terkini

Iklan Film

Para Pekerja Melakukan 'Perjalanan Super' Baru

Sabtu, 4/23/2022 09:11:00 PM WIB Last Updated 2022-04-23T15:31:33Z
Gambar : Ali jae, oleh : Arjuna H T M.

Sebelumnya, umumnya para eksekutif tingkat atas yang menjalani kehidupan 'super-komuter'. Sekarang, semakin banyak pekerja yang merangkul ide tersebut.

Lidinews.id - SAYA. Pada bulan September 2021, manajer pemasaran produk Blaine Bassett pindah dari San Francisco ke Danau Tahoe yang indah, 300km (186mi) jauhnya di perbatasan California-Nevada. Dia ingin "mengambil keuntungan dari apa yang diprediksi sebagai musim dingin sekali seumur hidup", katanya. "Tahoe mengharapkan rekor hujan salju tahun ini; faktanya, gunung itu mendapat salju setinggi 17 kaki pada bulan Desember. Saya ingin berada di sini untuk memanfaatkan satu ton hari untuk bermain snowboard dan snowshoe, hobi baru yang saya ambil musim dingin ini."


Pada saat itu, majikannya yang berbasis di San Francisco, sebuah perusahaan kartu kredit perjalanan dan pengeluaran, masih beroperasi dari jarak jauh; dia mengira itu hanya masalah waktu sebelum semuanya kembali ke norma pra-pandemi, jadi dia menganggap langkah itu sementara.


Namun, tujuh bulan kemudian, Bassett masih tinggal di Lake Tahoe, bahkan ketika perusahaannya mulai memanggil staf kembali ke kantor, empat jam perjalanan jauhnya. Itu berarti untuk Bassett, perjalanan sekali sehari diganti dengan yang lebih jarang – tetapi lebih lama –. Ini disebut 'perjalanan super': didefinisikan sebagai perjalanan yang memakan waktu 90 menit atau lebih sekali jalan .


“Seperti yang dapat Anda bayangkan, [itu] membutuhkan sedikit perencanaan,” kata Bassett, yang melakukan perjalanan dua atau tiga kali sebulan dengan mobil dari rumahnya ke kantor pusat perusahaannya. Dia tidak bisa pergi ke kantor pada saat itu juga, dan harus “memeriksa waktu lalu lintas jauh-jauh hari sebelumnya, pergi saat fajar menyingsing dan mencoba menjejalkan sebanyak mungkin pertemuan tatap muka dalam sehari. Saya sering menghabiskan malam dengan teman atau di hotel sehingga saya bisa menghabiskan dua hari di kantor dari perjalanan”.


Tapi perjalanan jarak jauh dan kenaikan biaya tidak sia-sia, karena dia bisa tetap tinggal di Lake Tahoe, bekerja dari jarak jauh sepanjang bulan. “Ketika saya perlu istirahat atau saya memiliki satu-satu,” katanya, “Saya menerima telepon sambil berjalan di hutan redwood, atau di danau.”


Super-komuter bukanlah fenomena baru. Di negara-negara luas seperti AS, misalnya, beberapa pekerja, terutama eksekutif senior, telah melakukan perjalanan jarak jauh selama bertahun-tahun. Tetapi pandemi telah meningkatkan fenomena ini, karena lebih banyak orang beralih ke model pekerjaan yang menggabungkan pekerjaan jarak jauh dan kunjungan sesekali ke kantor. Mungkinkah bentuk perjalanan baru ini menjadi masa depan, karena para pekerja menganut hibrida, dan membangun kehidupan yang lebih jauh dari pusat perkotaan?

Secara historis, para pekerja yang melakukan perjalanan jarak jauh semacam ini memiliki kesamaan; mereka sering kali adalah pekerja pengetahuan yang sangat senior atau kaya di bidang seperti teknologi, yang diizinkan untuk tinggal jauh dan jarang datang, kadang-kadang bahkan oleh layanan penerbangan komuter .


Tapi sekarang, super-komuter berkembang menjadi sesuatu yang sedikit berbeda. Pekerjaan jarak jauh telah menjadi jauh lebih normal, bahkan di sektor-sektor yang jarang terjadi sebelum pandemi. Ini umum terjadi di lebih banyak tingkat tenaga kerja; karyawan jauh di bawah C-suite sekarang berharap untuk bekerja lebih fleksibel. Banyak perusahaan merespons dengan mengizinkan karyawan yang jauh lebih luas untuk meminta kondisi kerja yang sesuai dengan keadaan pribadi mereka.


Bagi sebagian orang, itu berarti tinggal jauh dari kantor, berpotensi di suatu tempat yang lebih murah, dan bekerja dengan jadwal campuran, menggabungkan hari kerja di rumah dengan kunjungan ke kantor-baik mingguan, bulanan, atau triwulanan – melalui perjalanan yang jauh lebih lama. Data menunjukkan banyak pekerja berpikir ini adalah pertukaran yang wajar; 4,9 juta orang Amerika telah pindah sejak tahun 2020 karena pekerjaan jarak jauh memungkinkan mereka melakukannya, sementara lebih banyak orang Australia pindah dari kota-kota besar pada tahun 2021 daripada titik mana pun dalam dua dekade terakhir .


Beberapa pekerja mungkin terjerumus ke dalam super-commuting secara tidak sengaja. Itulah kasus Daryl Fairweather, kepala ekonom Redfin, sebuah perusahaan real estate dengan kantor pusat di Seattle, Washington. Pada musim gugur 2020, dia dan suaminya pindah ke Danau Jenewa, Wisconsin – sebuah kota resor kecil berpenduduk 8.000 orang – untuk lebih dekat dengan keluarga suaminya. Mereka sudah ada sejak itu. “Kami baru saja memutuskan untuk tinggal, kami sangat menyukainya,” katanya. “Saya selalu tinggal di kota sepanjang hidup saya, dan ini adalah pertama kalinya saya tinggal di daerah pedesaan. Saya terkejut dengan betapa saya menyukainya.”


Selama pandemi, kantornya di Seattle (yang berjarak 3.200km [1.988mi] dari Danau Jenewa) tidak memanggil staf kembali selama berbulan-bulan. Sekarang perusahaan tersebut beralih ke model hibrida, bagaimanapun, dia akan diharapkan kembali ke sana setiap tiga bulan. Itu berarti dia akan pergi ke kantor pusat untuk tinggal tiga atau empat hari setiap tiga bulan, dengan biaya ditanggung perusahaan. “Saya akan mempertimbangkan [perjalanan super] sebelum pandemi,” kata Fairweather. “Saya hanya tidak menganggapnya sebagai pilihan nyata.”


Kelompok komuter super telah berkembang karena perusahaan mengizinkan pekerja berpengetahuan kelas menengah untuk datang ke kantor dua hari seminggu, atau satu minggu dalam sebulan – Robert Pozen


Pekerja lain, sementara itu, merasakan perjalanan super selama pandemi, dan mencari peluang yang memungkinkan mereka untuk melanjutkan gaya hidup itu – terlepas dari tantangan logistik.


“Saya sebenarnya mewawancarai di tempat-tempat yang memiliki kebijakan campuran untuk peran permanen, artinya dua hingga tiga kali [per minggu] di kantor di London,” kata ahli strategi kreatif lepas Alex Totaro, yang pindah dari London ke Weymouth, Dorset, 200 km ( 124mi) jauhnya di bagian selatan Inggris, tahun lalu. "Saat ini saya sedang mempertimbangkan semua opsi."


Ketika Totaro pindah ke Weymouth, dia dipekerjakan oleh sebuah perusahaan yang berbasis di London yang telah pergi jauh, tetapi belum mengumumkan apakah itu akan menjadi permanen atau tidak. “Mereka terus memperpanjangnya seperti yang dilakukan banyak perusahaan, dan saya memutuskan bahwa pertaruhan [pindah] itu sepadan, mengingat itu adalah suatu tempat di jalur kereta yang, meskipun perjalanan tiga jam lebih, masih bisa dilakukan,” katanya. .


Begitu perusahaan memanggil pekerja kembali ke kantor, dia melakukan perjalanan super selama sekitar enam minggu, menikmati akses ke kota besar sambil tetap tinggal di tempat yang lebih murah. Sejak dia menjadi pekerja lepas akhir tahun lalu, dia telah mencari peluang kerja yang memungkinkan dia mendapatkan kombinasi yang sama dari pekerjaan berbasis kota dan kehidupan pedesaan. “Saya masih mempertimbangkan super-commuting baik dari sudut pandang keuangan, maupun kualitas hidup,” katanya. "Sewa London menjadi sangat mahal."


Bassett menggemakan sentimen itu: "Saya benar-benar bosan tinggal di kota besar, San Francisco, selama pandemi," katanya. Dan baginya, tinggal lebih jauh tetapi masih harus datang ke kantor, tidak terlalu buruk. Perjalanan ekstra panjang berarti dia dapat “menikmati waktu ketika saya bertemu dengan teman-teman lama, mendengarkan podcast, dan fokus pada masalah pekerjaan yang membutuhkan waktu atau pemikiran ekstra”.


Apakah ini masa depan?

Robert Pozen, dosen senior di Massachusetts Institute of Technology's Sloan School of Management, mengatakan evolusi tempat kerja hibrida berarti gaya baru super-komuter akan tetap ada. “Para super-komuter sebagian besar adalah profesional berpengetahuan yang tidak harus hadir secara fisik setiap hari – itu sekitar setengah dari pekerja di AS,” ia menunjukkan.


Bill Fulton, direktur Kinder Institute for Urban Research di Rice University di Texas, mengatakan kemungkinan bahwa super-komuter yang bolak-balik antar negara bagian "bekerja di pekerjaan tingkat yang lebih tinggi - bukan di bagian paling atas, tetapi lebih tinggi". Tetapi Pozen percaya bahwa lebih banyak orang akan dapat melakukan perjalanan super karena hibrida semakin mengakar. “Kelompok komuter super telah berkembang karena perusahaan mengizinkan pekerja berpengetahuan kelas menengah untuk datang ke kantor dua hari seminggu, atau satu minggu dalam sebulan,” katanya. 


Fulton menunjukkan itu tidak semua berlayar polos. “Perusahaan ingin pekerjanya, terutama supervisor, di kantor secara teratur – mungkin tidak lima hari seminggu, tetapi lebih dari sebulan sekali. Jadi, ada banyak ketegangan saat ini antara mereka yang kadang-kadang ingin bepergian jarak jauh – apakah itu 90 mil dengan mobil atau 500 mil dengan pesawat – dan majikan yang ingin mereka dekat.”


Bassett mengakui model kerja barunya juga memiliki tantangan. “Pasti ada kontra untuk tinggal jauh dari kantor. Saya hampir tidak pernah ke kantor untuk happy hour perusahaan, tidak ada lagi 'water cooler talk',” katanya. “Rapat sekarang jauh lebih disengaja, membangun budaya tim sedikit lebih sulit daripada sebelumnya dan sangat melelahkan berada di dalam mobil.”


Namun semua ini tidak cukup untuk menghalanginya. “Perjalanan pulang-pergi super adalah sesuatu yang ingin terus saya lakukan,” kata Bassett, yang menikmati cita rasa Danau Tahoe yang lebih lokal dan ramah lingkungan. "Saya membayangkan diri saya akan sepenuhnya jauh di masa depan, dan tinggal lebih jauh dari kantor."

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Para Pekerja Melakukan 'Perjalanan Super' Baru

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo