terkini

Iklan Film

Pengertian, Jenis dan Fungsi Sound Card Pada Komputer

Lidinews
Sabtu, 7/02/2022 09:04:00 AM WIB Last Updated 2022-07-02T02:04:00Z
Gambar : Pengertian, Jenis dan Fungsi Sound Card Pada Komputer.


Pada komputer atau perangkat laptop dan sebagainya, pasti ada sebuah perangkat kerasnya yang bernama sound card. Sound card ini memiliki peran yang cukup penting untuk menghasilkan suara dari suatu perangkat elektronik.

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa sebuah suara yang dihasilkan saat mendengar musik atau menonton film di komputer, suaranya diolah oleh perangkat keras sound card ini. Nah, kali ini akan dibahas mengenai sound card mulai dari pengertian, jenis dan fungsi soundcard.

 

Pengertian Sound Card

Sound card adalah perangkat periferal yang menempel pada slot ISA atau PCI pada motherboard yang berfungsi untuk mengolah data berjenis audio atau suara. Tanpa adanya sound card, tentunya handphone, laptop, atau komputer Anda tidak akan bisa menghasilkan suara apapun saat sedang mendengar musik.

Suara yang Anda dengar saat menggunakan headset atau earphone dan juga yang keluar melalui speaker, itu semua diolah dari perangkat keras sound card ini. Jadi, sangat penting keberadaan sound card dari suatu perangkat elektronik agar bisa menghasilkan suara.

Apabila Anda akan memutar musik atau suara lainnya dari perangkat elektronik seperti komputer, namun suaranya tidak keluar. Bisa jadi ada sedikit masalah pada bagian sound card-nya. Jadi, komponen yang harus diperiksa pertama adalah dari sound card.

Perlu diketahui juga bahwa sound card memiliki beberapa jenis, yaitu ada sound card onboard, sound card offboard, dan juga sound card external. Namun, penjelasan mengenai jenis-jenis sound card ini akan dibahas setelah pembahasan fungsi sound card.

Sebelum semakin penasaran dengan jenis-jenis sound card, ketahui dulu apa saja fungsi-fungsi yang dimiliki dari sebuah sound card. Rupanya, sound card memiliki banyak fungsi yang tidak hanya terbatas pada pengolah suara atau audio semata.

 

Fungsi Sound Card

Sebelumnya sudah dibahas secara umum tentang pengertian sound card, maka selanjutnya adalah fungsi dari sound card. Fungsi umum dari komponen sound card atau audio card ini yaitu menginput, memproses, dan mengirimkan suara pada komputer atau perangkat elektronik lainnya.

Tetapi, perlu diketahui bahwa sound card juga memiliki beberapa fungsi utama antara lain seperti berikut:

Sebagai synthesizer (menghasilkan suara).

Sebagai antarmuka MIDI (Musical Instrument Digital Interface), yaitu standarisasi dalam format musik di komputer.

Konversi analog ke digital (misalnya, dalam merekam suara dari mikrofon).

Konversi digital ke analog (misalnya, untuk mereproduksi suara ke speaker).

Fungsi dari sound card memang banyak dan beragam, sehingga semua pengaturan atau keperluan musik, audio, dan suara lainnya pasti akan berhubungan dengan sound card.

Jadi, apabila Anda penasaran mengapa suatu perangkat elektronik atau gadget bisa menghasilkan suara, itu disebabkan karena adanya sound card.

Sound card juga memiliki beberapa jenisnya. Nah, untuk lebih lengkapnya mengenai jenis-jenis sound card, langsung saja perhatikan penjelasannya di bawah ini.

 

Jenis-Jenis Sound Card

Sound card mempunyai beberapa jenis yang umumnya digunakan pada perangkat komputer. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. Sound Card Onboard

Pertama adalah sound card onboard. Ini merupakian sound card yang dipasang langsung menempel pada motherboard dari komputer. Sound card ini memiliki bentuk chipset yang kinerjanya memerlukan tenaga dari prosesor.

Jenis sound card onboard ini cocok jika Anda menggunakan aplikasi multimedia untuk mendengarkan musik dan juga suara dari film. Untuk gambar sound card lebih jelasnya ada di bawah ini.

2. Sound Card Offboard

Selanjutnya ada sound card offboard. Sound card ini dipasang ke slot ISA ataupun PCI pada motherboard dari komputer. Fungsi sound card ini tetap sama yaitu sebagai pengatur audio atau suara.

Saat ini sound card offboard sering disebut sebagai sound card PCI, sebab pemasangannya di PCI pada motherboard komputer. Sound card jenis ini juga mempunyai kualitas pengolah suara yang lebih bagus daripada jenis onboard, jadi sound card ini cocok digunakan untuk melakukan rekaman.

 

3. Sound Card External

Berikutnya ada sound card external. Sound card jenis ini dipasang atau disambungkan ke komputer hanya melalui port USB saja. Ini merupakan model terbaru yang paling banyak dibutuhkan karena menghasilkan kualitas suara yang bagus dan pemasangannya yang lebih mudah.

Fungsi sound card jenis ini sangat cocok digunakan untuk melakukan rekaman suara, jadi bagi Anda yang suka melakukan rekaman seperti membuat video rekaman atau podcast sangat cocok menggunakan sound card ini.

Demikianlah penjelasan singkat tentang sound card pada komputer, semoga bisa dipahami.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pengertian, Jenis dan Fungsi Sound Card Pada Komputer

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo