terkini

Iklan Film

film

Membentuk Agent Of Change Sejak Dini, LPI Afifiyah Memberikan Wawasan Kebangsaan Pada Peserta MPLS

Lidinews
Selasa, 7/28/2020 07:57:00 AM WIB Last Updated 2023-02-11T03:42:53Z
 
SUMENEP, LidiNews.com |Kecintaan terhadap tanah air Indonesia dinilai penting untuk membentuk katakter generasi muda, khususnya di sekolah sekolah. Penanaman itu perlu dilakukan sedari dini agar generasi penerus bangsa bisa memiliki pondasi yang kokoh untuk hidup sebagai pribadi yang berbangsa dan bernegara.

Sebagai langkah nyatanya, LPI Afifiyah dalam rangka MPLS untuk santri baru kelas VII MTs Afifiyah, dan kelas X SMA Afifiyah, mendatangkan TNI dan Polri berikan pendidikan Cinta Tanah Air.

Dalam hal ini, Polsek Prenduan dan Koramil Pragaan pada awal masuk sekolah memberikan pemahaman tentang cinta tanah air, serta wawasan kebangsaan.

Kanitbinmas Aipda Zainol Arifin menysmpaikan dihadapan peserta Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (SMA) dan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MTs) Afifiyah, cinta tanah air merupakan bentuk tanggung jawab yang harus di miliki oleh semua siswa dan masyarakat Indonesia.

Menurutnya, Bentuk dari tanggung jawab terhadap cinta tanah air harus rela berkorban demi kepentingan negara. Cinta tanah air merupakan bagian cermin dari perilaku membela tanah air, menjaga dan melindungi tanah air, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, mencintai adat atau budaya yang ada di negara ini, dengan melestarikan alam dan lingkungan.

“Cinta tanah air bagian dari iman, untuk itu bangsa ini harus menjaga negara dari segala ancaman yang dapat menghancurkan NKRI,” terangnya Senin 27/7/20.

Dalam nampan yang sama, Batituud KORAMIL 09/Pragaan Abdul Salam menyampaikan wawasan kebangsaan harus dimiliki generasi muda, sehingga dengan  wawasan kebangsaan bisa menambah kecintaan terhadap NKRI

Menurutnya, wawasan kebangsaan ada empat poin yang harus diketahui yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang Undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Lebih lanjut pemateri berbaju loreng ini menjelaskan, Wawasan kebangsaan harus menjadi perhatian yang serius, untuk menanggulangi pengaruh negatif dari nilai-nilai global yang tidak sejalan dengan nilai-nilai yang ada pada bangsa Indonesia.

“Diharapkan siswa memiliki wawasan kebangsaan, sehingga cinta terhadap tanah air akan tertanam dalam jiwanya,” ucapnya

Kepala SMA Afifiyah, Neng Fifi Sofiati Afifiyah menyampaikan, MPLS (SMA) dan MATSAMA (MTs) merupakan media untuk mengenali setiap potensi dan karakter siswa baru. 

"Juga untuk pengenalan lingkungan di Lembaga Afifiyah terhadap siswa, agar mareka mengenali dan mencintai setiap hal yang ada di Afifiyah," tuturnya.

Fifi juga menyampaikan terimkasih kepada pihak Kepolisian dan Koramil serta Puskesmas Pragaan atas kerja sama dalam kegiatan yang di selenggarakan MTs dan SMA Afifiyah. Besar harapan kegiatan ini dapat memupuk keberanian dan mentalitas bagi siswa, sehingga mereka bisa beraktualisasi diri sesuai dengan kemampuan yang dimiliki

“Terimkasih atas kerja samanya semua pihak, walaupun kegiatan dilaksanakan di masa pendemi Covid-19, namuan pihak sekolah tetap mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah,” ucapnya. 

Reporter: Imam Rasyidi
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Membentuk Agent Of Change Sejak Dini, LPI Afifiyah Memberikan Wawasan Kebangsaan Pada Peserta MPLS

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo