terkini

Iklan Podcast

DPP GMNI "Keterlibatan Masyarakat Pada Pemilu" Memperkuat Tatanan Demokrasi

Lidinews
Selasa, 8/02/2022 12:11:00 PM WIB Last Updated 2022-08-04T05:22:23Z


Lidinews.id - Lombok Tengah, Senin 01/08/2022. Menurut Salah satu Aktivis Muda (SAHDAN) Asal Lombok Tengah yang sekarang Menjabat sebagai DPP GMNI, juga menjadi salah satu Alumni Universitas  Darul Ulum Jombang.

Menurutnya  Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu peran serta atau partisipasi masyarakat dalam politik adalah kegiatan seseorang atau sekelompok orang untuk turut serta aktif dalam kehidupan politik, dengan jalan memilih pemimpin pemimpin di Daerah, Bupati juga Gubernur maupun pemimpin Negara(Presiden).

Secara langsung ataupun tidak langsung hal ini mempengaruhi kebijakan pemerintah, public policy.secara konvensional kegiatan ikut serta masyarakat dalam pemilihan umum ini mencakup tindakan seperti memberikan suara dalam pemilihan umum, menghadiri rapat umum, menjadi anggota atau partai atau kelompok kepentingan yang mengadakan pendekatan atau hubungan dengan pejabat pemerintah atau anggota parlemen.

Selama ini kegiatan partisipasi masyarakat masih dipahami sebagai upaya mobilisasi masyarakat untuk kepentingan pemerintah atau negara. Padahal sebenarnya partisipasi masyarakat idealnya ikut serta dalam menentukan kebijakan pemerintah atau negara,jelas Sahdan 

System pemilihan dengan cara Demokratis seperti ini bisa dikatakan menjadi  bagian dari kontrol masyarakat terhadap kebijakan pemerintah.lanjut Sahdan

Partisipasi politik akan berjalan selaras manakala proses politik berjalan secara stabil,namun kita tahu bahwa sering kali banyak hambatan sehingga partisipasi masyarakat didalam politik kurang stabil,adapun demikian politik belum bisa diwujudkan,karena itu penting untuk dilakukan oleh pemegang kekuasaan untuk melakukan proses stabilitasasi politik.

disamping itu juga proses berikutnya melakukan upaya pelembagaan politik sebagai bentuk dari upaya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengaktualisasikan cita citanya, dari sekian negara yang mempraktekkan demokrasi, pemilihan umum yang dilaksanakan secara periodik dalam tenggang waktu tertentu dianggap sebagai lambang,sekaligus tolak ukur dari sebuah Demokrasi,pemilu dianggap sebagai indikator utama negara demokrasi,karena dalam pemilu rakyat menggunakan suaranya.sambung Sahdan.

melaksanakan hak politik menentukan pilihan secara langsung dan bebas, meningkatkan nya keterlibatan masyarakat dalam pemilihan umum (Pemilu) menunjukkan semakin kuatnya tatanan demokrasi dalam sebuah negara. 

Dalam berdemokrasi keterlibatan masyarakat dalam setiap penyelenggaraan yang dilakukan negara adalah sebuah keniscayaan (keharusan yang tidak bisa tidak). Masyarakat menjadi faktor yang sangat penting dalam tatanan demokrasi, karena demokrasi mendasarkan pada logika persamaan dan gagasan bahwa pemerintah memerlukan persetujuan dari yang diperintah,untuk itu penyelenggaraan pemilu sebagai sarana dalam melaksanakan demokrasi tentu saja tidak terlepas dari adanya keterlibatan masyarakat.fenomena golput kadang menjadi bagian penting yang harus dipelajari dan dicermati oleh Para Pelaksana Pemilu, sebab ihampir setiap pemilihan umum,jumlah golput dianggap sehat jika jumlah golput dalam kisaran angka 30 %, artinya jumlah pemilih golput  melampaui, mencapai kisaran angka 40 persen bahkan ada yg lebih," tutup SAHDAN
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DPP GMNI "Keterlibatan Masyarakat Pada Pemilu" Memperkuat Tatanan Demokrasi

Iklan

Pasang Iklan Di Sini Close x Kode Iklan Di Sini Broo