terkini

Iklan Film

film

Gelar Seminar Pendidikan, Mahasiswa KKLP STKIP YPUP Makassar wujudkan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya

Lidinews
Rabu, 2/12/2020 04:01:00 PM WIB Last Updated 2023-02-11T03:57:01Z


Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yayasan Pendidikan Ujung Pandang (YPUP) menggelar kegiatan Seminar Pendidikan, Selasa (11/02/2020).Pukul 10.00 Wita.

Kegiatan seminar pendidikan dengan 
tema Membangun Pendidikan Berkarakter Berbasis Budaya Dalam Mencetak Generasi Emas Bangsa Indonesia yang bertempat di Balai Desa Dulitukan, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Peserta yang hadir dalam kegiatan Seminar Pendidikan berjumlah 60 orang yang masing-masing perwakilan dari  Pemerintah Desa, Perwakilan Camat, Siswa SMANSA Ile Ape, SMPN 2 Ile Ape, Tokoh Pemuda, Tokoh masyarakat, Perwakilan Guru SMANSA , Guru SMP, Guru SD dan Masyarakat Desa Dulitukan.

Kegiatan ini salah satu bagian Program Kerja (Proker)  mahasiswa KKLP STKIP YPUP Makassar  di Desa Dulitukan dalam membangun pendidikan berkarakter yang berbasis budaya.

Aloysius Aba, S.Pd, Kepala sekolah SMANSA Ile Ape  selaku pembicara pertama  dalam kegiatan Seminar Pendidikan mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKLP karena sudah mengundang untuk menjadi pembicara dalam kegiatan seminar pendidikan. 

" Pendidikan karakter sangat penting di era globalisasi dalam mencetak generasi emas  Bangsa Indonesia," ujar Alo selaku pembicara.

Lanjutnya, Saat ini sudah terjadi pergeseran nilai-nilai budaya, maka perlu ada pengawasan dari orangtua dalam pengembangan karakter pendidikan anak, karena waktu anak-anak sepenuhnya ada bersama keluarga dan pendidikan dasar pertama ada di keluarga. 

Kepala Desa Dulitukan, Wilem Waleng Langoday, selaku pembicara kedua menyampaikan perlu ada Perdes yang mengatur terkait pengembangan pendidikan karakter yang berbasis budaya, agar nilai-nilai budaya tetap terjaga.

"Perlu sinergitas antara Pemerintah Desa, Sekolah dan Masyarakat dalam pengawasan anak- anak agar tidak mudah  terpengaruh dalam hal yang bersifat negatif," ujar Wilem selaku pembicara.

Kutipan moderator, Kerlinger Lallo,
"Filosofi yang diajarkan di sekolah pada satu generasi akan menjadi filosofi dari pemerintah yang ada pada generasi berikutnya," tutupnya.


Kontributor : Bung Gie

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gelar Seminar Pendidikan, Mahasiswa KKLP STKIP YPUP Makassar wujudkan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo