terkini

Iklan Film

Dies Natalis GMNI Ke 70 Dalam Gempuran Zaman

Lidinews
Sabtu, 3/23/2024 07:13:00 PM WIB Last Updated 2024-03-23T12:13:51Z
Gambar : Dies Natalis GMNI Ke 70 Dalam Gempuran Zaman. Lidinews.id


Lidinews.id - Sepanjang sejarah pergerakan mahasiswa Indonesia pasca-kemerdekaan, GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia telah menjadi salah satu aktor besar yang tidak mungkin luput dalam diskursus.


Sejak berdirinya pada tahun 1954, GMNI menjadi bagian dari kaum Nasionalis yang berkuasa sepanjang Orde Lama. Menjunjung tinggi cita-cita Marhaenisme dan pemikiran Bung Karno, organisasi mahasiswa ini didukung langsung oleh sang Putra Fajar.


Organisasi ekstra kampus membekali mahasiswa dengan kerangka berpikir ideologi. organisasi ekstra kampus mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan mahasiswa dan menjadi ruang yang luas bagi mahasiswa interdisipliner ilmu.


Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia adalah organisasi mahasiswa ekstra kampus yang memberikan pendidikan politik dan ideologi dalam kerangka berpikir kebangsaan Indonesia.


GMNI banyak berbicara dan berdialektika tentang Pancasila, Marhaenisme, multikulturalisme, ide-ide Soekarno sebagai Pemimpin Besar Revolusi Indonesia, dan lain sebagainya yang semakin meningkatkan kesadaran politik mahasiswa.


GMNI sebagai organisasi juga mencoba membantu mengembangkan kapasitas mahasiswa baik dalam bidang akademis dan non akademis.


Artinya, GMNI organisasi ekstra kampus  menjadi ruang edukasi baik politik dan non politik bagi mahasiswa dengan berdasar ideologi Marhaenisme is Pancasila.


Bagi sebagian pihak, GMNI dianggap underbow dengan partai politik tertentu dan lain sebagainya. Padahal sejak tahun 1976 Pengukuhan Kembali Indenpendensi GMNI serta persatuan, kesatuan dan sekaligus konsilidasi organisasi, GMNI menjadi organisasi independen yang secara struktural tidak memiliki hubungan atau berafiliasi dengan partai manapun. 


"Setiap tahun nya tepat pada 23 Maret bertambah usianya, GMNI sudah berusia 70 Tahun ini tetap eksis dalam menghadapi gempuran zaman, dari Orde Lama, Orde Baru dan Reformasi sampai saat ini, sosok menjadi inspirasi bagi anak muda yang memiliki semangat api yang berkorban dalam jiwa nasionalisme ala Indonesia, Menjadikan sosialisme Indonesia yang otomatis berhadapan langsung dengan kapitalisme, Bersatulah segera Marhaen pasti menang," ucapnya Bung Pandi.




Editor : Arjuna H T Munthe




Dies Natalis GMNI Ke 70 Dalam Gempuran Zaman

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dies Natalis GMNI Ke 70 Dalam Gempuran Zaman

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo