terkini

Iklan

film

Ini Dia Tips Menjadi Wartawan Pemula Yang Paling Mudah

Lidinews
Rabu, 2/12/2020 05:05:00 PM WIB Last Updated 2023-09-15T04:35:58Z


Lidinews.id, Sumenep - Menjadi seorang wartawan adalah profesi yang menguntungkan karena selain mendapatkan penghasilan juga memiliki kesempatan belajar lebih besar. Salah satunya adalah belajar meningkatkan bakat diri sebagai penulis dan pembaca yang baik. 

Karena ketika sudah bekerja sebagai jurnalis maka ada tuntutan untuk terus menulis berita sesuai deadline dari media yang menaunginya. Sedangkan aktifitas membaca juga perlu dihadirkan semata untuk mengasah kemampuan menganalisis berita sekaligus meningkatkan bobot dari tulisan yang dibuat. 

Terkait hal tersebut tentu menjadi jurnalis tidak hanya menguntungkan tetapi juga mengasyikkan. Sayangnya tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menjadi wartawan yang baik. Oleh sebab itu, berikut ini akan dijelaskan tips menjadi jurnalis khusus pemula yang menurut kami termudah. Ini dia penjelasannya:

1. Menulis Berbagai Macam Niche Tulisan
Tips yang pertama adalah rajin menulis berbagai macam niche tulisan. Aktifitas ini harus terus dilakukan sekalipun tidak sedang dalam kondisi bekerja atau sedang ada waktu luang di sela-sela mencari berita. 

Rutinitas ini jika dilakukan dengan baik akan lebih mematangkan kemampuan diri dalam soal tulis menulis. Selain itu juga untuk berjaga-jaga jika sekali waktu ada bahan tulisan yang harus digarap tetapi niche atau temanya keluar dari yang selama ini dituliskan. 

2. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi
Seorang jurnalis yang baik tidak hanya dituntut untuk memiliki bakat menulis yang baik. Tetapi juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang mumpuni supaya tidak kagok ketika melakukan wawancara atau dialog dengan nara sumber. 

Dengan komunikasi yang baik wartawan akan lebih mudah mendapatkan data dan fakta terkait berita yang akan digarap. Sehingga nantinya data tersebut tinggal dituangkan saja ke dalam tulisan lalu disebarkan ke khalayak ramai.

3. Banyak Membaca
Seorang jurnalis harus banyak membaca jika ingin tulisannya tetap berkualitas. Karena dengan aktivitas tersebut perbendaharaan kata di otak semakin banyak sehingga tidak akan kekurangan kata dan kalimat yang akan dituliskan. 

Semakin banyak membaca semakin bertambah pula kosakata baru yang dikenal. Sebaliknya jika jurnalis kurang baca biasanya kalimat-kalimat yang digunakan monoton yang berefek pada malasnya orang untuk membaca tulisannya. 

4. Membaca Berita Sebelum Menulis Berita
Membaca berita sebelum menulis berita maksudnya adalah sering-seringlah membaca berita di media massa maupun di media online yang banyak di internet. Jika sudah menemukan ciri khas dari gaya penulisan berita baru mulai menulis dengan mencontoh gaya tersebut. 

Hal ini dilakukan semata untuk menghindari terjadinya kerancuan pemberitaan. Salah satunya adalah ingin menulis berita viral yang ada malah menulis artikel opini. 

5. Rajin Mengirim Naskah Tulisan Ke Media 
Tips yang terakhir adalah mengirimkan naskah tulisan ke media untuk mengukur apakah tulisan yang dibuat memang berkualitas atau tidak. Jika dimuat berarti Anda memang memiliki kemampuan menulis yang bagus. 

Tetapi jika tidak dimuat maka jangan berkecil hati. Melainkan tetap menulis dengan tema berbeda sembari terus belajar menjadi jurnalis yang bermutu. 

Itulah beberapa tips bagi jurnalis pemula yang bisa dicoba untuk meningkatkan kemampuan menulis dan mencari berita. Jika ini sudah dikuasai maka pekerjaan menjadi wartawan akan menjadi profesi yang amat menyenangkan.




Kontributor : Ags



Ini Dia Tips Menjadi Wartawan Pemula Yang Paling Mudah
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ini Dia Tips Menjadi Wartawan Pemula Yang Paling Mudah

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo