terkini

Iklan Podcast

Hari Ini, Gubernur Jatim Serahkan ADM Untuk 20 Kota di Jawa Timur

Lidinews
Jumat, 7/24/2020 07:25:00 PM WIB Last Updated 2023-02-11T03:42:58Z

Jatim, LidiNews.com - Hari ini, Jumat (24/7/2020) Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyerahkan alat ADM atau Anjungan Dukcapil Mandiri untuk kurang lebih 20 kabupaten/kota di Jawa Timur. 

Kota/kabupaten yang dimaksud ialah Kabupaten Sumenep, Kabupaten Malang, Kota Kediri, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi.

Selanjutnya Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Tuban, dan Kabupaten Pacitan juga termasuk Kota/Kabupaten yang mendapatkan alat serupa.

Khofifah berharap Anjungan Dukcapil Mandiri atau ADM ini bisa menjadi sarana termudah untuk memberikan pelayanan cepat kepada masyarkat. Terutama dalam rangka pembuatan Kartu Identitas Anak yang disingkat KIA. Paling tidak bisa menjadi sarana pelengkap kebutuhan administrasi kependudukan.

Program penyerahan ADM ini sengaja waktunya didekatkan dengan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 juli kemarin.

“Kemarin kan Hari Anak Nasional, tolong momen ini diingatkan pada masyarakat agar bersedia mengurus KIA dengan segera. Toh masih banyak orang tua yang belum aware,” kata Khofifah Indar Parawansa pada wartawan.

 “Apalagi KIA adalah perlindungan terhadap hak-hak anak secara administratif. Makanya, KIA anak harus terpenuhi,” tegasnya.


Terlebih dengan adanya ADM, proses mengurus berkas administrasi kependudukan akan jadi lebih praktis dan cepat. ADM bisa diletakkan di Mal Pelayanan Publik (MPP) serta di ruang publik yang lain. Bahkan orang belanja sekalipun akan bisa melakukan pengurusan berkas dengan mudah.

“Toh mesin ini mampu mencetak banyak berkas seperti KTP, KIA, KK, Akta Kematian bahkan Akta Kelahiran dengan sistem yang cepat dan mudah. Artinya dengan ADM pelayanan pasti maksimal,” ujar orang nomor satu di Jawa Timur Ini.

ADM merupakan alat untuk mencetak berkas kependudukan dengan waktu yang cepat. Bahkan ada yang sampai hitungan menit saja. (Ags)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hari Ini, Gubernur Jatim Serahkan ADM Untuk 20 Kota di Jawa Timur

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo