terkini

Iklan Film

Satika Simamora Ajak Kementerian BUMN Dukung Penuh UMKM Tapanuli Utara

Lidinews
Jumat, 5/20/2022 01:33:00 PM WIB Last Updated 2022-05-20T06:33:29Z
Gambar : Satika Simamora Ajak Kementerian BUMN Dukung Penuh UMKM Tapanuli Utara. Lidinews.id.

Ketua Dekranasda, Tapanuli Utara Satika Simamora, SE, MM dan para pelaku UMKM diskusi bersama dengan Menteri BUMN yang diwakili oleh Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, bertempat di Stadion Mini Serbaguna Tarutung pada kamis sore (19/05/2022).

Sumatera Utara, Tapanuli Utara, Tarutung, Lidinews.id - Diskusi ringan bersama puluhan pelaku UMKM  dilaksanakan disela-sela rangkaian kunjungan kerja Menteri BUMN Erick Thohir ke Tapanuli Utara.

"Ini momen yang sangat berharga dan harus kita manfaatkan dengan baik. Mari kita semua pelaku UMKM menyampaikan keluh kesah yang kita alami kepada bapak menteri secara langsung agar apa yang kita butuhkan secara khusus untuk pengembangan usaha UMKM dari awal persiapan bahan dasar sampai menjadi produk akhir hingga pemasaran," ucap Satika Simamora membuka diskusi singkat tersebut. 


"Kabupaten Tapanuli Utara memiliki sekitar sebelas ribu penenun 'hand made' yang berasal dari 15 kecamatan. Tapanuli Utara juga  punya produk 'ready to wear' berbahan dasar kain tenun ulos yang dikelola di Dekranasda Tapanuli Utara. Akan tetapi, sebagian besar penenun di Tapanuli Utara mendapatkan benang sebagai  bahan baku ulos melalui jalur yang sangat panjang, otomatis akan berpengaruh pada harga produk akhir ulos tersebut," jelas Satika Simamora. 


Pada diskusi yang juga dihadiri Ketua dan para pengurus Asosiasi UMKM Taput tersebut, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga memaparkan beberapa program sebagai solusi untuk menjawab keluhan dan kendala para pelaku UMKM dalam upaya pengembangan usaha. 


"Kementerian BUMN akan memfasilitasi pelatihan kepada UMKM Tapanuli Utara. Pelatihan tersebut mencakup e-commerce, packaging, dan bidang lainnya. Kalau UMKM di Taput masih banyak yang belum bergabung di e-commerce termasuk aplikasi 'PaDi UMKM' maka kita akan bantu memfasilitasi pengajar dan biayanya gratis. 'PaDi UMKM' merupakan platform e-commerce yang produknya dibeli oleh BUMN," terang Arya Sinulingga. 


"Kita juga mengupayakan agar secepatnya berdiri Rumah BUMN sebagai sarana pendukung bagi para UMKM untuk mempermudah proses produksi. Kita akan upayakan Rumah BUMN ini dapat diperuntukkan bagi beberapa jenis bidang usaha UMKM seperti pengolahan kopi dan pengemasan produk," ungkap Arya.

Usai diskusi tersebut, Ketua Dekranasda bersama staf khusus menteri BUMN meninjau stand untuk memperkenalkan berbagai produk yang dipamerkan seperti tenun ulos dan olahan produk ulos 'ready to wear' yang menggunakan pewarna alami, produk kuliner, kerajinan dan hasil bumi.



Editor : Arjuna H T M

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Satika Simamora Ajak Kementerian BUMN Dukung Penuh UMKM Tapanuli Utara

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo