terkini

Iklan Film

Ketua Asosiasi Angkatan Muda Melek Politik Apresiasi Kinerja Timsel Bawaslu Sumatera Selatan

Lidinews
Minggu, 7/31/2022 09:27:00 PM WIB Last Updated 2022-07-31T14:27:23Z


Lidinews.id - Tim seleksi (Timsel) Calon Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan telah mengumumkan 12 nama Bakal Calon Bawaslu Sumatera Selatan.

Nama-nama tersebut tertuang dalam surat bernomor 020/TIMSELBAWASLU/SUMSEL/2022 dan ditandatangani oleh Ketua Timsel, Dr. Zakaria Wahab dan Sekretaris Timsel Evada Dewata SE MSi Ak CA CMA SRP. Kedua belas nama tersebut lolos setelah melalui seleksi dalam tes tertulis, dan test psikologi.

Menanggapi pengumuman tersebut, Ketua Asosiasi Angkatan Muda Melek Politik Sumatera Selatan, Candra Adhar mengapresiasi kinerja Tim Seleksi BAWASLU Sumatera Selatan. Menurutnya, Timsel BAWASLU Sumatera Selatan telah bekerja sesuai dengan prosedur yang dijalankan secara jelas dan profesional.

Candra menambahkan, Kesesuaian tersebut kemudian mengakibatkan munculnya kedua belas nama-nama yang  menurutnya memang layak untuk lolos menjadi Calon Anggota BAWASLU Provinsi Sumatera Selatan.

"Seleksi yang telah diadakan timsel telah meloloskan 3 orang dari kalangan perempuan, kemudian banyak dari mereka yang berpengalaman sebagai penyelenggara pemilu tingkat Kabupaten/Kota. Hal tersebut menjadi indikasi awal bahwa mereka bukan hanya sekedar memiliki pengetahuan tapi juga pengalaman sehingga mereka memang dapat dikatakan layak untuk lolos".

Selain itu, Candra juga menyoroti satu nama yaitu Tri Dharma Wahyudi, S.E. Menurutnya, nama tersebut menjadi angin segar bagi generasinya yakni Generasi Milenial dan apabila dapat lolos sampai ditetapkan, tentunya hal tersebut akan membawa dampak positif bagi Bawaslu untuk melakukan pendekatan di kalangan generasi milenial untuk melakukan pengawasan yang partisipatif mengingat generasi milenial merupakan pemilih dominan pada tahun 2024 nanti.

Kemudian, dia melanjutkan adanya nama tersebut juga menepis tuduhan miring yang belakangan beredar terkait isu 'titipan'. Dia pun mengaku telah melakukan profiling terkait Nama Tri Dharma Wahyudi, S.E. dan mengatakan melihat latar belakangnya yang merupakan PNS di KPU, nama tersebut dapat dipastikan merupakan sosok yang nasionalis, independent, professional dan berintegritas. 

“Saya sudah melakukan profiling, dia tidak menduduki jabatan strategis selama menjadi PNS untuk berurusan dengan parpol atau penguasa tertentu. Hal tersebut telah setidaknya mematahkan tuduhan yang selama ini beredar terkait isu 'titipan,'" ujarnya 

Terakhir, Candra memberi dukungan kepada para Tim Seleksi BAWASLU Sumatera Selatan untuk terus melanjutkan proses yang ada di tengah isu tak sedap yang sedang beredar. Dia pun mewajarkan bahwa dalam setiap kompetisi ekspresi kekecewaan pasti akan selalu ada dan respon yang muncul bisa berbagai macam termasuk seperti yang sekarang sedang beredar.

“Kinerja Timsel sejauh ini telah memunculkan nama-nama yang diharapkan. Menjadi seorang penyelenggara pemilu harus independent, professional, berintegritas, dan juga berkarakter nasionalis agar kinerjanya nanti mampu menciptakan kualitas pemilu yang diharapkan sehingga melahirkan pemimpin yang diharapkan pula," ujarnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketua Asosiasi Angkatan Muda Melek Politik Apresiasi Kinerja Timsel Bawaslu Sumatera Selatan

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo