terkini

Iklan Film

Pemkab Purwakarta Alokasikan Anggaran Rp 18 Miliar Bagi Warga Terdampak Covid - 19

Lidinews
Jumat, 4/03/2020 01:01:00 AM WIB Last Updated 2023-02-11T03:45:56Z

Jabar, Purwakarta, lidinews.com - Kamis, 2 April 2020. Sebagai  bagian dari upaya untuk menanggulangi masalah sosial ekonomi masyarakat selama tiga bulan ke depan dari April, Mei, dan Juni 2020, dalam situasi tanggap darurat covid-19 Pemkab Purwakarta telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 18 miliar yang siap untuk dikucurkan.

Hal ini disampaikan Bupati Purwakarta, Hj Anne Ratna Mustika di Gedung Bale Nagri Pemkab, Kamis (02/04/2020).

Bupati Anne menyampaikan, perekonomian masyarakat di Purwakarta pasti mengalami kelesuan pasca mewabahnya virus corona.  Apalagi bagi masyarakat yang rawan miskin dan tak punya penghasilan tetap.

"Oleh sebab itu  kami masih menginventarisasi data penerima bantuan tersebut,” tutur Bupati Anne.

Anne juga menjelaskan, terkait teknis penyaluran bantuan masalah sosial ini tidak berupa bantuan sembako. Melainkan uang tunai yang akan dikirim ke rumah masing-masing oleh petugas yang telah disiapkan pemkab.

Setiap kepala keluarga penerima mendapat bantuan Rp 300 ribu per bulannya. Bantuan ini, akan diberikan selama tiga bulan terhitung mulai April sampai Juni dan kemungkinan pada pekan ketiga bantuan ini bisa didistribusikan bantuannya.

Bupati Anne juga mengungkapkan, terkait bentuk bantuan kenapa tidak berupa bahan kebutuhan pokok Bupati punya alasan supaya roda perekonomian masyarakat bisa tetap berputar meski dalam situasi seperti sekarang dengan uang tunai.

"Dengan bantuan ini nanti si penerima bisa belanja di warung terdekat rumahnya sehingga masih ada perputaran uang di lingkungan mereka jadi uang di kita tidak keluar Purwakarta minimalnya para pedagang kecil masih ada yang beli lumayan setiap bulan selama tiga bulan kedepan," ungkap Bupati.

Bupati yang sering disapa Ambu Anne ini juga memaparkan, sebenarnya anggaran yang disediakan Pemkab Purwakarta belum bisa menutupi seluruh penerima bantuan, pasalnya data jumlah KK yang berhak menerima bantuan sekitar 33 ribu KK. Dengan rincian, 9.000 KK miskin diluar penerima PKH dan BPNT, serta 24 ribu KK kategori rawan miskin.

"Data ini pun belum termasuk pedagang kecil dan buruh harian, sedangkan anggaran kami terbatas hanya bisa menanggulangi 20 ribu KK saja untuk sisanya kami berharap bantuan dari Pemprov Jabar,” ujar Ambu Anne.

Terakhir Ambu Anne berharap masyarakat bersabar karena sampai saat ini pihaknya bersama Pemprov Jabar masih melakukan validasi data penerima bantuan agar tak terjadi tumpang tindih penerima atau ada penerima yang double mendapat bantuan.

"Semoga nantinya bantuan ini bermanfaat bagi warga Purwakarta yang terdampak Covid - 19,” pungkas Ambu Anne.Reporter.


Laporan: Che

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Purwakarta Alokasikan Anggaran Rp 18 Miliar Bagi Warga Terdampak Covid - 19

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo