terkini

Iklan Film

Beberapa Dosen IAKN Tarutung Diduga Rugikan Uang Negara Hingga Miliaran Rupiah

Lidinews
Kamis, 5/19/2022 06:31:00 PM WIB Last Updated 2022-05-19T12:12:48Z
Gambar : Beberapa Dosen IAKN Tarutung Diduga Rugikan Uang Negara Hingga Miliaran Rupiah. Lidinews.id.
Bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pemerintah pusat melalui Kementerian Agama memberikan promosi kepada 5 dosen di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dalam bentuk beasiswa tugas belajar ke sejumlah daerah dan negara.

Sumatera Utara, Tapanuli Utara, Tarutung, Lidinews.id - Akibat tidak adanya keseriusan oleh beberapa oknum dosen IAKN tersebut diduga mengakibatkan negara mengalami kerugian miliaran rupiah. 

Yang seharusnya ditekuni dan disyukuri namun dijadikan sebagai wadah mainan sebut sejumlah sumber di Institut Agama Kristen Negeri Tarutung Medan TV kemarin tanggal 14 Mei Tahun 2022. Data yang dimiliki sumber, kelima dosen itu diantaranya inisial TS mendapat belajar selama 3 tahun dan ditambah setahun sejak 2016 sampai dengan 2020 di website Malaysia. 

Namum yang bersangkutan tidak menyelesaikan perkuliahannya. Akibatnya, negara mengalami kerugian hingga miliaran rupiah buktinya dalam tugas belajar itu pemerintah memberikan beasiswa 250000000 rupiah per tahun selama 4 tahun. Hal ini telah melanggar keputusan Menteri Agama nomor 175 tahun 2010 tentang pemberian tugas dan izin belajar PNS di lingkungan Kementerian Agama RI serta melanggar keputusan Rektor nomor 293 tahun 2020 tentang pedoman studi lanjut tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di IAKN Tarutung pada bab 7 pasal 24 dan 26.

Dalam keputusan itu yang bersangkutan seharusnya tidak mendapatkan tugas tambahan nyatanya beliau mendapat jabatan dan juga tunjangan jabatan sebagai wakil dekan selama 20 bulan.

Menghitung dalam perbulannya oknum dosen yang berinisial TS mendapatkan tunjangan jabatan sebesar 2 juta lebih perbulannya dan hal itu melanggar keputusan Menteri Agama nomor 175 tahun 2010 dan 2019 tentang belum selesai melaksanakan tugas belajar dan tidak boleh memangku di dalam jabatan tertentu dan yang bersangkutan juga mendapatkan fasilitas mobil dinas dengan biaya operasional 30 juta per tahunnya.

Tidak jauh beda seperti yang dilakukan oknum dosen inisial BS. Juga mendapat beasiswa tugas belajar sejak tahun 2016 sampai dengan 2020 di UKDW Yogyakarta namun tidak selesai diperkirakan negara mengalami kerugian 320000000 rupiah selama 4 tahun.

Yang bersangkutan juga mendapatkan tunjangan jabatan sebagai sekretaris senat selama 20 bulan dengan mendapatkan imbalan Jabatan itu sebesar Rp800.000 per bulannya. Tidak jauh beda seperti yang dilakukan HS, dosen ini mendapat beasiswa tugas belajar dari tahun 2016 sampai dengan 2020 di STT Cipanas, namun tidak selesai. Beasiswa dari negara senilai 320 juta rupiah selama 4 tahun mendapatkan tunjangan jabatan sebagai kepala pusat SPMI di LPMI selama 20 bulan dengan tunjangan Rp1.000.000 per bulannya.

Lebih jauh dibeberkan sumber, dosen inisial s mendapat beasiswa tugas belajar tiga dari tahun 2014 sampai dengan 2018 di STT Cipanas, namun tidak selesai tepat waktu dan telah merugikan negara sekitar 320 juta rupiah selama 4 tahun. Bahkan yang bersangkutan juga mendapatkan Tunjangan jabatan sebagai wakil dekan 2 selama kurang lebih 20 bulan dengan mendapatkan gaji tambahan sebesar 2,6 juta rupiah perbulannya dari tahun Januari tahun 2019 sampai dengan Juli tahun 2021 dan dari Agustus tahun 2021 sampai Desember tahun 2021 diangkat menjadi dekan FIT IAKN Tarutung. Dan selama yang bersangkutan menjadi dekan FIT  juga diberikan fasilitas 1 unit mobil dinas dengan biaya operasional 30 juta pertahun mulai dari tahun 2021 ujar sumber dengan mendetail.

Sementara dosen inisial NL juga mendapat izin belajar strata 3 dari tahun 2015 sampai dengan 2019 di STAKPN/IAKN Tarutung yang ditandatangani langsung oleh sekretaris Menteri Agama. Namun tidak menyelesaikan studinya di IAKN Tarutung dan diam-diam mendapat ijazah dari STT swasta di Pematangsiantar. Yang bersangkutan juga mendapatkan tunjangan jabatan sebagai sekretaris senat iakn Tarutung selama 20 bulan dengan gaji tambahan Rp800.000 per bulannya. Dari tahun Januari tahun 2019 sampai dengan Juli tahun 2021 dan dari Agustus tahun 2021 sampai Maret Tahun 2022, diangkat menjadi wakil dekan FIT IAKN Tarutung, sayangnya tugas belajar yang diberikan belum selesai melaksanakan izin belajar dan seyogyanya tidak boleh memangku di dalam jabatan tertentu.

Atas adanya penyalahgunaan uang negara yang dilakukan oleh oknum dosen IAKN Tarutung sebaiknya pihak kepolisian Polres Taput serius untuk mengungkap kasus ini. Apalagi kasus tersebut saat ini tengah didalami oleh pihak Polres TAPUT. Untuk membersihkan kampus ini dari karakter tidak terpuji sebagaimana contoh-contoh di atas, sebaiknya penegak hukum mengusut tuntas secara transparan guna mengembalikan kepercayaan masyarakat," ungkap sejumlah dosen dan mantan mahasiswa. 

Sementara dosen inisial TS dan HS ketika dikonfirmasi mengakui adanya permasalahan ini dan juga mengakui telah diperiksa oleh tim penyidik Polres Taput.

Kami dosen yang mendapatkan tugas belajar ke sejumlah daerah semuanya mengikuti dan Tamat ini sudah pencemaran nama baik karena sudah melaporkan permasalahan ini ke Polres Taput kata mereka.
Sedangkan atas adanya dugaan penyalahgunaan uang negara ini direktur Eksekutife Gerakan Indonesia bersih, Romi Makmur Rangkuti, mendesak Polda Sumut agar mengambil alih penanganan kasus tersebut karena kasus ini melibatkan sejumlah daerah dan negara luar.

Salah satu mahasiswa IAKN Tarutung, Hokkop Silalahi menyatakan bahwa "saya harap pihak kampus segera mengklarifikasi kepada masyarakat, jika memang hal tersebut benar-benar tidak terjadi. Pihak kampus harus mengambil tindakan kepada oknum dosen tersebut, agar kejadian tersebut tidak terulang kembali," pungkasnya.


Editor : PS
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Beberapa Dosen IAKN Tarutung Diduga Rugikan Uang Negara Hingga Miliaran Rupiah

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo