terkini

Iklan Film

Pasdompu Mendukung Pembangunan Bendungan Fo'o Kompo Desa Daha

Lidinews
Jumat, 7/17/2020 11:40:00 AM WIB Last Updated 2023-02-11T03:43:08Z

 

Lidinews.com - Dalam mengupayakan adanya bendungan untuk menampung air demi memenuhi kebutuhan pertanian untuk persawahan di beberapa desa di kecamatan Hu, u. Maka, Rabu, 17 Juli 2020, tim gabungan melakukan survei lokasi di pegunungan timur desa Daha, kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat.

Tim gabungan ini meliputi  Dinas Pekerjaan Umum Nusa Tenggara Barat, H. Gunadi dan tim, Anggota DPRD Kabupaten Dompu, Iskandar, S.Pd fraksi PKS, Camat Hu'u Muhtar, S. Sos, Kepala Desa Daha Fadlin Mansyur, Kepala Desa Rasabou Supriadin, Kepala Desa Cempi Jaya Syarifudin, TNI, POP PP dan tokoh-tokoh masyarakat setempat, serta puluhan lapisan masyarakat ikut mengambil bagian  dalam  mensurvei lokasi bendungan.

 

Dalam penuturannya, Iskandar S. Pd selaku anggota dewan menjelaskan  tentang pentingnya keberadaan bendungan ini bagi masyarakat Kecamatan Hu'u. Di antara manfaat yang didapatkan oleh masyarakat, jika bendungan ini dapat direalisasikan meliputi, irigasi, sumber mata air, perikanan  bahkan  pariwisata.

Kemudian, anggota dewan yang biasa di sapa Pas Dompu ini menjabarkan tentang manfaat-manfaat tersebut.

 

1. Irigasi

Bendungan Daha (Fo'o Kompo) diperkirakan mampu mengairi sawah seluas sekitar 20 ribu hektare sawah mencakup desa Daha, Desa Marada, Desa Hu'u, Desa Rasabou, Desa Sawe, Desa Cempi Jaya, dan Desa Jala. Selain menjadikan sawah irigasi nonteknis menjadi teknis, air bendungan juga menjadi suplesi atau penambah sistem yang sudah ada, misalnya irigasi Daha I dan Daha II.

 

2. Sumber Air Baku

Bendungan ini luasnya sekitar 6 sampai 7 kilo, dan diperkirakan akan menampung kurang lebih 90 juta meter kubik air, dengan luas genangan mencapai 313 hektare. Besarnya daya tampung menjadikan bendungan sebagai sumber air baku, dengan volume 1.200 liter perdetik.

 

3. Pariwisata

Manfaat ikutan dari keberadaan bendungan adalah bergeliatnya sektor pariwisata. Sebagaimana diketahui, keberadaan waduk dan bendungan di suatu daerah hampir pasti selalu bisa menyedot wisatawan. Kunjungan itu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

 

4. Perikanan

Masyarakat dapat menjadikan bendungan sebagai sumber penghasilan. Profesi nelayan tangkap dapat berkembang di bendungan tersebut.

 

Lebih lanjut, Pasdompu menaruh harapan, agar cita cita masyarakat Hu'u agar bendungan ini terwujud. Bahkan  menurutnya, sejak dirinya lahir harapan tersebut belum mampu direalisasikan dan menganggap pemerintah tidak punya hati. Bahkan yang miris, baginya justru pemerintah lebih dulu membangun bendungan Tanju dan bendungan Mila di banding bendungan Daha ini.

" Saya berharap agar bendungan Daha ini segera di bangun agar masyarakat Hu'u sejahtera. Tidak ada alasan untuk tidak membangun bendungan ini, dan pemerintah harus hadir untuk memberikan pelayanan dan kesejahteraan rakyatnya" Tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama H. Gunadi Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat mengungkapkan bahwa, beliau berjanji akan mengawal terus proses sampai terwujudnya bendungan ini. Besar harapan beliau agar foto copy rekomendasi yang telah diajukan sebelumnya dari desa dan camat bisa ditindaklanjuti.

Kemudian Camat Hu'u. Muhtar, S.Sos menuturkan bahwa, ini adalah momentum yang tepat untuk kami masyarakat Kecamatan Hu'u memiliki bendungan untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat. "Harapan  besar kami agar bendungan ini segera terwujud" Harapnya.

 

 

Sementara itu, kepala Desa Daha, Fadlin Mansyur selaku yang memiliki wilayah, yang rencananya dibangun bendungan yang akan diberi nama Fo'o Kompo tersebut memaparkan. Bahwa tujuan dibangunnya bendungan tersebut, demi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya di bidang pertanian dan kebutuhan pangan masyarakat setempat bisa meningkat.

"Bahkan seluruh yang hadir pada saat itu mengharapkan pada tim verifikasi agar bendungan/embung Fo'o Kompo, desa Daha segera ditindaklanjuti. Agar masyarakat tidak resah dan mengalami kekeringan di tiap musim lebih khusus di musim kemarau dan seterusnya" Papar Fadlin Masyur, pada saat melakukan survei.

Sebagaimana masyarakat pada umumnya, Fadlin juga menaruh harapan kepada masyarakat khususnya di wilayah kecamatan Hu'u jika bendungan ini telah dibangun.

"Masyarakat tidak lagi mengalami kekurangan air, serta lahan yang luar biasa banyaknya, bisa dimanfaatkan dengan baik. Serta kedepannya kita masyarakat Hu'u khususnya dan umumnya kabupaten Dompu memenuhi kebutuhan pangan dengan melimpah" Tutupnya.

 

 

Reporter: RSF

Editor: Mayldo

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pasdompu Mendukung Pembangunan Bendungan Fo'o Kompo Desa Daha

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo