terkini

Iklan

Cara Memperbaiki Layar Sentuh HP

Lidinews
Senin, Juni 13, 2022 WIB Last Updated 2022-06-13T11:20:00Z

Lidinews.id  - Kebanyakan orang akan panik saat layar HP kesayangannya tidak bisa digunakan. Hal ini sebenarnya sangat wajar karena ketika layar sentuh tidak berfungsi berarti smartphone tidak dapat digunakan sama sekali, mengingat kebanyakan ponsel saat ini menggunakan layar sentuh dan tidak dilengkapi dengan keypad manual.

Sebenarnya kamu tidak perlu buru-buru bawa HP ke tukang reparasi saat layar sentuhnya tidak berfungsi. Anda bisa mencoba Memperbaiki Layar Sentuh HP sendiri sebelum memutuskan untuk membawa ponsel ke tukang reparasi.

Bagaimana mengatasi layar sentuh tidak berfungsi pada HP?

Ada beberapa cara untuk mengatasi kerusakan layar smartphone yang bisa kamu lakukan. Sebaiknya coba cara berikut ini satu per satu karena secara umum tingkat kerusakan pada smartphone berbeda-beda.

1. Coba matikan smartphone selama beberapa detik

Layar sentuh tidak berfungsi, mungkin karena kesalahan sistem. Jika demikian halnya dengan smartphone Anda, sebaiknya matikan dulu ponselnya selama beberapa detik, kemudian hidupkan kembali. Jika situasinya tetap sama, coba lepas baterai selama beberapa detik, pasang kembali, lalu hidupkan.

2. Lepaskan kartu memori

Virus atau kerusakan pada kartu memori juga dapat menyebabkan layar sentuh tidak berfungsi. Untuk mengatasi kerusakan jenis ini, Anda dapat mengeluarkan kartu memori kemudian menghidupkan ponsel tanpa kartu memori di dalamnya.

Jika telepon Anda kembali normal, coba format kartu memori sebelum menggunakannya kembali. Selain dari kartu memori, kesalahan kartu SIM juga dapat mempengaruhi kinerja layar sentuh pada smartphone.

3. Pembaruan OS

Update OS bisa jadi solusi saat HP kamu tiba-tiba jadi tidak bisa dipakai. Ini dapat terjadi karena data sistem yang korup atau rusak. Sebenarnya ada dua opsi yang bisa Anda lakukan, yaitu downgrade dan upgrade. Namun, peningkatan sistem disarankan untuk Anda.

4. Bersihkan layar smartphone

Layar sentuh tidak berfungsi, terkadang juga disebabkan oleh debu di layar yang mengurangi sensitivitas. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba membersihkannya dengan menggunakan alkohol isopropil.

Gunakan sikat kecil untuk membersihkan agar debu bisa benar-benar hilang. Pastikan Anda mematikan telepon Anda sebelum memulai proses pembersihan. Demikian informasi tentang Cara memperbaiki layar sentuh HP semoga bermanfaat.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Memperbaiki Layar Sentuh HP

Terkini

Iklan