terkini

Iklan Film

Mengenal Lebih Dekat Madrasah Sayyidah Aisyah RA di Negeri Yaman

Lidinews
Selasa, 6/30/2020 02:01:00 PM WIB Last Updated 2023-02-11T03:43:39Z


LidiNews.com - Madrasah Sayyidah Aisyah Rodiyallahu Anha,  terletak di jantung kota Hadromaut tepatnya di Yaman selatan(yaman janubi)  di disk, mukalla Hadramaut Yaman.

Menurut Neily Shofia Ardy, B. Sc, Alumni Al Ahgaff University of girl Mukalla Hadromaut Yaman, Jurusan Dirosah Islamiyah tahun 2018,yang pernah menjadi Guru Tugas di Madrasah Sayyidah Aisyah RA, mengatakan bahwa "Kurikulum disana menggunakan kurikulum pemerintah negara repubilk yaman ( aljumhur alyamaniyah)  dimana antara sekolah sd dan mts itu menjadi satu lembaga yg dinamakan sekolah dasar (madrasah asasi),sehingga Madarasah Sayyidah Aisyah ini mempunyai jenjang 9 Tahun."



Foto : Tampak Depan Madrasah Sayyidah Aisyah RA

Madrasah ini Dipimpin oleh Seorang Kepala Sekolah dengan Dua Wakil,yang terdiri dari Wakil satu untuk sekolah  Kelas 1-6 dan Wakil dua untuk Kelas 7-9.

Sumber dana di sana berasal dari pemerintah yaman sendiri,  dari wazir pendidikan atau idaroh maktab taribiyah mukalla.akan tetapi dikarenakan adanya peperangan dana menjadi  lama untuk di cairkan dan malah kadang sangat lambat sekali.Dan sumber dana yang lain yaitu dari SPP Murid,dan Kadang juga dana didapatkan dari para saudagar kaya yg betada di yaman atau bisa disebut ahlul kher( donatur).

Akan tetapi para Pengajar di sana selalu ikhlas dalam megajar meskipun bayarannya telat. Karna mereka benar2 mengajar dan diniatkan untuk Allah.

Foto: Para Murid dan Guru Madrasah Sayyidah Aisyah RA

Visi Misi Madrasah adalah mencetak para pelajar yang alim dalam ilmu umum dana agama serta muttafaqquh fiddin.

Metode pelajaran disna hamoir sama dengan metode di indonesia.Hanya saja di setiap pelajaran,  setelah di ajarkan para guru mengaitkan kesimpulan atau memiliki tujuan pembelajaran tentang keIslaman.
Jadi tujuan pembelajarannya ada 3:

الأهداف المعرفي
 الأهداف مهاري
الأهداف الوجداني
Dengan durasi tiap pelajaran itu 35 menit,dengan tujuan agar murid tidak bosan dan waktu efektif pelajaran adalah tidak lebih dari setengah jam.

Ditiap mengajar Para Guru disana juga wajib membuat RPP yang ditandatangani wakil Madrasah.

Yang menarik dari Madrasah ini adalah di setiap bulannya biasanya di adakan penghargaan bagi para Guru teladan dan Murid teladan, dan waktunya di pagi hari sebelum masuk ke kelas masing masing, yang mana penghargaan itu diumumkan ketika semua guru , staf dan semua murid berkumpul dilapangan. Selain itu juga ada pertunjukan semacam seni tari ,seni tarik suara ,drama dll yang merupakan penampilan dari para murid.

REFERENSI :
Wawancara dengan Neily Shofia Ardy, B. Sc,
Alumni Al Ahgaff University of Girl Mukalla Hadromaut Yaman, Jurusan Dirosah Islamiyah tahun 2018.

Ayoeb Taufani Zaman.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mengenal Lebih Dekat Madrasah Sayyidah Aisyah RA di Negeri Yaman

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo