UMM Berhasil Menginspirasi Masyarakat Desa Beji dalam Pengelolaan Sampah. Lidinews.id


Jawa Timur, Malang, Lidinews.id - Dalam sebuah upaya luar biasa untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat, mahasiswa jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang telah sukses menggelar mata kuliah gerakan sosial yang berfokus pada pengelolaan sampah di Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. 


Dibimbing oleh dosen pembimbing terhormat, Ruli Inayah Ramadhoan, S.Sos, M.Si., dan mendapat dukungan positif dari kepala desa setempat, Deny Cahyono, keberhasilan ini merupakan tonggak sejarah dalam inisiatif kampus yang berorientasi pada pengabdian masyarakat. 


Mahasiswa Hubungan Internasional ini menjalankan proyek yang mengubah pandangan masyarakat terhadap sampah menjadi sumber daya bernilai tinggi. Dengan mengadopsi prinsip-prinsip pengelolaan sampah yang berkelanjutan, mereka mengajak warga Desa Beji untuk turut berpartisipasi dalam pembuatan Eco Enzyme dari limbah organik. 


Hasilnya tidak hanya berupa lingkungan yang lebih bersih dan sehat, tetapi juga menghasilkan sabun ramah lingkungan yang dapat digunakan oleh masyarakat. Deny Cahyono, Kepala Desa Beji, memberikan apresiasi tinggi terhadap upaya kolaboratif antara mahasiswa dan masyarakat. 


Ia menyatakan, "Inisiatif dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang ini tidak hanya menciptakan perubahan nyata dalam pengelolaan sampah di desa kami, tetapi juga memberikan pelajaran berharga tentang keberlanjutan dan kepedulian lingkungan. Kami berterima kasih atas kontribusi positif mereka".


Dosen pembimbing, Ruli Inayah Ramadhoan, S.Sos, M.Si., mengungkapkan kebanggaannya terhadap prestasi mahasiswa di bawah bimbingannya. 


"Mereka bukan hanya belajar di dalam kelas, tetapi juga menerapkan pengetahuan mereka untuk memecahkan masalah nyata dalam masyarakat. Ini adalah contoh nyata dari bagaimana pendidikan dapat menjadi kekuatan perubahan yang positif," ucapnya. 


Hal ini mencerminkan semangat inovatif dan kreatif mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang dalam mengatasi tantangan lingkungan. Diharapkan, keberhasilan mereka dapat menginspirasi komunitas lain untuk mengadopsi praktik-praktik berkelanjutan demi menjaga keberlanjutan bumi kita bersama. 


Dalam sebuah upaya untuk mendorong pengelolaan sampah yang berkelanjutan, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang merangkul masyarakat Desa Beji dengan harapan agar praktik ini dapat menjadi sumber inovasi yang tak terbatas. 


Pengelolaan sampah yang berkelanjutan diharapkan dapat menciptakan perubahan positif dan membawa dampak positif bagi lingkungan. Mahasiswa aktif terlibat dalam berbagai kegiatan penelitian dan pengembangan di Desa Beji untuk menggali potensi inovasi dari pengelolaan sampah. Mereka memiliki keyakinan bahwa keterlibatan masyarakat dapat menjadi kunci utama menuju lingkungan yang bersih dan berkelanjutan.


Ketua PKK Desa Beji, Ibu Tri Andriyani, menyambut baik kolaborasi ini dan memberikan komentar positif terkait semangat mahasiswa untuk mendorong pengelolaan sampah yang lebih baik. 


Gambar : Mahasiswa HI UMM Berhasil Menginspirasi Masyarakat Desa Beji dalam Pengelolaan Sampah. Lidinews.id


"Kami sangat mengapresiasi upaya para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang peduli terhadap keberlanjutan lingkungan. Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat menciptakan inovasi baru dalam pengelolaan sampah di Desa Beji," ungkap Ibu Tri Andriyani.


Dalam wawancaranya, Ibu Tri Andriyani menegaskan bahwa inisiatif mahasiswa tersebut akan menjadi langkah positif untuk mencapai target desa dalam pengelolaan sampah yang lebih efisien dan ramah lingkungan. 


"Kami yakin, dengan dukungan masyarakat dan semangat para mahasiswa, Desa Beji akan menjadi contoh dalam pengelolaan sampah yang sukses dan berkelanjutan," tambahnya.


Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang berharap bahwa upaya ini bukan hanya sekadar proyek sementara, tetapi akan memberikan dampak positif jangka panjang bagi Desa Beji dan lingkungannya. 


Dengan inovasi yang terus berkembang, mereka percaya bahwa pengelolaan sampah yang berkelanjutan dapat menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat, menciptakan lingkungan yang bersih, hijau, dan berkelanjutan untuk generasi mendatang.




Editor : Arjuna H T M




Mahasiswa HI UMM Berhasil Menginspirasi Masyarakat Desa Beji dalam Pengelolaan Sampah

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa HI UMM Berhasil Menginspirasi Masyarakat Desa Beji dalam Pengelolaan Sampah

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo