terkini

Iklan Film

Meski Baru Enam Bulan Memimpin, Camat Kaubun Sebut Memprioritaskan Tenaga Kerja Lokal Namun Mengikuti Permintaan Perusahaan Bagi Memiliki Skill & Tidak Memiliki Skill

Lidinews
Kamis, 6/25/2020 07:39:00 PM WIB Last Updated 2023-02-11T03:43:48Z

KUTAI TIMUR, LidiNews.com |
Camat Kaubun Riyanto mengatakan baru enam bulan memimpin pemerintahan Kecamatan Kaubun sudah ada beberapa hal yang Dia lakukan walaupun sifatnya lisan bersama para pimpinan perusahaan tambang bahwa sudah melakukan komunikasi dalam hal perekrutan tenaga kerja lokal diprioritaskan baik yang memiliki skill maupun non skill.

"Bagi yang memiliki skill selama itu masih di wilayah Kaubun maka saya minta untuk di prioritaskan tapi kalau memang itu tidak, maka demi demi kelancaran kegiatan Perusahaan ya silahkan. Adapun tenaga kerja non skill saya desak untuk dipekerjakan sebagaimana mestinya & ini sedang berjalan,"katanya, Kamis (25/6/2020).

Dia mengatakan kemarin sempat ada rekrutmen oleh salahsatu Humas perusahaan tambang telah mewanti-wanti juga kebetulan Humas tersebut orang lokal kita, maka memohon titip untuk teman-teman atau tenaga lokal dapat diprioritaskan baik yang skill maupun non skill.

"Kenapa saya katakan non skill karena memang banyak dari tenaga tenaga kita memang yang banyak skill nya itu tidak sesuai dengan permintaan perusahaan maka biasa kategori nya ialah non skill,"terang Pak Camat tersebut.

Untuk saat ini mengenai data persentase tenaga lokal & luar lokal yang bekerja di Perusahaan tambang belum dapat data nya, tapi sudah mulai mengumpulkan informasi tersebut sehingga nantinya ada bahan.

"Supaya menjadi pegangan Saya untuk bicara kepada para investor yang berada di kaubun bahwa selama masih ada tenaga di Kaubun maka itu akan kita prioritaskan, namun lagi-lagi kalau masalah skill Saya tidak bisa memaksa karena itu keterkaitan dengan keberlangsungannya perusahaan,"imbuhnya.

Mengenai upaya untuk pemberdayaan tenaga lokal sudah ada beberapa perusahaan tambang yang yang memberikan kesempatan kepada tenaga lokal yang tidak memiliki skill walaupun hanya sedikit kuota nya yang persentase nya belum banyak mendapatkan pelatihan tersebut.

"Kedepannya saya akan meminta kepada pihak terkait untuk bisa memberikan beasiswa kepada anak anak yang ingin kuliah sebagai persiapan masa depan mereka menuju kemasa-masa yang sulit mendapatkan pekerjaan,"pungkasnya.

Mengenai rekrutmen untuk saat ini memang belum terbuka tapi telah mendorong kepada salahsatu ORMAS (Organisasi Masyarakat) untuk bisa menangkap peluang itu bahwa ada tawaran dari pihak PJO perusahaan dengan syarat harus PT, supaya mendorong ORMAS itu bisa berperan untuk memfasilitasi daripada teman temannya yang ada di kaubun dalam rangka recruitmen tenaga kerja .

"Harapannya yang pertama dengan adanya investor kesejahteraan masyarakat setempat bisa meningkat. Yang kedua saya juga berharap tenaga tenaga yang saat ini bekerja itu tidak selamanya non skill sehingga ada upgrade kemampuan yang di didik disana sehingga nanti pada saat berakhirnya ada Perusaahan dsini tenaga kerja kita Disni bisa diijual keluar daerah,"jelasnya.

Reporter: Richardo



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Meski Baru Enam Bulan Memimpin, Camat Kaubun Sebut Memprioritaskan Tenaga Kerja Lokal Namun Mengikuti Permintaan Perusahaan Bagi Memiliki Skill & Tidak Memiliki Skill

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo