terkini

Iklan

film

Bijak dan Cerdas dalam Bermedia Sosial

Lidinews
Selasa, 7/05/2022 03:14:00 PM WIB Last Updated 2022-07-05T08:14:14Z
Penulis : Dede Setiawan Rumokoy.
Mahasiswa semester 2, Hubungan Internasional.
Universitas Muhammadiyah Malang.


Lidinews.id - Sosial media kini banyak digunakan masyarakat dunia untuk memperoleh update informasi dalam analisis, yang dipilih karena lebih mudah diakses dibanding media konvensional.

Semua orang mempunyai hak kebebasan dalam menggunakan di ruang publik sosial media, yang dimana Media sosial salah satu juga  sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun oleh ideologi dan teknologi, Seiring berjalannya waktu teknologi sudah semakin canggih, apalgi di era globalisasi sekarang sudah banyak perkembang telekomunikasi dan informatika sudah sangat begitu maju. Salah satunya sosial media, yang dimana sosial media juga bisa diartikan sebagai sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual tapa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Adapun juga sosial media bisa yang sekarang sering digunakan oleh masyarakat yaitu berupa applikasi yaitu ada instagram, facebook, twiiter, tiktok dan lain sebagainya. 

Di era digital sekarang ini masyarakat sosial media sangat berguna bagi kita untuk mencari sumber informasi yang dimana bisa memudahkan kita untuk menjalani aktifitas, semisal salah satu pengguna instagram, mereka bisa menjadi salah satu influence untuk memberikan edukasi kepada orang-orang dengan memberikan konten positif kepada pengguna instagram mereka membuat kontek memasak, edukasi atau hal positif lainnya.

Di era digital saat ini, kita harus melakukan banyak manfaat dari sosial media agar mendapatkan informasi. Akan tetapi. Kita dituntut menerima dan beradaptasi agar tidak ketinggalan zaman.

Sementara itu kita para pengguna medsos, adahal yang harus kita perhatikan dalam menggunakan medsos, mengunggah informasi agar kita tidak menjadi bagian dari penyebar berita hoaks. Karena maraknya sekarang banyak memberikan informasi di sosmed memberikan hoaxs. Seperti itu kita perlu membaca keseluruhan informasi agar menghindari dari penyebar berita hoaxs.

Adanya kebebasan dalam jaringan internet memudahkan masyarakat mengakses media sosial, dan tentunya layanan tersebut  lebih memudahkan orang dalam mencari informasi apapun dalam berinteraksi di dunia maya. Dengan media sosial kita bisa bergabung dengan sebuah komunitas, bisa  menemukan teman lama kita, dan berkenalan dengan orang baru.

Media sosial sering juga dimanfaatkan sebagai salah satu sebuah usaha untuk menghasilkan uang. Bagi mereka, hal ini bisa menjadi salah satu strategi dalam melakukan promosi barang atau produknya. Mereka bisa dengan langsung mengunggah barang dagangan ke media sosial dan kalian bisa meliat  barang” apa saja yang dijual oleh para pedangang yang menjual barangnua ke sosial media jadi kalian bisa melihat barang-barang apa saja yang dijualnya. Terlepas dari hal positif bersosial media tentu saja ada hal negatif dari kita menggunakan sosial media salah satunya bisa membuat kita kecanduan dalam menggunakannya. Bahkan dalam kesaharian hidup kita tidak bisa lepas membuka media sosial. Kita sudah dimanjakan dan terbiasa membuka akun media sosial. 
Menggunakan media sosial boleh saja akan tetapi kita harus bisa menyaring dan memperluas hal hal positif yang ada disosial media yang dimana kita bisa dapat dapatkan manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari. Kemudian apabila kita bersosial media kita harus sangat bijak dan baik dalam mengunggah foto, mbaca berita, membuat status, dan berkomentar haruslah menggunakan kata bahasa yang baik dan sopan. Jangan sampai kita berinteraksi melalui sosial media dengan orang yang jauh tetapi kita mengabaikan orang yang dekat. adanya media sosial, jangan sampai kita bergantung dalam menggunakan sosmed tersebut, gunakanlah sesuai kebutuhan dan sewajarnya dan banyak melakukan hal” positif dalam bersosmed.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bijak dan Cerdas dalam Bermedia Sosial

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo