terkini

Iklan

film

PT Pama Gandeng Puskesmas Teluk Lingga Gelar Pelatihan Kader Posyandu Balita

Lidinews
Selasa, 1/23/2024 03:21:00 AM WIB Last Updated 2024-01-22T20:24:43Z
Gambar : PT Pama Gandeng Puskesmas Teluk Lingga Gelar Pelatihan Kader Posyandu Balita. Lidinews.id


Kalimantan Timur, Kutai Timur, Bengalon, Lidinews.id - Puluhan kader Posyandu Se-Desa Muara Bengalon mengikuti Pelatihan Kapasitas Kader dalam Mengelola Posyandu di Balai Desa Muara Bengalon, Kecamatan Bengalon, Kamis (11/01/2024).

CSR PT Pamapersada Nusantara Area Kutai Timur, Wan Zul Eflaini mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan peningkatan keterampilan kader dalam memperbaiki pelayanan Posyandu tahun 2024. 

"Para kader Posyandu ini merupakan 3 Posyandu yang ada di Desa Muara Bengalon yakni Posyandu Suplir, Mutiara Indah dan Rawa Indah," kata Wan Zul sapaan akrabnya.

Dirinya menambahkan, kegiatan posyandu merupakan kerja sosial yang mengutamakan keikhlasan pelayanan dan pengabdian untuk masyarakat di Desa Muara Bengalon terlebih khusus ibu hamil  & balita.

"Kader posyandu harus kerja sosial dan mengutamakan keihlasan pelayanan dan pengabdian untuk ibu hamil & balita," ucapnya.

Ditempat yang sama, Perwakilan Puskesmas Teluk Lingga Riska menyampaikan kegiatan pelatihan kader ini penting karena kader harus mengetahui cara mengelola posyandu yang benar dan efisien.

Pengelolaan posyandu adalah pengelolaan berupa administrasi & teknis yang di susun secara sistematis mulai dari perencanaan hingga eksekusi dalam hal pelayanan kesehatan.

Pelatihan kader posyandu harus dimulai dari keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh semua kader.

Keterampilan dasar yang dimaksud ada 25 keterampilan dan terbagi menjadi 5 jenis keterampilan antara lain keterampilan pengelolaan posyandu, keterampilan bayi & balita, keterampilan ibu hamil menyusui, keterampilan usia remaja & keterampilan usia lansia.

Lebih lanjut, pada pengelolaan posyandu terdapat perencanaan, pelaksanaan, pencatatan & pelaporan serta peran kader posyandu yang harus dipahami oleh semua kader.

Pada Keterampilan bayi & balita para kader posyandu harus dapat menjelaskan penggunaan buku KIA bagian balita, melakukan penyuluhan ASI eksklusif, melakukan penimbangan maupun pengukuran, menjelaskan stimulasi vitamin, menjelaskan layanan imunisasi dan dapat menjelaskan bahaya pada balita & anak.


















Editor : Arjuna H T M





PT Pama Gandeng Puskesmas Teluk Lingga Gelar Pelatihan Kader Posyandu Balita
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PT Pama Gandeng Puskesmas Teluk Lingga Gelar Pelatihan Kader Posyandu Balita

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo