terkini

Iklan Film

Dosen FKIP unismuh Berikan Pendampingan Pengelolaan Tude

Lidinews
Selasa, 6/28/2022 06:00:00 PM WIB Last Updated 2022-06-28T11:00:59Z

Lidinews.id - Dosen Poltekkes Kemenkes berkolaborasi dengan Dosen FKIP Unismuh Berikan Pendampingan Pemanfaatan Pengelolaan tude (kerang laut) dalam meningkatkan gizi dan kesejahteraan masyarakat Kota Pare Pare.


Tim  Pengabdian Masyarakat melaksanakan kegiatan di Kecamatan Watang Soreang pada minggu, tanggal 26 Juni 2022, dengan Judul kegiatan  “Pemanfaatan Pengelolaan tude(kerang laut) dalam meningkatkan gizi dan kesejahteraan masyarakat Kota pare pare 2022”.


Ketua Pelaksana kegiatan adalah  Dr. M.Natsir M.Kes beserta 2 orang dosen Poltekkes Kemenkes Makassar sebagai anggota pelaksana yaitu Drs.Abidin,M.Kes., dan Dr. Hendrayanti,DCN,M.Kes berkolaborasi dengan dosen Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Makassarmahasiswa, PKM ini dilaksanakan di  kelurahan Wattang Soreang diikuti oleh 25 peserta wanita  yang berasal dari kelompok usaha bersama kerajinan bunga mekar dimana suami mereka mayoritas bekerja sebagai nelayan di pesisir pantai cempae.


Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh  Dr. Rudi Hartono,S.KM.Kes yang menjebar menjabat sebagai Kepala pusat penelitian dan pengabdian Masyarakat Poltekkes Kemenkes Makassar.


“Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk memaksimalkan potensi alam di sekitar wilayah pesisir kota Parepare dengan memanfaatkan kerang laut untuk dijadikan sebagai salah satu cemilan kripik dan kerajinan tangan.serta memberikan edukasi tentang kandungan gizi yang sangat tinggi yang terkandung dalam kerang laut.

"Oleh karena itu, diharapkan para peserta yang hadir  dengan sepenuh hati  berkomitmen akan hadir dan tetap melaksanakan kegiatan ini secara berkelanjutan  bersama dengan mitra pengabdian  dan UMKM walaupun sudah tidak kami dampingi lagi.  Kami berharap peserta bisa mandiri setelah mengikuti pelatihan ” ujar muh.wajdi sebagai salah satu anggota tim


Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan praktek masak dengan  menggunakan bahan dasar kerang yang dipandu oleh tim pengabdian masyarakat, dengan menjelaskan mulai dari bahan-bahan yang digunakan, proses  dan cara pengelolaan pembuatan keripik  kerang sampai penyajian dan hasilnya akan di bantu dalam proses pemasaran baik secara offline maupun online.


Acara PKM  ini ditutup dengan penyerahan peralatan oleh Ketua Pengabdian diwakili,Adapun peralatan yang diserahkan kepada masing masing anngota mitra pengabdian berupa :  1 (satu)  unit kompor gas, 1 (satu) unit tabung gas, 2 (dua) unit Ampia, 2 (dua) unit Choper, dan 2 (dua)  set alat masak untuk membantu  keberlanjutan kegiatan dalam Persiapan pembuatan kerupuk kerang dan kerajinan berbahan dasar kerang.

"Pada saat  penyerahan alat  dipesankan agar peralatan tersebut  digunakan sebaik mungkin oleh seluruh anggota mitra  untuk menghasilkan produk makanan lokal berbasis kerang laut baik untuk konsumsi keluarga maupun untuk dijual (dipasarkan) guna membangun kemandirian dan kesejahtaraan anggota," tukas M.natsir.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dosen FKIP unismuh Berikan Pendampingan Pengelolaan Tude

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo